Skip to main content

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) K13 CHAPTER 8




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                            : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                : VIII/ II
Materi Pokok                   : Teks deskriptif pendek dan sederhana, tentang orang, binatang dan benda
Alokasi Waktu                : 4 JP

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1  : Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.       Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
1.1.1.      Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan selama pembelajaran.
2.3.       Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
2.3.1.      Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
3.10.   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan nya
3.10.1.  Memberi nama benda
3.10.2.  Mengidentifikasikan sifat benda
3.10.3.  Mendeskripsikan benda
3.10.4.  Menyebutkan fungsi sosial teks deskriptif.
4.11.   Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana.
4.11.1.  Menemukan gambaran umum dari sebuah teks.
4.11.2.  Menemukan informasi tertentu dari teks sederhana
4.11.3.  Menemukan informasi rinci dari teks sederhana
4.12.   Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12.1.  Melengkapi teks deskriptif sederhana tentang benda
4.12.2.  Menyusun teks deskriptif sederhana tentang benda

C.      Materi Pembelajaran
1.      Materi Reguler
Teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda.

My Friend

His name is kevin anggara, kevin anggara is my classmate, he has tall body, he is 170 cm, he has straight black hair, he has oval face, he has small eyes, he has sharp nose, he has thick lips, he dark brown skin, he has thin body, he always wears black shirt, he is kind, he is smart, he is helpful, he is generous, and he is dilligent.

2.      Materi Remedial
Generic Structure Descriptive Text
a.       Identification (identifikasi) adalah pendahuluan, berupa gambaran umum tentang suatu topik.
b.      Description (deskripsi) adalah berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan

Ciri-ciri Deskriptive Text
a.       Menggunakan simple present tense
b.      Menggunakan attribute verb, seperti be (am, is, are)
c.       Mudah dipahami
d.      Menggambarkan
e.       Komunikatif
f.       Dapat membuat pembaca tertarik
g.      Menggambarkan objek secara spesifik


3.      Materi Pengayaan
Buat sebuah contoh deskriptive teks tentang orang, hewan atau benda sesuai dengan penggunaan struktur bahasa.

D.      Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach
Model          : Project Based learning
Strategi       : Diskusi

E.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media                            : Gambar
2. Alat/Bahan                    : LCD, Laptop
3. Sumber Belajar              : Buku When Rings a Bell. Chapter 8

F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1       
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal
Apersepsi dan motivasi
·      Guru masuk kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment dapat langsung tercipta.
·      Guru mengecek kehadiran siswa
·      Guru mereview materi sebelumnya
·      Guru mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·      Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·      Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·      Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·      Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.

b.      Kegiatan Inti
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengamati (observing)
·       Peserta didik mendengarkan/membaca/menonton beberapa contoh teks deskriptif singkat dan sederhana tentang, benda.
·       Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks deskriptif singkat dan sederhana tentang benda

·      Meminta peserta didik menonton dan memperhatikan contoh teks deskriptif singkat dan sederhana tentang benda
·      Meminta peserta didik memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat teks deskriptif tentang benda
10 menit
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan antara lain perbedaan antara berbagai teks atau kalimat teks deskriptif singkat dan sederhana tentang benda dalam berbagai konteks


Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanya perbedaan antar berbagai teks deskriptif singkat dan sederhana tentang benda dalam berbagai konteks


Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·      Siswa membaca contoh-contoh teks descriptive singkat dan sederhana tentang orang, benda dan binatang dari berbagai sumber lain.

·      Membacakan teks deskriptif  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat




·      Meminta peserta didik membaca/mendengarkan beberapa teks deskriptif dari berbagai sumber.
·      Meminta peserta didik membacakan teks deskriptif  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
25 Menit
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengasosiasi (Associating)
·      Secara berpasangan peserta didik saling menganalisis teks deskriptif dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.

·      Meminta peserta didik berpasangan saling menganalisis teks deskriptif dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
10 menit
Mengkomunikasikan/
(Communicating/Networking)
·       Siswa mendeskripsikan benda untuk mengenalkan, dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas serta lingkungan sekitar sesuai dengan konteksnya


·       Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya


·      Meminta peserta didik mendeskripsikan benda yang ada disekitarnya dengan bahasa Inggris baik yang ada didalam maupun diluar kelas serta lingkungannya sesuai dengan konteksnya.
·      Meminta peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)
25 Menit

c.       Penutup (10 Menit)
·      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·      Memberihan tes lisan
·      Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
·      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan

Pertemuan Ke-2       
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal
Apersepsi dan motivasi
·      Guru masuk kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment dapat langsung tercipta.
·      Guru mengecek kehadiran siswa
·      Guru mereview materi sebelumnya
·      Guru mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·      Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·      Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·      Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·      Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.

b.      Kegiatan Inti
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengamati (observing)
·       Peserta didik mendengarkan/membaca/menonton beberapa contoh teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang.
·       Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang.

·      Meminta peserta didik menonton dan memperhatikan contoh teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang.
·      Meminta peserta didik memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat teks deskriptif tentang orang.
10 menit
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan antara lain perbedaan antara berbagai teks atau kalimat teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang dalam berbagai konteks


Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanya perbedaan antar berbagai teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang dalam berbagai konteks


Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·      Siswa membaca contoh-contoh teks descriptive singkat dan sederhana tentang orang, benda dan binatang dari berbagai sumber lain.

·      Membacakan teks deskriptif  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat




·      Meminta peserta didik membaca/mendengarkan beberapa teks deskriptif dari berbagai sumber.
·      Meminta peserta didik membacakan teks deskriptif  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
25 Menit
PESERTA DIDIK
GURU
WAKTU
Mengasosiasi (Associating)
·      Secara berpasangan peserta didik saling menganalisis teks deskriptif dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.

·      Meminta peserta didik berpasangan saling menganalisis teks deskriptif dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
10 menit
Mengkomunikasikan/
(Communicating/Networking)
·       Siswa mendeskripsikan teman sebangkunya untuk mengenalkan, dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas serta lingkungan sekitar sesuai dengan konteksnya
·       Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya


·      Meminta peserta didik mendeskripsikan teman sebangkunya untuk mengenalkan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteksnya.
·      Meminta peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal)
25 Menit



G.      PENILAIAN 
1)      Jenis/teknik penilaian                       : Test Lisan 
2)      Bentuk instrumen dan instrumen    : Please describe something in your class orally 
3)      Pedoman penskoran

1.        Aspek Sikap
a.       Teknik/Jenis Penilaian                      : Penilaian teman sejawat
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen    : Lembar tugas
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran
        
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.        Aspek Pengetahuan
a.       Teknik/Jenis Penilaian                    : Test Lisan
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Teks Essay
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.        Aspek Keterampilan
a.       Teknik/Jenis Penilaian                      : Unjuk kerja
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen    : Tes ketrampilan,bicara
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan pendeskripsian.
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Pemilihan  kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1













c.       Pedoman penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

a.         Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan,
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

b.         Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara
ASPEK
KETERANGAN
SKOR
Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

c.         Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

                                                                                                        Banda Aceh, 28 Mei 2016
Guru Pamong                                                                                Guru Praktik



Rina Diana S.Pd.1                                                                  T. Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014                                                                 NPM. 1111080034

Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh



 

Dra. Sawiyah
Nip. 195603141979031008

Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)