Skip to main content

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                       : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran                          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                          : VIII/2
Materi Pokok                             : Pesan Singkat (Short Message) dan Pemberitahuan (Notice)
Alokasi Waktu                           : 6x40 menit

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.       Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1.      Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan selama pembelajaran.
2.3.       Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam  melaksanakan  komunilasi fungsional.
2.3.1.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, kerja sama dalam pembelajaran
3.14.   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksana kan fungsi sosial dari teks pesan singkat dan pengumuman /pemberitahuan (notice), sesuai dengan konteks penggunaannya

3.14.1.   Menentukan tujuan     komunikatif teks Pengumuman/pemberitahuan (Notice)
3.14.2.   Mengidentifikasi         struktur teks Pengumuman/pemberitahuan (Notice)
3.14.3.   Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks Pengumuman/pemberitahuan (Notice)
4.16.   Menangkap makna pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana.

4.16.1.   Melengkapi teks pengumuman/pemberitahuan (Notice)
4.16.2.   Menemukan gambaran umum dari sebuah teks
4.16.3.   Menemukan informasi tertentu dari teks sederhana
4.16.4.   Menemukan informasi rinci dari teks sederhana
4.16.5.   Menemukan kata referensi dari teks sederhana
4.17.   Menyusun teks tulis pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.17.1.  Menyusun teks pengumuman/ pemberitahuan (Notice)



C.      Materi Pembelajaran
1)      Materi Reguler
Teks lisan dan tulis teks pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan

Fungsi sosial
Menyampaikan pesan dan memberi tahu untuk mencapai tujuan dengan sentuhan personal dalam komunikasi antar guru dan siswa.
Struktur teks
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik:
a.         Pesan singkat: I’m busy now. Please call me in a few minutes. Make sure you
lock the gate when you leave. Sure. Yes, I will.
b.        Pengumuman (notice): ‘Flag ceremony will be held on Monday, 17 August. Attendance is compulsory.’ ‘An exam is in progress. Please be quite.’ ‘No parking in front of gates’.
Unsur kebahasaan
(1)              Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan: Imperratives
(2)              Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)              Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, dan disiplin.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

2)      Materi Remedial
Pesan Singkat berbentuk sms:
-          Call me back!
-          I’m busy right now!
-          I’ll call you later!

3)      Materi Pengayaan
Unsur Kebahasaan
Kesamaan lain antara pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan tertulis adalah unsur kebahasaan yang digunakan, antara lain:
a.         Penggunaan kalimat imperatif positif dan negative.
b.         Penggunaan kata kerja bantu modal will, should, must,
c.         Ungkapan seperti make sure, please, dan ungkapan kesopanan lainnya,
d.        Kosa kata yang digunakan bersifat khusus pada konteks penggunaannya,
e.         Karena disampaikan secara tertulis, maka ejaan, penggunaan huruf besar dan tanda baca, serta tulisan perlu dijaga ketepatan dan kejelasannya agar pesannya dapat diterima dengan benar oleh pembacanya.

D.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach)
2.      Project Based Learning (PBL Project)

E.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                : Gambar dan Obyek nyata, Laptop
2.      Alat/Bahan        :
3.      Sumber Belajar : Bahasa Inggris, When English rings a Bell VIII Semester 2 Chapter XI: buku guru/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·           Guru memberi salam (greeting)
·           Guru mengecek kehadiran siswa
·           Guru mereview materi sebelumnya
·           Guru mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·           Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·           Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·           Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·           Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, tugas projek.

b.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
SISWA
GURU
WAKTU
Mengamati (observing)
·      Siswa mengamati berbagai macam  teks pesan singkat.

·      Siswa membaca teks pesan singkat dengan benar dan jelas
·      Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian  pesan singkat
·      Siswa mendiskusikan tentang pesan singkat

·      Memperlihatkan berbagai macam teks pesan singkat

·      Meminta siswa membaca pesan singkat
·      Meminta siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian teks pesan singkat.
30 menit
Mempertanyakan (Questioning)
·     Menanyakan kosa kata terkait dengan pesan singkat
·     Menayakan  struktur teks pesan singkat
·     Menayakan fungsi sosial, pesan singkat.

·      Memberi stimulus dan mengarahkan siswa untuk bertanya tentang kosa kata, struktur teks, dan fungsi sosial dalan pesan singkat
30 menit

c.       Penutup ( 10 menit)
·      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya.

Pertemuan ke-2
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·           Guru memberi salam (greeting)
·           Guru mengecek kehadiran siswa
·           Guru mereview materi sebelumnya
·           Guru mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·           Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·           Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·           Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·           Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, tugas projek.

b.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
SISWA
GURU
WAKTU
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan data/ Informasi
(Exploring/Experimenting/collec ting information)
·      Mengidentifikasi kosa kata yang ada dalam pesan singkat


·      Menerima saran dari teman dan guru
·      Membaca teks pesan singkat via SMS

·      Berlatih menulis sebuah pesan singkat yang kirim kepada teman berdasarkan situasi yang diberikan guru
·      Berlatih menjawab pesan singkat yang dikirim oleh teman .



·      Meminta siswa mengidentifikasi kosa kata yang ada dalam teks

·      Memberi saran/ masukan.
·      Meminta siswa membacakan teks teks pesan singkat via
·      Memberikan situasi terkait dengan penulisan pesan singkat
·      Meminta siswa saling mengirim pesan.
30 menit
Mengasosiasi (Associating)
·          siswa menganalisis perbedaan teks pesan singkat  dan pengumuman/ Pemberitahuan  (Notice)


·          Siswa belatih membuat notice ( When English Rings a bell VIII/2 page:201
·      Meminta siswa menganalisis pesan singkat dan Pengumuman/ pemberitahuan (Notice)
·      Guru mengamati  kerja siswa dalam kelompok
30 menit

c.       Penutup ( 10 menit)
·      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·      Memberihan tes lisan
·      Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
·      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan

Pertemuan ke-3
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·           Guru memberi salam (greeting)
·           Guru mengecek kehadiran siswa
·           Guru mereview materi sebelumnya
·           Guru mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·           Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·           Guru mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·           Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.
·           Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, tugas projek.

b.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
SISWA
GURU
WAKTU
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
·      Siswa menuliskan pesan singkat dan  mempresentasikan di depan kelas.

·      Siswa menuliskan pengumuman/ pemberitahuan (Notice) dan  mempresentasikan di depan kelas.
·      Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)


·      Meminta siswa menuliskan pesan singkat dan mempresentasikan di depan kelas.
·      Meminta siswa menuliskan pengumuman/ pemberitahuan (Notice)
·      Meminta siswa membuat jurnal belajar (learning journal)

60 menit

c.       Penutup ( 10 menit)
·      Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·      Memberihan tes lisan
·      Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
·      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan

G.    Penilaian
1.      Aspek Sikap
a.       Teknik/Jenis Penilaian                  : Observasi
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Pedoman Observasi
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran
2.      Aspek Pengetahuan
a.       Teknik/Jenis Penilaian                  : Test tertulis
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen :
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran
3.      Aspek Keterampilan
a.       Teknik/Jenis Penilaian
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran

H.    PENILAIAN
1.         Aspek Sikap
a.       Teknik/Jenis Penilaian : Penilaian teman sejawat
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Lembar tugas
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran
    
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1
2.         Aspek Pengetahuan
a.       Teknik/Jenis Penilaian : Tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Tes Essay
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran
      
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Aspek Keterampilan
a.       Teknik/Jenis Penilaian : Unjuk kerja , Proyek
b.      Bentuk Instrumen dan Instrumen : Menulis Pesan singkat dan Notice                              
c.       Pedoman/Rubrik Penskoran

No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan teks pesan singkat/ notice
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Pemilihan  kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1

a.         Pedoman Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


b.        Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan,
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


                                                                                                               Banda Aceh, 28 Mei 2016
Guru Pamong                                                                                    Guru Praktik


Rina Diana S.Pd.1                                                                         T. Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014                                                                        NPM. 1111080034

Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh


Dra. Sawiyah
Nip. 1960080011983022002

Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)