Skip to main content

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                              : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                  : VIII/2
Materi Pokok                     : Comparing people, animals,  things
Sub Materi                         : Compare people
Alokasi Waktu                   : 8 JP

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
1.1.1.     Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan selama pembelajaran.
2.3.   Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam  melaksanakan  komunilasi fungsional.
2.3.1.     Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
3.9.   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.9.1.     Mendefinikan fungsi sosial serta struktur teks
3.9.2.     Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks
3.9.3.     Menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang
4.10.   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
.

4.10.1.   Menemukan informasi tertentu tentang fungsi sosial perbandingan jumlah dan sifat  orang
4.10.2.   Melengkapi teks tentang perbandingan jumlah dan sifat orang
4.10.3.   Menggunakan bentuk perbandingan jumlah dan sifat orang secara tertulis
4.10.4.   Mengungkapkan bentuk perbandingan jumlah dan sifat  orang secara lisan

C.      Materi pembelajaran
1.        Materi Reguler
Teks lisan dan tulis tentang perbandingan jumlah dan sifat orang.
Fungsi sosial
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb.
Struktur text
a.         Penyebutan nama dan sifat  orang
b.        Penggunaan bentuk perbandingan jumlah dan sifat orang yang sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan
(1)     Struktur komparatif biasanya ditentukan oleh jumlah suku kata pada  kata sifatnya
(2)     Struktur komparatif good dan bad
(3)     Struktur komparatif jumlah many, much, few, dan  little.
(4)     Struktur komparatif setara as……….as
(5)     Struktur komparatif kebalikan dengan less….

Topik
Orang di sekitar dan relevan dengan kehidupan peserta didik, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.


2.        Materi Remedial
Great               =          Greater
Big                  =          Bigger
Smart              =          Smarter
Tall                  =          Taller
Fat                  =          Fatter
Cool                =          Cooler

3.        Materi Pengayaan
Great = Greater = Greatest
Big = Bigger = Biggest
Smart = Smarter = Smartest
Tall = Taller = Tallest
Fat = Fatter = Fattest
Cool = Cooler = Coolest

D.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan: Scientific Approach
2.      Model : Discovery Learning

E.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                  : Gambar dan Obyek nyata
2.      Alat/Bahan          : Karton bergambar
3.      Sumber Belajar    : Bahasa Inggris, When English Rings the Bell: buku guru/Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·           Guru masuk kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment dapat tercipta.
·           Guru mengecek kehadiran peserta didik
·           Guru mengajukan pertanyaan menantang pada peserta didik
·           Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·           Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·           Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·           Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.

b.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengamati (observing)
·      Peserta didik menonton berbagai contoh kalimat atau  teks perbandingan jumlah dan sifat orang
·      Peserta didik  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat orang

·      Meminta peserta didik menonton dan memperhatikan contoh kalimat atau teks
·      Meminta peserta didik memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat orang
10 menit
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk bertanya antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·      Membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai sumber.

·      Membacakan teks kalimat perbandingan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat



·      Meminta peserta didik membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai sumber.
·      Meminta peserta didik membacakan teks kalimat perbandingan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
30 Menit
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengasosiasi (Associating)
·      Secara berpasangan peserta didik saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.

·      Meminta peserta didik berpasangan saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
10 menit
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
·      Peserta didik menuliskan hasil penyusunan kalimat perbandingan teman teman sebangkunya dan mempresentasikan di depan kelas.

·      Peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)


·      Meminta peserta didik menuliskan hasil penyusunan kalimat perbandingan teman teman sebangkunya dan mempresentasikan di depan kelas.
·      Meminta peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)
30 Menit

c.       Penutup ( 10 menit)
·      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·      Memberikan tes lisan
·      Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
·      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan

Pertemuan Ke-2
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·           Guru masuk kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment dapat tercipta.
·           Guru mengecek kehadiran peserta didik
·           Guru mengajukan pertanyaan menantang pada peserta didik
·           Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·           Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·           Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·           Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.

b.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengamati (observing)
·      Peserta didik menonton berbagai contoh kalimat atau  teks perbandingan jumlah dan sifat hewan
·      Peserta didik  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat hewan

·      Meminta peserta didik memperhatikan contoh yang disediakan
·      Meminta peserta didik memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat hewan
10 menit
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk bertanya antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·      Membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai sumber.
·      Membacakan teks kalimat perbandingan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat



·      Meminta peserta didik membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai sumber.
·      Meminta peserta didik membacakan teks kalimat perbandingan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat

30 Menit
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengasosiasi (Associating)
·      Secara berpasangan peserta didik saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.

·      Meminta peserta didik berpasangan saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
10 menit
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
·      Peserta didik menuliskan hasil penyusunan kalimat perbandingan hewan peliharaan dan hewan liar lalu mempresentasikan di depan kelas.

·      Peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)


·      Meminta peserta didik menuliskan hasil penyusunan kalimat perbandingan antara hewan peliharaannya dan hewan liar yang ada di hutan.
·      Meminta peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)
30 Menit

c.       Penutup ( 10 menit)
·      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·      Memberikan tes lisan
·      Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
·      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan

Pertemuan Ke-3
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·           Guru masuk kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment dapat tercipta.
·           Guru mengecek kehadiran peserta didik
·           Guru mengajukan pertanyaan menantang pada peserta didik
·           Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·           Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·           Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·           Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.

b.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengamati (observing)
·      Peserta didik menonton berbagai contoh kalimat atau  teks perbandingan jumlah dan sifat benda

·      Peserta didik  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat benda

·      Meminta peserta didik memperhatikan contoh yang disediakan tentang perbandingan benda
·      Meminta peserta didik memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat benda
10 menit
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk bertanya antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·      Membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai sumber.

·      Membacakan teks kalimat perbandingan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat



·      Meminta peserta didik membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai sumber.
·      Meminta peserta didik membacakan teks kalimat perbandingan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat

30 Menit
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengasosiasi (Associating)
·      Secara berpasangan peserta didik saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.

·      Meminta peserta didik berpasangan saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
10 menit
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
·      Peserta didik menuliskan hasil penyusunan kalimat perbandingan antara barang yang mereka miliki dengan barang milik teman sekelasnya lalu mempresentasikan di depan kelas.
·      Peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)


·      Meminta peserta didik menuliskan hasil penyusunan kalimat perbandingan antara barang yang ia miliki dengan barang milik teman sebangkunya.
·      Meminta peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)
30 Menit

c.       Penutup ( 10 menit)
·      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·      Memberikan tes lisan
·      Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
·      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan

Pertemuan Ke-4
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·           Guru masuk kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment dapat tercipta.
·           Guru mengecek kehadiran peserta didik
·           Guru mengajukan pertanyaan menantang pada peserta didik
·           Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·           Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·           Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·           Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.

b.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·      Membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai sumber.

·      Membacakan teks kalimat perbandingan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat



·      Meminta peserta didik membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai sumber.
·      Meminta peserta didik membacakan teks kalimat perbandingan  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
30 Menit
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
·      Peserta didik menuliskan hasil penyusunan kalimat perbandingan superlative.
·      Peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)


·      Meminta peserta didik menuliskan hasil penyusunan kalimat perbandingan superlative.
·      Meminta peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)
30 Menit

c.       Penutup ( 10 menit)
·      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·      Memberikan tes lisan
·      Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
·      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan

G.      Penilaian
1.      Aspek Sikap
a.       Teknik/Jenis Penilaian : Observasi
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Pedoman Observasi
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran
2.      Aspek Pengetahuan
a.       Teknik/Jenis Penilaian  : Test Lisan
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen :
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran
3.      Aspek Keterampilan
a.       Teknik/Jenis Penilaian
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran

1.        Aspek Sikap
a.       Teknik/Jenis Penilaian : Penilaian teman sejawat
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Lembar tugas
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.        Aspek Pengetahuan
a.       Teknik/Jenis Penilaian : Tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Tes Essay
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.        Aspek Keterampilan
a.       Teknik/Jenis Penilaian : Unjuk kerja
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Tes ketrampilan,bicara                                
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran


No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan pendeskripsian.
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Pemilihan  kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
a.              Pedoman Penskoran

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

b.             Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan,
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


c.              Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara
ASPEK
KETERANGAN
SKOR
Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

d.             Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1




                                                                                                        Banda Aceh, 28 Mei 2016
Guru Pamong                                                                               Guru Praktikan


Rina Diana S.Pd.1                                                                   T. Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014                                                                   NPM. 1111080034

Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh

Dra. Sawiyah
                                                          Nip. 1960080011983022002

Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)