Skip to main content

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 KURIKULUM 2013 INDERA PENGLIHATAN PADA ALAT OPTIK




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP  Kartika XIV-I  Banda Aceh
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
 Kelas/ Semester          : VIII/ Genap
 Materi Pokok            : Indra Penglihatan dan Alat Optik
 Alokasi Watu            :  15 x 40 JP

A.    Kompetensi Inti    :  
KI 1  :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4  :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar            :
1.1              Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1              Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
3.11     Mendeskripsikan sifatsifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk
            menjelaskan penglihatan manusia, dan prinsip kerja alat optik
4.11     Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa   dan alat optik

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1        Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
3.11.2        Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada cermin datar dan
                  lengkung
3.11.3        Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada lensa cembung dan
cekung.
3.11.4        Menjelaskan pentingnya cahaya pada proses penglihatan manusia.
3.11.5        Mengidentifikasi proses pembentukan bayangan pada mata manusia.
3.11.6        Mengidentifikasi bagian-bagian mata.
3.11.7        Menjelaskan macam-macam gangguan yang terjadi pada indera
            penglihatan.
3.11.8        Mendeskripsikan pembentukan bayangan pada mata serangga.
3.11.9        Mendata berbagai macam alat optik yang dapat ditemui siswa dalam
kehidupan sehari-hari.
3.11.10      Mendeskripsikan prinsip kerja alat optik.
4.11.1        Menyusun laporan hasil penyelidikan proses pembentukan bayangan pada
cermin, lensa, dan alat optik.

D. Materi Pembelajaran :
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan I
1.      Sifat-sifat cahaya.
2.      Mengidentifikasikan berbagai macam sifat-sifat cahaya dengan melakukan berbagai macam percobaan

Pertemuan 2
1.      Pembentukan bayangan pada cermin
2.      Menyelesaikan percobaan  pembentukan cahaya pada cermin datar

Pertemuan 3
1.      Pembentukan bayangan pada lensa
2.      Menjelaskan sinar-sinar istimewa pada pembiasan cahaya oleh lensa cembung dan cekung
3.      Melukiskan pembentukan bayangan pada lensa dengan menggunakan diagram sinar istimewa

Pertemuan 4
1.      Sistem penglihatan pada manusia (cahaya)
2.      Menjelaskan pentingnya cahaya bagi sistem penglihatan manusia
3.      Melakukan percobaan pembentukan bayangan pada lensa cembung untuk menjelaskan            proses pembentukan bayangan pada mata manusia

      Pertemuan 5
1.      Bagian-bagian mata dan jalan cahaya pada mata
2.      Mengidentifikasikan bagian-bagian mata manusia
3.      Menjelaskan dan menyimpulkan proses pembentukan bayangan pada mata manusia

      Pertemuan 6
1.      Pemanfaatan alat optik
2.      Mengidentifikasi berbagai macam alalt optik yang ada sekitar siswa serta memahami prinsip kerja masing-masing alat optik.

2. Materi Pembelajaran Remedial
1. Perinsip kerja pada sisitem sonar 
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
A.    Pembentukan bayangan pada alat optik
1.      Sifat-sifat cahaya
2.      Pembentukan bayangan pada cermin
3.      Lensa
B.     Pemanfaatan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
1.      Sifat-sifat penglihatan pada manusia
2.      Penbentukan bayangan pada mata serangga
C.     Alat optik dalam kehidupan sehari-hari
1.      Kamera
2.      Kaca pembesar
3.      Miksoskop
4.      Teleskop

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 3 JP x 40 )
a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Peserta didik merespon pertanyaan dari guru terkait materi yang lalu
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
·         Peserta didik dimintak untuk membaca (dilakukan dirumah sebelum pembelajaran berlangsung) dan menyimak pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran.
·         Peserta didik melakukan Percobaan tentang sifat-sifat cahaya

2.       Menanya
      Guru menanyakan kepada peserta didik
·         Apa yang dimaksud dengan cahaya
·         Sebutkan macam-macam sifat-sifat cahaya

3.      Mengumpulkan Data
·         Guru membagi siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa)
·         Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat cahaya.
·         Siswa mencari pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan            pengamatan dan mencatat  hasil percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS.

1.      Mengasosiasikan
·         Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan dan membuat laporan dari hasil       percobaan yang mereka dapatkan

2.      Mengkomonikasikan
·         Tiap-tiap kelompok mempersentasika  hasil diskusi kelompok secara klsikal.
·         Salah satu dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan.
·          Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Peserta didik dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan.
·         Untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan secara individu.
·         Pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilain portopolio.
c.       Penutup
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
·         Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan. Materi yang harus disimpulkan pada hari ini adalah sifat-sifat cahaya ada empat sifat-sifat cahaya, sebagai berikut.
a.       Cahaya Merambat Lurus
b.      Cahaya dapat dibiaskan
c.       Cahaya dapat dipantulkan
d.      Cahaya merupakan Gelombang Elektromagnetik
·         Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi yang akan dipelajari     berikutnya, yaitu tentang pembentukan bayangan pada cermin datar dan cermin          lengkung
2.  Pertemuan Kedua( 2 JP x 40 )
a.     Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Peserta didik merespon pertanyaan dari guru terkait materi yang lalu
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

a.       Kegiatan Inti
1.   Mengamati
·         Peserta didik dimintak untuk membaca (dilakukan dirumah sebelum pembelajaran berlangsung) dan menyimak pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran.
·         Peserta didik melakukan Percobaan sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar
·         Guru membimbing peserta didik untuk memahami materi tentang pembentukan bayangan pada cermin lengkung (cermin cembung dan cermin cekung).
·         Peserta didik mengamati sinar istimewa pada cermin lengkung serta pembentukan bayangan (melukiskan pembentukan bayangan) pada pada berbagai lokasi cermin lengkung.

2.      Menanya
·         Peserta didik di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan pertanyaan kepada siswa.
·         Apa yang dimaksud dengan cermin datar ?

3.      Mengumpulkan Data
·         Guru membagi siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa)
·         Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan percobaan pembentukan bayangan pada cermin datar
·         Siswa mencari pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan pengamatan dan mencatat  hasil percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS.

4.         Mengasosiasikan
·         Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan dan membuat laporan dari hasil percobaan yang mereka dapatkan

5.      Mengkomonikasikan
·         Tiap-tiap kelompok mempersentasika  hasil diskusi kelompok secara klsikal.
·         Salah satu dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan.
·          Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Peserta didik dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan.
·         Untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan secara individu.
·         Pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilain portopolio.
c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
·         Guru menunjuk peserta didik secara acak untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru.
·         Guru menyimpulkan materi yang dipelajari hari ini serta mengecek pemahaman siswa pada materi tersebut.

3.  Pertemuan Ketiga( 3 JP x 40 )
a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Peserta didik merespon pertanyaan dari guru terkait materi yang lalu
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
b.      Guru membimbing peserta didik untuk memahami materi tentang pembentukan bayangan pada lensa cembung dan cekung.
c.       Guru menugaskan peserta didik untuk melukiskan bayangan pada berbagai ruang lensa cekung dan cembung. Berikut ini lokasi dari benda yang harus dilukiskan oleh siswa.
·         Lensa Cembung: di Ruang I, II dan III
·         Lensa Cekung: di RuangI, II, dan III.

3.   Menanya
·         Peserta didik di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan pertanyaan kepada siswa.
·         Apa yang dimaksud dengan lensa ?

4.      Mengumpulkan Data
·         Guru membagi siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa )
d.      Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan percobaan tentang pembentukan bayangan pada lensa cembung dan cekung.
·         Siswa mencari pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan pengamatan dan mencatat  hasil percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS
5.      Mengasosiasikan
·         Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan dan membuat laporan dari hasil percobaan yang mereka dapatkan

6.      Mengkomonikasikan
·         Tiap-tiap kelompok mempersentasika  hasil diskusi kelompok secara klsikal.
·         Salah satu dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan.
·          Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Peserta didik dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan.
·         Untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan secara individu.
·         Pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilain portopolio.

c.       Kegiatan Penutup
·         Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·         Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.

4.      Pertemuan Keempat ( 2 JP x 40 )
a.          Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Peserta didik merespon pertanyaan dari guru terkait materi yang lalu  guru menyampaikan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti
1. Mengamati
·         Secara  berkelompok  peserta  didik  mengidentifikasi  pembentukan bayangan pada mata

2. Menanya
·         Peserta didik di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan pertanyaan kepada siswa.
3. Mengumpulkan data
·      Guru membagi siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa )
·      Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan percobaan pembentukan bayangan pada cermin datar
·      Siswa mencari pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan pengamatan
·      Mencatat  hasil percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS.

4. Mengasosiasikan
·            Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan dan membuat laporan dari hasil percobaan yang mereka dapatkan

5.      Mengkomonikasikan
·         Tiap-tiap kelompok mempersentasika  hasil diskusi kelompok secara klsikal.
·         Salah satu dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan.
·          Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Peserta didik dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan.
·         Untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan secara individu.
·         Pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilain portopolio.
c. Kegiatan Penutup
·         Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan. Materi yang harus disimpulkan oleh peserta didik adalah tentang sifat bayangan yang dibentuk oleh mata.
·         Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.
6.         Pertemuan Kelima ( 3 JP x 40 )
a.          Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdao bersama
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Peserta didik merespon pertanyaan dari guru terkait materi yang lalu
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.         Kegiatan Inti
1.   Mengamati
·         Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan percobaan mengukur diameter iris dan pupil (diluar kelas) dan (didalam kelas)

2.   Menanya
·         Peserta didik di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan pertanyaan kepada siswa.

3.      Mengumpulkan Data
·         Guru membagi siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa )
Secara berkelompok
·         Peserta didik diminta untuk  menjelaskan perubahan diameter iris dan pupil 
·         Siswa mencari pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan pengamatan dan mencatat  hasil percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS
4.   Mengasosiasikan
·         Tiap-tiap kelompok dimintak untuk berdiskusi tentang bagaimana diameter pupil jika berada ditempat terang dan gelap ?
5.   Mengkomunikasikan
·         Tiap-tiap kelompok mempersentasika  hasil diskusi kelompok.Salah satu dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan.
·          Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Peserta didik dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan.
·         Untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan secara individu.
·         Pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilain portopolio.

b.         Kegiatan Penutup
·            Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja yang baik
·            Peserta didik dengan bimbingan guru, membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
·            Peserta didik diberikan tugas dan dimintak untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

2.         Pertemuan Keenam ( 2 JP x 40 )
a.          Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdao bersama
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Peserta didik merespon pertanyaan dari guru terkait materi yang lalu
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.            Kegiatan Inti :
1.      Mengamati
·      Guru membimbing peserta didik membuat kamera obscura. Pada kegiatan jangan lupa mengingatkan peserta didik agar bekerjasama dan berbagi tugas dengan kelompoknya.
2.      Menanya
·         Peserta didik di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan pertanyaan kepada siswa tentang berbagai macam alat optik yang ada disekitar peserta didik serta manfaatnya
3.         Mengumpulkan Data
·         Guru membagi siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 5 orang siswa)Secara berkelompok peserta didik dimintak untuk menyebutkan berbagai macam alat-alat optik
4.         Mengasosiasikan
·         Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan macam-macam alat optik yang         mereka ketahui
5.         Mengkomonikasikan
·         Tiap-tiap kelompok mempersentasika  hasil diskusi kelompok secara klsikal.
·         Salah satu dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan.
·          Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Peserta didik dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan.
·         Untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang disediakan secara individu.
·         Pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilain portopolio
c. Kegiatan Penutup
·         Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan. Materi yang harus disimpulkan oleh peserta didik pada pertemuan hari ini adalah tentang macam-macam alat optik serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru menugaskan peserta didik untuk mempersiapkan diri menghadapi tes pada pertemuan berikutnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.   Teknik penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk instrumen
1
Sikap
·         Observasi kegiatan praktikum
·         Observasi kegiatan diskusi
·         Penilaian diri
·         Penilaian antar peserta didik
·         Jurnal
·         Lembar observasi
·         Lembar observasi
·         Format penilaian
·         Format penilaian
·         Catatan
2
Pengetahuan
·         Tes tulis
·         Penugsan
·         Soal pilihan ganda
·         Soal uraian
·         Tugas
3
Keterampilan
·         Penilaian praktik
·         Penilaian proyek
·         Penilaian portofolio
·         Lembar pengamatan
·         Format penilaian produk
·         Format penilaian laporan proyek

Instumen Penilaian
·         Penilaian Sikap                 : Teknik non tes (bentuk pengamatan sikap)
·         Penilaian Pengetahuan      : Teknik tes ( Tulisan uraian)
·         Penilaian Keterampilan    : Teknik non tes(penilaian proyek)

2.      Remedial Pembelajaran
      Pembelajaran remedial dilakukan setelah penilaian
·         Jika terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah 2,67 maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching) terhadap kelompok tersebut
·         Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang dapatnilai dibawah 2,67 maka dilaksanakan penugasan dari tutor sabaya terhadap kelompok tersebut
·         Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai dibawah 2,67  maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut

3.      Pembelajaran Pengayaan
     Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai diatas 2,67 dengan cara diberi            tugas mengkaji penerapan dan mengerjakan soal-soal
G. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
a.       Media              : Laptop, infokus
b.      Alat/bahan       : Spidol, dan bahan praktikum sesuai yang tercantum pada LKS
c.       Sumber            : Internet, buku IPA SMP kelas VIII,

Banda Aceh 20 februari 2016
Guru Bidang Studi


Heri Sahrizal
Npm : 1111010117
Mengetahui Guru Pamong


Ainal Mardiah,S.Pd
Nip :196708101998012001




Kepala Sekolah SP Kartika XIV-1


Dra. Sawiyah
Nip :1960080011983022002




LAMPIRAN 1
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Satuan pendidikan    : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester        : VIII/ genap
Waktu pengamatan  : Saat pelaksanaan pembelajaran

Ø  Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok
·         Tidak baik jika menunjukkan tidak berusaha untuk bekerja sama dalam pembelajaran
·         Kurang baik jika menunjukakn sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
·         Baik jika menunjukan usaha yang baik dalam kegiatan kelompok tetapi belum konsisten
·         Sangat baik jika menunjukan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara baik terus menerus  dan konsisten

Tabel Pengamatan Sikap Siswa
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Berani
TB
KB
B
SB
TB
KB
B
SB
TB
KB
B
SB
1
Akbar Kharimullah












2
Cici Maulidar












3
Dyan Wahyudi












4
Diva Fadiara












5
Diki Wahyudi












6
Fazlina












7
Hasti Yatimya












8
Karunia Rahmat












9
Muhammad Lutfi












10
Muhammad












11
Nida Ulhak












12
Nurzahratun Muzizat












13
Raja Khairil Anam












14
Raja Syahrul Ramadhan












15
Rifaldi Alhafis












16
Riski Ramadhan












17
Tondi Prayogi












18
Wahyu Isnanda












19
M. Mauli Alfianda












20
Raja Firmansyah














Keterangan :
TB       : Tidak baik
KB       : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus
Penilaian pengetahuan


Soal uraian
1.      Bagaimana diameter pupil jika berada ditempat terang ?
2.      Bagaimana diameter pupil jika berada ditempat gelap ?

Rubrik  penilaian uraian
No
Uraian
skor
1
Jika semua jawapan terjawab dengan benar dan baik
15
2
Jika dapat menjelaskan proses pencernaan dengan baik dan jelas
30
3
Jika jawapan benar dan baik
15
4
Jika jawapan benar dan baik
20
5
Jika gambar benar dan sesuai
20
Total
100



















1.      Lembar Kerja Siswa ( LKS)
PERAMBATAN CAHAYA

1.      Tujuan       : untuk menentukan sifat-sifat cahaya, yaitu cahaya dapat merambat lurus

2.      Pendahuluan : cahaya merambat lurus kesemua arah misalnya pada saat lilin kita                                          nyalakan ditempat gelap maka kita akan melihat bahwa daerah yang                                              ada disekitar lilin akan terang.

3.      Alat dan bahan :

·         Lampu atau lilin
·         Kertas
·         Gunting

4.      Percobaan / prosedur :
·         Lakukan percobaan ditempat yang gelap atau remang-remang
·         Lubagi kertas pada bagian tengahnya
·         Susunlah set percobaan set percobaan seperti pada gambar 10.1 mintaklah bantuan temanmu untuk memegangi kertas
·         Nyalakan lampu /lilin. Amati bayangan yang terbentuk.


5.      Jawablah pertanyaan berikut ini
·         Apa yang terjadi jika kedua lubang kertas tersebut tidak diletakkan pada sat ugaris lurus
·         Bagaimanakah arah rambat cahaya pada lampu/lilin

Comments

  1. trim banget rppnya jazakallohu khoiron

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama om, maaf telat sekali balasan saya, semoga bermanfaat

      Delete
  2. mohon maaf, bisa minta file wordnya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)