Skip to main content

RPP IPS KELAS VII / 7 SMP SEMESTER GENAP / II / 2 K13 INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

 

Satuan pendidikan       : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester           : VII/2
Tema                           : Dinamika Interaksi Manusia Dengan Lingkungan
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 40 menit)

A.     Kompetensi Inti 
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.     Kompetensi Dasar
1.1         Menghargai karunia tuhan yang maha Esa yang telah menciptakn waktu dengan segala perubahannnya
2.3         Menunjukkan perilaku santun,peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4         Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya,dan ekonomi
4.3         Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk  dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam sosial,budaya,dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1        Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
2.3.1        Menghargai pendapat teman di dalam dan diluar kelas
2.3.2        Menunjukkan perilaku santun,peduli,dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4.1        Mendeskripsikan pengertian dari dinamika interaksi manusia
3.4.2        Mengidentifikasi dinamika interaksi sosial dengan lingkungan
3.4.3        Mengidentifikasi komponen-komponen dinamika interaksi manusia dengan alam
3.4.4        Menjelasakan tentang dinamikan interaksi manusia dengan lingkungan
3.4.5        Menjelaskan tentang dinamika interaksi manusia dengan alam sekitar
4.3.1        Menyajikan hasil laporan tentang pengertian tentang dinamika interaksi manusia
4.3.2        Mempresentasikan pengertian tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
D.     Materi pembelajaran
1.    Dinamika Interaksi Manusia
2.    Dinamika Interaksi Manusia dengan lingkungan
3.    Komponen lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yakni:
ü  Biotik
ü  Abiotik

                                                                                                                                



E.     Metode pembelajara
Pendekatan                        : Saintifik
Model Pembelajaran          : Cooperative Learning
Metode Pembelajaran         : diskusi dan penugasan
F.      Sumber belajar
·      Ahmat Slamet,Mukminin,Siti Irene Astuti dan Tri Wahyuning,Edisi revisi 2014.Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII . Jakarta Kemendikbud RI
·      Internet
G.    Media belajar
·         Gambar tentang interaksi manusia dengan lingkungan

H.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit)
1.      Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.      Menginformasikan tujuan yang akan di capai selama pembelajaran
3.      Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
4.      Memberi motivasi untuk aktif dalam proses dengan mengajak siswa memperhatikan dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam yang ada di sekitar lingkungan masing-masing
5.      Membagi siswa dalam 5 kelompok masing-masing beranggotakan 4 orang
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.      siswa mengamati gambar pemandangan  interaksi manusian dengan alam salah satu daerah di indonesia
Menanya
2.      Siswa menanyakan tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungannya
   Mengumpulkan data/informasi
3.      Peserta didik membaca buku teks pelajaran /referensi lain yang relevan tentang pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
4.      Peserta didik menelaah tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya dan ekonomi
 Mengasosiasi
5.      Peserta didik melakukan curah pendapat untuk menganalisis komponen dinamika interaksi manusia beberapa jenis sesuai dengan perbedaannya
6.      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan


Mengomunikasikan
7.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depsn kelas yang di wakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing,anggota kelompok lain memberikan tanggapan
Kegiatan penutup (10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasilpembelajaran
2.      Guru bertanya kepada peserta didik Apa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan
3.      Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektifmisalnya : apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
4.       Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu peroleh padapembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kitakalau memperoleh sesuatu yangberharga/baru.(Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
5.       Guru menyampaikan materi yang akan dating

A.       Penilaian dan Tindak lanjut
1.  Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh berikut:
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama
Sikap Spritual
Sikap Sosial
Total Nilai
Menghayati Karunia Tuhan
Tanggung Jawab
Kerja Sama
1-4
1-4
1-4












 Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 3

b. Penilaian Pengetahuan
No
Butir Pertanyaan
1
Jelaskan pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan ?
2
Jelaskan tentang komponen-komponen dinamika interaksi manusia dengan lingkungan?
3
Jelaslakn pengertian lingkungan abiotik ?
4
Jelaskan pengertian lingkungan biotik ?
5
Interaksi manusia dan lingkungan dapat berlangsung dengan dua cara yakni.?
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan      = Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Presentasi
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab
Total Nilai
1-4
1-4
1-4













Keterangan:
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
Nama Peserta Didik
Mengomuni
Kasikan
Mendengar
Kan
Berargumen tasi
Berkontri
busi
Total Nilai
1-4
1-4

1-4














Keterangan :
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b)  Nilai = Jumlah nilai dibagi 3

Mengetahui,
Guru Pamong,




Chairiah, S.Pd
Nip. 195612011985032002


Banda Aceh,      April 2016
Mahasiswa Praktikan




Eti Suriani
NPM. 1211060029

Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh




Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002

Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)