Skip to main content

RPP BAHASA INGGRIS Kelas 8 SEMESTER 2 Chapter 12



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                                                          
Satuan Pendidikan                            :  SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran                                  :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester                                 :  VIII /2
Materi Pokok                                    :  Teks Naratif
Alokasi Waktu                                  :  16 JP

A.         Kompetensi Inti
KI 1     : Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3     : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4     : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.         Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa   pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

1.1.1.      Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan selama pembelajaran.
2.1.    Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1.      Menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam belajar dan berperilaku santun dan peduli dalam dalam belajar komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.14.      Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif  berbentuk fabel, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.14.1.   Memahami  fungsi sosial dalam teks naratif fabel pendek dan sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14.2.   Mengidentifikasi sifat / karakteristik tokoh dalam fabel pendek dan sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14.3.   Memahami struktur teks naratif fabel pendek dan sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14.4.   Memahami unsur  kebahasaan teks naratif fabel sangat pendek dan sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya
4.18.      Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis, berbentuk fabel pendek dan sederhana penggunaannya

4.18.1.  Menceritakan kembali teks naratif fabel lisan dan tulis pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

C.         Materi Pembelajaran

A narrative is a text in which a story is told. The story is usually fiction (imaginary), although it may be based on actual events (partially factual).
Purpose:
To entertain,  amuse , teach or inform the reader.
All of the following texts can be narratives:
¨      novels
¨      short stories, fables , fairy tales, folk tales and legends.
¨      Most picture books.

Different types of narrative genre
Types:
·  Adventure – they can be improved by using suspense and character development.
·  Fantasy – fantasies contain at least some events that could not ‘really’ happen or characters that could not ‘really’ exist.
·  Mystery
·  Science fiction.
·  horror stories
·   adventure stories
·   fables, myths and legends
·   historical narratives
·   ballads

Text Organisation
A typical narrative structure includes an orientation, a sequence of events, a complication and a resolution.
·  The orientation gives the background / setting of the storyline and introduces the characters.
·  The narrative outlines a sequence of events.
·  A complication such as a disruption / problem / change, affects the sequence of events. The complication must be resolved by one or more of the characters.
·  When the problem is solved, or the main character accepts a change in circumstances, this is the resolution of the narrative.

Grammar
Narratives are:
·  Often written in the past tense.
·  May be written in either first person (I, we) or third person (he, she, they)
·  Specific nouns:
Strong nouns have more specific meanings, eg. oak as opposed to tree.
· Active nouns: Make nouns actually do something, eg.
‘It was raining’ could become:
Rain splashed down   or
‘There was a large cabinet in the lounge’ could become:
A large cabinet seemed to fill the lounge.’
·    Action verbs provide interest to the writing.
For example, instead of:
 The old woman was in his way”  -  try
The old woman barred his path.”
 Instead of “She laughed,” try, “She cackled.
·  Adjectives and adverbs are used to create ‘word pictures’ describing actions, characters and settings;
·  Conjunctions such as when, then and meanwhile are used to sequence events.
·  The characters thoughts and feelings are described using verbs and adjectives.
·  Paragraphs are used when natural breaks occur in the story. This may be when the setting or time changes. A new paragraph must also be taken to show direct speech.


Example of  Fable
The story Rabbit and Bear
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmfjqsNJskXYRAKAhn7oyVndNbGMifHXiCbqqmObWW7yrrlJBMHSKRsnC9tTqSA1r6xZk2iNaUmLxB-048Gu3ACZ4cRXqVL0UZlYed4PLWYPvyLWNHIFFoXDhNtjJbCy-2sBqJ6WDOjrg/s400/bear+and+rabbit.jpg

Once upon a time, there lived a bear and a rabbit. The rabbit was a good shot. On the contrary, the bear was always clumsy and could not use the arrow to shoot
.
One day, the bear called over the rabbit and asked the rabbit to take his bow and arrows. Because he was afraid to arouse the bear's anger,  he did not refuse the challenge. He went with the bear and shot buffaloes. He shot and killed so many that there were lots of meats left after.

However the bear did not make the rabbit get any of the meat. Even he could not taste it. The poor rabbit went home hungrily after a day of hard work.

Fortunately, the youngest child of the bear was very kind to the rabbit. His mother bear always gave him an extra large piece of meat but he did not eat it all. He took some outside with him and pretended to play ball with the meat. He kicked the ball of meat toward the rabbit's house. The meat flew into the rabbit's house. In this way, the hungry rabbit got his meal.


D.         Metode Pembelajaran:
Pendekatan                 : Scientific Learning
Model                          : Project based learning
Strategi                        : Role Play

E.         MEDIA, ALAT DAN SUMBER  PEMBELAJARAN:
-          Media                       : Video
-          Alat                          : Gambar
-          Sumber Belajar         : Buku paket When English Rings a Bell  kelas 8

F.          LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-1
1.      Pendahuluan (10 Menit)
a.       Mengucapkan salam dan berdoa.
b.      Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.       Menginformasikan tujuan pembelajaran
d.      Menginformasikan garis besar kegiatan yang akan di lakukan.

2.      Inti (60 Menit)
a.       Mengamati / Observing
·  Peserta didik  menonton tayangan video fabel mousedeer and crocodile  dan crow and fox
·  Peserta Didik menemukan informasi rinci dalam video
·  Menirukan kata kata penting dengan pengucapan dan intonasi yang benar

b.      Mempertanyakan / Questioning
·   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar 2 fabel, dalam berbagai konteks
·   Guru Mengarahkan dengan pertanyaan :
·   What is the characteristic of mousedeer ? ….. crocodile ?
   Is he smart?
·   Melengkapi list tentang cerita fable yang pernah mereka baca atau lihat , tokoh dan ending cerita
·      Tukar daftar list dengan teman ,.
·      Membuat pertanyaan berdasar list diatas, kepada teman yang mempunyai list
·      Siswa membaca  pertanyaan tersebut

3.      Penutup
a.       Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.      Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

Pertemuan Ke-2
1.    Pendahuluan (10 Menit)
a.       Mengucapkan salam dan berdoa.
b.      Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.       Menginformasikan tujuan pembelajaran
d.      Menginformasikan garis besar kegiatan yang akan di lakukan.

2.    Inti (60 Menit)
a.       Menalar /Experimenting (session 1)
·  Siswa membaca teks mousedeer and crocodile dengan nyaring.
·  Menjawab pertanyaan bacaan
·  In pairs  siswa menjodohkan kata – kata penting dengan definisinya
·  Siswa membuat kalimat dari kata – kata penting dari latihan sebelumnya
           
3.    Penutup (10 Menit)
a.       Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan    secara konsisten dan terprogram.
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.      Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya


Pertemuan 3
1.    Pendahuluan (10 Menit)
a.         Mengucapkan salam dan berdoa.
b.         Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.         Menginformasikan tujuan pembelajaran
d.        Menginformasikan garis besar kegiatan yang akan di lakukan.

2.    Inti (60 Menit)
a.       Menalar /Experimenting  (session 2)
·  Membaca nyaring teks crow and fox
·  Melengkapi paragraph rumpang
·  Menemukan kata sulit
·  Membuat kalimat dari kata sulit
·  Menyusun paragraph berdasar series of pictures

3.    Penutup (10 Menit)
a.       Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan    secara konsisten dan terprogram.
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.      Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya

Pertemuan 4
1.    Pendahuluan (10 Menit)
a.       Mengucapkan salam dan berdoa.
b.      Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.       Menginformasikan tujuan pembelajaran
d.      Menginformasikan garis besar kegiatan yang akan di lakukan.

2.    Inti (60 Menit)
a.       Menalar /Experimenting (session 3)
·  Mendengarkan cerita a Wolf in Sheep Clothing
·  One by one repeat after the teacher
·  Menemukan kata sulit
·  Menyusun paragraph berdasar series of pictures
·  Menceritakan cerita kembali

3.    Penutup
a.         Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan    secara konsisten dan terprogram.
c.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.        Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya

Pertemuan 5
1.    Pendahuluan (10 Menit)
a.       Mengucapkan salam dan berdoa.
b.      Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.       Menginformasikan tujuan pembelajaran
d.      Menginformasikan garis besar kegiatan yang akan di lakukan.

2.    Inti (60 Menit)
Asosiasi / assosiating
·      Diberikan teks fabel lain ; crow and fox
·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa serta pesan moral yang terdapat dalam teks crow and fox
·      Siswa menanyakan balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.  
·      Siswa menyimpulkan hasil analisinya terkait Fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks naratif  berbentuk fabel

3.    Penutup (10 Menit)
a.         Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan    secara konsisten dan terprogram.
c.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.        Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya



Pertemuan 6
1.      Pendahuluan (10 Menit)
a.         Mengucapkan salam dan berdoa.
b.         Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.         Menginformasikan tujuan pembelajaran
b.         Menginformasikan garis besar kegiatan yang akan di lakukan.

2.      Inti (60 Menit)
Mengomunikasikan / communicating
·      Siswa membacakan  cerita fabel yang lain dengan ucapan, intonasi dan ekspresi dan performan yang bak
·      Guru memberikan apresiasi atas performance
·      Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya

3.      Penutup (10 Menit)
a.         Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan    secara konsisten dan terprogram.
c.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.        Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya

G.        SUMBER BELAJAR
Buku Tactical Steps grade 7
Sumber Internet: Http:gambar tokoh

H.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a.      Sikap
Perilaku tanggung jawab dan, kerjasama dalam melaksanakan tugas
b.      Kinerja (Pengetahuan dan Ketrampilan)
Melakukan monolog tentang deskripsi orang, di depan kelas.

I.             Lampiran-Lampiran:

1.       Rubrik
a.      Aspek Sikap
             
Aspek
Skor
50
40
30
20
Tanggung jawab
Semua tugas diselesaikan tepat waktu
Kurang 1 dari 5  tugas tidak selesai

Kurang 2-3 tugas tidak selesai

Lebih dari 3 tugas tidak selesai
Kerjasama
Tugas 3 dan 4 diselesaikan melalui kerjasama dengan sempurna
Tugas 3 dan 4 diselesaikan tetapi kurang sempurna

Hanya Tugas 3 atau 4 yang diselesaikan dengan kerjasama
Tugas 3 dan 4 tidak diselesaikan dengan kerjasama

b.      Aspek Pengetahuan
             
Aspek
skor
50
40
30
20
Penguasaan Kosa Kata
Semua Target kosa kata terkuasai

1-2 Kosa Kata tidak terkuasai

3-5 Kosa Kata Tidak terkuasai

Lebih dari 5 Kata tidak terkuasai
Grammar
Semua Kalimat benar secara gramatikal
1-2 kalimat salah

3 -5 kalimat salah

Lebih dari 5 kalimat salah


c.       Aspek Ketrampilan
             
Aspek
skor
25
20
15
10
Content
Mendeskripsikan orang menggunakan lebih dari 6 kalimat secara benar
Mendeskripsikan orang menggunakan 5-6 kalimat secara benar
Mendeskripsikan orang menggunakan 3-4 kalimat secara benar
Mendeskripsikan orang menggunakan kurang dari 3 kalimat secara benar

Pronunciation
Semua kalimat diucapkan secara benar
5-6 kalimat diucapkan secara benar
3-4 kalimat diucapkan secara benar
Kurang kalimat diucapkan secara benar
Fluency
Semua kalimat seperti penutur asli
1-2 kalimat diucapkan tidak seperti penutur asli
3-4 kalimat diucapkan tidak seperti penutur asli
Kurang dari 3 diucapkan tidak seperti penutur asli
Intonation
Semua kalimat diucapkan dengan intonasi secara benar
5-6 kalimat diucapkan dengan intonasi secara benar
3-4 kalimat diucapkan dengan intonasi secara benar
Kurang dari 3 kalimat diucapkan dengan intonasi secara benar


                                                                                                               Banda Aceh, 28 Mei 2016
Guru Pamong                                                                                    Guru Praktikan


Rina Diana S.Pd.1                                                                         T. Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014                                                                        NPM. 1111080034

Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh


Dra. Sawiyah
Nip. 1960080011983022002

Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)