Skip to main content

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) K13 CHAPTER 9



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan            : SMP Kartika XIV – 1 Banda Aceh
Mata Pelajaran                            : Bahasa Inggris
Kelas/semester                              : VIII/GENAP
Materi pokok                               : Texts lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/ kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau
Alokasi waktu                              : 8 x 40 menit

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      KI 1  :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.      KI     2  :           Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.         
3.      KI 3  : Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).
4.      KI 4  : Mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

B.       Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1.      Menunjukkan perilaku syukur dalam mengikuti proses pembelajaran
1.1.2.      Menunjukkan perilaku belajar dengan penuh semangat
2.
2.1.        Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.1.1.       Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi antar pribadi dengan teman dan guru.
2.1.2.       Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi antar pribadi dengan teman dan guru
3.
2.2.        Menunjukan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1.       Menunjukkan perilaku percaya diri dalam mengiku6ti proses pembelajaran
2.2.2.       Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan teman dan guru
4.
2.3.        Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.3.1.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam melakukan komunikasi fungsional
2.3.2.      Menunjukkan perilaku peduli dalam melaksanakan komunikasi fungsional
2.3.3.      Menunjukkan perilaku kerjasama dalam melaksanakan komunikasi fungsional
2.3.4.      Menunjukkan perilaku cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
5.
3.11.    Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (simple past tense)
3.11.1. Mengidentifikasikan struktur texts tentang kejadian masa lampau
3.11.2. Menjelaskan fungsi social kejadian yang terjadi di masa lampau
3.11.3. Mengucapkan teks  tentang kejadian yang terjadi di masa lampau.

6.
4.13.    Menyusun teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana,tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13.1.  Menulis teks  pendek dan sederhana,tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.      Materi pembelajaran
1.      Materi Reguler
a.         Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
b.        Fungsi sosial
·           Menyatakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau
·           Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
c.         Struktur teks
What did you do after school yesterday? My brother and I went fishing in the river.; Who opened the box? Yusuf did; She got an accident. She was riding on her motorcycle and hit the lamp post,.dan semacamnya.

d.        Unsur kebahasaan
˗            Kata kerja dalam Simple Past Tense, Past Continuous Tense
˗            Kata sambung: when, while, after, before, dll.
˗            Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
˗            Ucapan, tekanan kata, intonasi,
˗            Ejaan dan tanda baca
˗            Tulisan tangan.

e.         Topik
Kegiatan dan tindakan yang terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan siswa sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

2.      Materi Remedial
Unsur Kebahasaan:
Tata bahasa
Past Tense

Kalimat nominal
Kalimat Affirmatif
S + was/were + adj/adverb/noun + …

Kalimat Negatif
S + was/were + not + adj/adverb/noun + …

Kalimat Interogatif/pertanyaan
Was/were + S adj/adverb/noun + …?

Example:
1.        (+)   Mr. Mustofa was sick yesterday.
(-)    Mr. Mustofa was not sick yesterday.
(?)   Was Mr. Mustofa sick yesterday? Yes, he is. No. He is not(isn’t)

2.        (+)   They were angry.
(-)    They were not angry.
(?)   Were they angry? Yes, they were. No, they were not (weren’t)

Kalimat Verbal
Kalimat Affirmatif
S + V2 + O + adv + …

Kalimat Negatif
S + did not(din’t) + V1 + O + adj + …

Kalimat Interogatif/pertanyaan
Did + S + V1 + O + adv + …

Keterangan :
S            : Subject
V2         : Kata kerja bentuk kedua(past)
V1         : Kata kerja bentuk pertama(infinitive)
O           : Objek
Adj        : Adjective(kata sifat)
Adv       : Adverb(Kata Keterangan)

Example:
1.        (+)   Mrs. Hani went to Ujung Negoro Beach last week.
(-)    Mrs. Hani didn’t go  to Ujung Negoro Beach last week.
(?)   Did Mrs. Hani go to Ujung Negoro Beash last week? Yes, she did. No, she did not (didn’t).

2.        (+)   They studied English last night.
(-)    They didn’t study English last night.
(?)   Did they study English last night? Yes, They did. No they did not

3.      Materi Pengayaan
Teks tulis dan lisan yang menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang terjadi pada masa lampau dengan menggunakan bentuk pendek (contractions) dan penambahan kosakata baru yang berkaitan.


When and While

a)        When
-          When she cooked fried rice, her neighbours came
-          He was young, when his father sick.
b)       While
-          While I was studying in the library, someone greeted me
-          While my brother was sleeping at home, I was playing outside

D.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.      Media                         : Karton, Buku
2.      Alat                             : Laptop, Buku Paket
3.      Sumber Belajar           : Suara Guru, Buku paket dan buku yang relevan.

E.       Langkah-langkah pembelajaran

1.        Pertemuan I
Kegiatan Pendahuluan
Alokasi Waktu
Guru
Peserta Didik
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti memberi salam, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
Peserta didik bersiap untuk mengikuti pelajaran
10 Menit
Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya  terkait dengan materi yang akan dipelajari:
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.


Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di jelaskan oleh guru
Mengamati dan Menanya

Guru
Peserta Didik
Guru meminta peserta didik untuk memahami instruksi serta guru memperlihatkan karton yang berisikan kata-kata dalam bentuk masa lampau
Peserta didik memahami instruksi serta memperhatikan apa yang diperlihatkan oleh guru
30 Menit
Guru meminta peserta didik untuk mengulangi ucapan guru pada saat guru membaca kata-kata yang ada di dalam karton tersebut
Peserta didik mengulangi ucapan guru dengan baik dan benar
Guru memilih peserta didik secara acak satu persatu dan memerintahkan peserta didik tersebut untuk membaca satu persatu kata-kata yang ada di dalam karton tersebut tersebut
Peserta mendengarkan dan memahami instruksi dari guru, dan membaca kata-kata yang ada di dalam karton tersebut
Mengumpulkan Informasi

Guru
Peserta Didik
Guru  memerintahkan peserta didik untuk mencatat apa yang ada di papan tulis, termasuk kata-kata yang ada di dalam karton tersebut.
Peserta didik memahami instruksi dari guru dan mencatat apa yang ada di papan tulis dan juga untuk dipelajari lagi
30 Menit
Guru Meminta masing-masing peserta didik untuk membuat kalimat berdasarkan kata-kata yang terdapat dalam karton tersebut
Peserta didik membuat kalimat dalam bentuk masa lampau berdasarkan dari kata-kata yang ada di dalam karton tersebut
Penutup

Guru
Peserta Didik
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Peserta didik mendengar serta menyimpulkan pelajaran yang telah mereka pelajari
10 Menit
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar serta mengerjakan instruksi yang di berikan oleh guru.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya
2.        Pertemuan II
Kegiatan Pendahuluan
Alokasi Waktu
Guru
Peserta Didik
Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
10 Menit
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya  terkait dengan materi yang akan dipelajari.
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di jelaskan oleh guru
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di jelaskan oleh guru
Mengamati dan Menanya

Guru
Peserta Didik
Guru meminta peserta didik untuk memahami instruksi serta guru memperlihatkan kartu yang berisikan kata-kata kepada peserta didik
Peserta didik memahami instruksi serta memperhatikan apa yang diperlihatkan oleh guru
30 Menit
Guru meminta peserta didik untuk mengulangi ucapan guru pada saat guru membaca kata-kata yang ada di dalam kartu tersebut
Peserta didik mengulangi ucapan guru dengan baik dan benar
Guru memberikan kartu kata-kata tersebut kepada peserta didik serta memperintahkan masing-masing peserta didik untuk mencari arti dari kata-kata yang terdapat dalam kartu tersebut
Peserta didik belajar mengenai kata-kata yang  ada didalam kartu, serta mencari makna dengan menggunakan kamus
Mengumpulkan Informasi

Guru
Peserta Didik
Guru  membagikan kartu dan meminta masing-masing peserta didik untuk membaca dengan suara lantang dan membaca arti dari kata-kata yang ada didalam kartu tersebut
Peserta didik membaca dan memahami instruksi kegiatan yang diberikan oleh guru.
30 Menit
Guru Meminta masing-masing peserta didik untuk membuat kalimat berdasarkan kata-kata yang terdapat dari kartu tersebut
Peserta didik menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur
Penutup

Guru
Peserta Didik
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Peserte didik mendengar serta menyimpulkan pelajaran yang telah mereka pelajari
10 Menit
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar serta mengerjakan instruksi yang di berikan oleh guru.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya

3.        Pertemuan III
Kegiatan Pendahuluan
Alokasi waktu
Guru
Peserta Didik
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti memberi salam, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
Peserta didik bersiap untuk mengikuti pelajaran
10 Menit
Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya  terkait dengan materi yang akan dipelajari:
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di jelaskan oleh guru
Mengumpulkan Informasi

Guru
Peserta Didik
Guru meminta peserta didik untuk menyusun kelompok belajar berdasarkan jumlah siswa yang ada
Peserta didik memahami instruksi dari guru serta membentuk kelompok belajar
30 Menit
Guru membagikan teks tentang kejadian pada masa lampau kepada masing-masing kelompok belajar untuk membaca dan memahami teks tentang kejadian pada masa lampau tersebut
Peserta didik secara berkelompok memahami instruksi dari guru serta membaca dan memahami teks tentang kejadian pada masa lampau yang diberikan oleh guru
Guru menginstruksikan satu persatu ketua kelompok untuk membaca dan meminta kelompok belajar lain untuk mendengarkan
Peserta didik memahami dan mendengarkan instruksi dari guru serta bersiap secara berkelompok untuk membacakan teks tentang kejadian pada masa lampau dengan baik dan benar
Mengasosiasi

Guru
Peserta Didik
Guru  meminta peserta didik untuk memahami teks tentang kejadian pada masa lampau serta membacakan arti dari teks tentang kejadian pada masa lampau tersebut
Peserta didik membaca dan memahami teks tentang kejadian pada masa lampau serta membacakan arti dari teks tentang kejadian pada masa lampau
30 Menit
Guru meminta peserta didik untuk mencatat dan memahami arti dari teks kejadian masa lampau tersebut
Peserta didik memahami instruksi dari guru serta menulis arti atau makna penuh dari teks tentang kejadian masa lampau tersebut
Penutup

Guru
Peserta Didik
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Peserte didik mendengar serta menyimpulkan pelajaran yang telah mereka pelajari
10 Menit
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar serta mengerjakan instruksi yang di berikan oleh guru.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya

4.        Pertemuan IV
Kegiatan Pendahuluan
Alokasi Waktu
Guru
Peserta Didik
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti memberi salam, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
Peserta didik bersiap untuk mengikuti pelajaran
10 Menit
Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya  terkait dengan materi yang akan dipelajari:
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di jelaskan oleh guru
Mengumpulkan Informasi

Guru
Peserta Didik
Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan dan memahami instruksi dari guru tentang teks kejadian masa lampau
Peserta didik memperhatikan dan memahami instruksi dari guru tentang teks kejadian masa lampau
30 Menit
Guru meminta peserta didik untuk mengulangi ucapan kalimat teks kejadian masa lampau dengan baik dan benar
Peserta didik mendengarkan guru dan mengulangi ucapan kalimat teks kejadian masa lampau dengan baik dan benar

Guru  meminta peserta didik untuk memahami instruksi dan membuat 4 kelompok
Peserta didik memahami instruksi dari guru serta membuat 4 kelompok belajar
Guru membagikan tugas untuk masing-masing kelompok tentang teks kejadian masa lampau dan meminta peserta didik untuk memahami instruksi dari guru
Peserta didik memahami instruksi dari guru tentang teks kejadian masa lampau
Guru meminta masing-masing kelompok untuk menulis pernyataan tentang teks kejadian masa lampau
Peserta didik dari masing-masing kelompok menulis pernyataan tentang teks kejadian masa lampau
Mengasosiasikan

Guru
Peserta Didik

Guru meminta peserta didik dari masing-masing kelompok untuk membacakan teks kejadian masa lampau dengan baik dan benar
Peserta didik dari masing-masing kelompok membacakan teks tentang kejadian masa lampau dengan baik dan benar
30 Menit
Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok peserta didik
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di hadapan peserta didik dari kelompok lainnya
Guru meminta peserta didik untuk mencatat teks tentang kejadian masa lampau
Peserta didik mencatat atau menulis teks tentang kejadian masa lampau

Penutup

Guru
Peserta Didik
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Peserte didik mendengar serta menyimpulkan pelajaran yang telah mereka pelajari
10 Menit


Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar serta mengerjakan instruksi yang di berikan oleh guru.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya





5.        Pertemuan V
Kegiatan Pendahuluan
Alokasi Waktu
Guru
Peserta Didik
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti memberi salam, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
Peserta didik bersiap untuk mengikuti pelajaran
10 Menit
Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya  terkait dengan materi yang akan dipelajari:
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di jelaskan oleh guru


Mengumpulkan Informasi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta Didik
Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan dan memahami tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari yaitu tentang kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi
Peserta didik memperhatikan dan memahami instruksi dari guru tentang teks kejadian masa lampau
30 Menit
Guru meminta peserta didik untuk mengulangi ucapan kalimat teks kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi dengan baik dan benar
Peserta didik mendengarkan guru dan mengulangi ucapan kalimat teks kejadian masa lampau dengan baik dan benar
Guru meminta peserta didik untuk mencatat dan memahami tentang teks kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi



Peserta didik dari masing-masing kelompok menulis pernyataan tentang teks kejadian masa lampau

Mengasosiasikan

Guru
Peserta Didik

Guru meminta masing-masing peserta didik untuk membacakan teks kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi dengan baik dan benar
Masing-masing peserta didik membacakan teks tentang kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi dengan baik dan benar
30 Menit
Guru meminta peserta didik untuk membuat dan menulis teks kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi dengan baik dan benar
Peserta didik menulis dan membuat teks kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi dengan baik dan benar

Penutup

Guru
Peserta Didik
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Peserte didik mendengar serta menyimpulkan pelajaran yang telah mereka pelajari
10 Menit
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang pengalaman masa lalu.
Peserta didik mendengar serta mengerjakan instruksi yang di berikan oleh guru.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya

F.       Penilaian hasil pembelajaran
·      Jenis/instrumen/rubrik
Kinerja (praktik)
a.    Melakukan monolog tentang pengalaman masa lalu di depan kelas / berpasangan dengan kreteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam bentuk lampau (simple past tense)
b.    Melaksakan Kegiatan saintifik (5 M)


Aspek

Kegiatan
SIKAP/ PERILAKU
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN

MENGAMATI
(Peserta didik membaca/ mendengarkan beberapa teks)

Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks recount.

a.   Where were your brothers a few minutes ago? 
They were at home.

b.   What did you do after school yesterday?
I took a rest.

c.    Where did they spend their last holiday?


MENANYA
Peduli
Tanggungjawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif

Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta isi teks deskripsi tentang tempat wisata
(penggunaan bahasa yang tepat, efektif, dan efisien)

MENGUMPULKAN DATA
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan tentang pengalaman masa lalu

·      Melakukan monolog
·      Menyunting
·      Menulis teks tentang masa lalu
MENGASOSIASI
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan tentang teks pengalaman masa lalu

Menalar dan membandingkan pengalaman masa lalu.

MENGOMUNIKASIKAN
Peduli
Tanggungjawab
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks

·    Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari teks yang berisi tentang pengalaman masa lalu.
·    Mendemonstrasikan keterampilan memaparkan pengalaman masa lalu.



                                                                                                             Banda Aceh, 28 Maret 2016
Guru Pamong                                                                                    Guru Praktik


Rina Diana S.Pd                                                                       T. Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014                                                                     NPM. 1111080034

Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh


Dra. Sawiyah
Nip. 195603141979031008

Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)