Skip to main content

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                                                           
Satuan Pendidikan        :    SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran             :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :    VIII/2
Materi Pokok                :    Teks recount pendek dan sederhana tentang     kegiatan, kejadian dan peristiwa.
Alokasi Waktu              :    4 x pertemuan (8 JP )

A.       Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1
Menunjukkan rasa syukur dapat mengikuti pelajaran bahasa Inggris.
2.
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.1.1





2.1.2
Menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam belajar dan berperilaku santun dan peduli dalam dalam belajar komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
Jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi.
3.
3.12
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.12.1


3.12.2



Menjelaskan  struktur teks pada teks recount.

Menjelaskan unsur kebahasaan pada teks recount


4.
4.14
Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
4.14.1
Mengidentifikasikan makna teks recount lisan dan tulis pendek tentang kegiatan, kejadian dan peristiwa.
5.
4.15
Menyusun teks recount lisan dan tulis pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15.1
Menyusun teks recount lisan dan tulis pendek tentang kegiatan.


C.      MATERI PEMBELAJARAN

Fungsi sosial
Menguraikan pengalaman, peristiwa, kejadian untuk melaporkan, meneladani, membanggakan, berbagi pengalaman, dsb.
Struktur teks
a.     Orientasi: menyebutkan tujuan dan peristiwa/kejadian/ pengalaman secara umum
b.    Uraian tindakan/kejadian secara berurut dan runtut
c.     Penutup (seringkali ada): komentar atau penilaian umum.
Unsur kebahasaan
(1)      Uraian tindakan dalam Past Tense: Simple and Continuous, woke, took, went, got, did, had, was waiting, were sleeping
(2)      Adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dsb.
(3)      Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last month, on Monday, an hour ago, immediately, dsb.
(4)      Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5)      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang terjadi di sekolah, rumah, dan masyarakat sekitar peserta didik, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
Multimedia
Foto peristiwa, buku harian, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik

D.      METODE PEMBELAJARAN:
            1. Pendekatan             : Pendekatan Saintifik
            2. Model                      : Project Based Learning

E.       Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
a.    Guru memberi salam (greeting);
b.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari.
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
g.    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.

10 Menit
Inti
Mengamati
a.         Peserta didik memperhatikan gambar yang ditunjukkan oleh guru
b.        Peserta didik mengikuti interaksi guru.
c.         Peserta didik memperhatikan contoh yang diberikan oleh guru.

Menanya
a.       Guru bertanya apa yang peserta pikirkan mengenai gambar.
b.      Peserta didik menjawab pertanyaan guru seputar gambar dan tempat yang pernah dikunjungi.
c.       Peserta didik menceritakan apa yang mereka lakukan ditempat yang pernah mereka kunjungi tersebut.
60 Menit
Penutup
a.         Guru dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.        Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
10 Menit

PERTEMUAN 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
a.      Guru memberi salam (greeting);
b.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
c.      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
d.     Guru memberi  motivasi  belajar  peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari.
e.      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
f.       Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
g.      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
10 Menit
Inti
Mengumpulkan Informasi
a.         Peserta didik  menjodohkan gambar dengan kalimat yang sudah disediakan.
b.        Peserta didik dengan bimbingan guru mencari, membuat contoh-contoh kalimat yang menggunakan verb II.
c.         Mengidentifikasi struktur teks, unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks recount.

Mengasosiasi
a.         Peserta didik mencari makna dari teks recount tersebut
b.        Peserta didik mencatat semua yang telah diberikan/ditulis oleh guru
60 Menit
·         Penutup
a.            Guru dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.           Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.            Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.           Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.            Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
10 Menit

PERTEMUAN 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
a.    Guru memberi salam (greeting);
b.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari;
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
g.    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
10 Menit
Inti
Mengomunikasikan
a.       Peserta didik bersama guru membahas struktur teks, unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks yang sudah dibuatnya.
b.       Peserta didik mendengar dan memahami instruksi dari guru
c.       Peserta didik mencatat apa yang ada di papan tulis

Mengasosiasikan
a.       Peserta didik membuat teks recount dalam bahasa Indonesia sebagai bentuk latihan
b.      Peserta didik mengubah makna recount teks tersebut ke dalam bahasa Inggris
c.       Peserta didik mempresentasikan hasil kerja masing-masing
60 Menit
·         Penutup
a.         Guru dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.        Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.        Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
10 Menit
                                                


PERTEMUAN 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
a.      Guru memberi salam (greeting);
b.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
c.      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
d.     Guru memberi  motivasi  belajar  peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
e.      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
f.       Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
g.      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.

10 Menit
Inti
Mengasosiasi
a.         Guru membagikan contoh teks recount kepada peserta didik.
b.        Peserta didik mengamati teks recount tersebut dan memperhatikan instruksi dari guru
c.         Peserta didik mencari kosa-kata yang sukar yang terdapat di dalam teks recoun tersebut
d.        Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

Mengomunikasikan
a.       Dengan bimbingan guru peserta didik membentuk 4 kelompok
b.      Setiap kelompok peserta didik membuat sebuah teks recount dengan bimbingan guru
c.       Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok ke depan kelas.
60 Menit
·         Penutup
a.         Guru dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.        Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.        Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
10 Menit

F.       MEDIA PEMBELAJARAN:
Buku Paket Siswa, Internet

G.      SUMBER BELAJAR
LCD, Video/You tube


H.      PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
·      Jenis/instrumen/rubrik
Kinerja (praktik)
a.    Melakukan monolog tentang pengalaman masa lalu di depan kelas / berpasangan dengan kreteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam bentuk lampau (simple past tense)
b.    Melaksakan Kegiatan saintifik (5 M)
c.     
Aspek

Kegiatan
SIKAP/ PERILAKU
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN

MENGAMATI
(Peserta didik membaca/ mendengarkan beberapa teks)

Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks recount.

a.   Where were your brothers a few minutes ago? 
They were at home.

b.   What did you do after school yesterday?
I took a rest.

c.    Where did they spend their last holiday?

MENANYA
Peduli
Tanggungjawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif

Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta isi teks deskripsi tentang tempat wisata
(penggunaan bahasa yang tepat, efektif, dan efisien)

MENGUMPULKAN DATA
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan tentang pengalaman masa lalu
·      Melakukan monolog
·      Menyunting
·      Menulis teks tentang masa lalu
MENGASOSIASI
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan tentang teks pengalaman masa lalu
Menalar dan membandingkan pengalaman masa lalu.

MENGOMUNIKASIKAN
Peduli
Tanggungjawab
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks

·    Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari teks yang berisi tentang pengalaman masa lalu.
·    Mendemonstrasikan keterampilan memaparkan pengalaman masa lalu.

                                                                                                             Banda Aceh, 28 Maret 2016
Guru Pamong                                                                                       Guru Praktik



Rina Diana S.Pd                                                                       T. Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014                                                                     NPM. 1111080034
Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh



Dra. Sawiyah
Nip. 195603141979031008

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)