Skip to main content

RPP IPS KELAS VII / 7 SMP SEMESTER GENAP / II / 2 K13 INTERAKSI MANUSIA DENGAN ALAM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : SMP Kartika XIV-I Banda Aceh
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / Genap
Mata Pelajaran            : IPS Terpadu
Tema                           : Interaksi Manusia dengan Lingkungan alam (2 JP)
Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
1.1         Menghargai karunia tuhan yang maha Esa yang telah menciptakn waktu dengan segala perubahannnya
2.3         Menunjukkan perilaku santun,peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4         Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya,dan ekonomi
4.3         Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk  dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam sosial,budaya,dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1           Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
2.3.1             Menghargai pendapat teman di dalam dan diluar kelas
2.3.2             Menunjukkan perilaku santun,peduli,dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4.1             Mendeskripsikan pengertian dari dinamika interaksi manusia
3.4.2             Mengidentifikasi komponen-komponen dinamika interaksi manusia dengan alam
3.4.3             Menjelasakan tentang dinamikan interaksi manusia dengan lingkungan alam
3.4.4             Menjelaskan tentang dinamika interaksi manusia dengan alam sekitar
4.3.1             Menyajikan hasil laporan tentang pengertian tentang dinamika interaksi manusia
4.3.2             Mempresentasikan pengertian tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
D.    Materi Pembelajaran
·         Interaksi manusia dengan lingkungn alam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiE_c_IPYScxW8McG88zGEJqsH2n4fjVJO5uFc6Xq2w1PzRCHN-GdaGXcS6HE7729HQu9h-HglzoY0MeB2HaUAN24uq-g2hb4cDDNDfE6rdXyOyk2TWJxkJnWnlZ7Lhq3yPjTYbb8YjqC1g/s1600/Perbandingan+Lingkungan+Alam+dan+Lingkungan+Buatan.png

E.     Sumber belajar, media dan alat
·         Lingkungan alam dan sosial di sekitar sekolah
·         Ahmat Slamet,Mukminin,Siti Irene Astuti dan Tri Wahyuning,Edisi revisi 2014.Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII . Jakarta Kemendikbud RI
·         Gambar tentang interaksi manusia dengan lingkungan alam
F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ketiga
Pendahuluan (10 menit)
1.      Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik
2.      Guru mengajak peserta didik mengamati aktivitas manusiayang ada di lingkungan sekitarnya. Bagaimana pendudukmemanfaatkan sumber daya alam dalam pemenuhankebutuhan
3.      Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.         Peserta didik mengamati gambar yang berhubungan denganaktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam

Menanya
2.         Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan apa sajadampak yang ditimbulkan oleh aktivitas manusia terhadaplingkungan alam.

Mengumpulkan data/informasi
3.         Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lainyang relevan tentang interaksi manusia dengan lingkungan alam.

Mengasosiasi
4.         Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untukmenganalisis dampak aktivitas manusia terhadap lingkunganalam.

Mengomunikasikan
5.         Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depankelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masingmasing,anggota kelompok lain memberikan tanggapan.

Kegiatan penutup (10 menit)
1.         Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasilpembelajaran
2.         Peserta didik menuliskan contoh dampak aktivitas manusia terhadap lingkunganalam.
3.         Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektifmisalnya: Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
4.         Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu peroleh padapembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kitakalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru.(Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
5.         Guru menyampaikan materi yang akan datang.

G.      Penilaian dan Tindak lanjut
1.  Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh berikut

a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama
Sikap Spritual
Sikap Sosial
Total Nilai
Menghayati Karunia Tuhan
Tanggung Jawab
Kerja Sama
1-4
1-4
1-4













  Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 3
b. Penilaian Pengetahuan
No
Butir Pertanyaan
1
Jelaskan pengertian lingkungan alam!
2
Jelaskan pengertian lingkungan abiotik dan biotik!
3
Jelaskan perbedaan lingkungan alam dengan lingkungan buatan!
4
Berikan contoh yang termasuk lingkungan abiotik!
5
Jelaskan keterkaitan antara lingkungan abiotik dengan biotik!

Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan     = Jumlah nilai yang diperoleh

c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Presentasi
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab
Total Nilai
1-4
1-4
1-4












Keterangan:
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
Nama Peserta Didik
Mengomuni
Kasikan
Mendengar
Kan
Berargumen tasi
Berkontri
busi
Total Nilai
1-4
1-4

1-4














Keterangan :
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b)  Nilai = Jumlah nilai dibagi 3

Mengetahui,
Guru Pamong,




Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002

Banda Aceh,      April 2016
Mahasiswa Praktikan




Eti Suriani
NPM. 1211060029

Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh




Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002







erargumen tasi




Berkontri
busi
Total Nilai
1-4
1-4

1-4














Keterangan :
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b)  Nilai = Jumlah nilai dibagi 3

Mengetahui,
Guru Pamong,




Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002


Banda Aceh,      April 2016
Mahasiswa Praktikan




Eti Suriani
NPM. 1211060029

Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh




Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002





Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)