Skip to main content

RPP IPS KELAS VII / 7 SMP SEMESTER GENAP / II / 2 K13 KERAGAMAN BUDAYA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


                                     Satuan Pendidikan   : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
                                     Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
                                     Kelas/Semester         : VII / 2
                                     Tema                        : Keragaman budaya
                                     Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
1.3         Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dengan lingkungannya
2.3         Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4         Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3       Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1        Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai keragaman budaya
1.3.2        Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
2.3.1        Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
4.3.1        Mendeskripsikan keragaman budaya
4.4.1        Mengobservasi dan menyajikan hasil analisis tentang keragaman budaya di lingkungan masyarakat

D.    Materi Pembelajaran
1.      Reguler
·         Faktor utama pembentuk keberagaman kebudayaan
·         Beberapa faktor penyebab perubahan budaya
·         Gambar rumah adat, senjata tradisional dan pakaian tradisional
                                                                                                                                                    
       E.     Sumber belajar, media dan alat
·         Buku tes pelajaran IPS untuk SMP/Mts kelas VII
·         Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·         Gambar tentang keragaman suku budaya

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.      Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik
2.      Memerhatikan cara berpakaian dari orang-orang yang ada di sekitar kita
3.      Menanyakan lagu-lagu daerah yang bisa dinyanyikan
4.      Topik dan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti (10 menit)
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang: Gambar tentang dua anak yang menggunakan pakaian yang berbeda

Menanya
2.      Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan Bagaimana keragaman rumah adat, pakaian adat dan senjata daerah dapat memperkaya budaya bangsa
3.      Bagaiamana keragaman lagu, tarian, dan pertunjukkan kesenian dapat memperkaya budaya bangsa

Mengumpulkan data/informasi
4.      Peserta didik membaca buku teks pelajaran/ referensi yang relevan tentang jenis keragaman budaya.
5.      Peserta didik mencari informasi tentang jenis-jenis keragaman budaya

Mengasosiasi
6.      Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis tentang jenis-jenis keragaman budaya.
7.      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang jenis-jenis keragaman budaya

Mengomunikasikan
8.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
9.      Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas/sekolah, majalah sekolah, atau mengunggahnya di blog masing-masing.

Kegiatan penutup (10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2.      Peserta didik menuliskan contoh jenis-jenis keragaman budaya.
3.      Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari ini menyenangkan
4.      Pengetahuan berharga / baruapa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaima nasebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
5.      Menyampaikan materi yang akan dating

G.    Penilaian dan Tindak lanjut
1.  Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh berikut




a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama
Sikap Spritual
Sikap Sosial
Total Nilai
Menghayati Karunia Tuhan
Tanggung Jawab
Kerja Sama
1-4
1-4
1-4












  Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 3

b. Penilaian Pengetahuan
No
Butir Pertanyaan
1
Mengapa begitu banyak keragaman budaya di Indonesia? Jelaskan tentang hal tersebut !
2
Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya keanekanragaman budaya di Indonesia ?
3
Mengapa kebudayaan daerah merupakan akar kebudayaan nasional ?
4
Bagaimana cara agar keanekaragaman budaya Indonesia dapat meningkatkan kegiatan perekonomian bangsa Indonesia ?
5
Bagaimana sikap kamu terhadap masuknya budaya asing ?
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan     = Jumlah nilai yang diperoleh

c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Presentasi
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab
Total Nilai
1-4
1-4
1-4












Keterangan:
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3

Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
Nama Peserta Didik
Mengomuni
Kasikan
Mendengar
Kan
Berargumen tasi
Berkontri
busi
Total Nilai
1-4
1-4

1-4














Keterangan :
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b)  Nilai = Jumlah nilai dibagi 3

Mengetahui,
Guru Pamong,




Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002


Banda Aceh,      April 2016
Mahasiswa Praktikan




Eti Suriani
NPM. 1211060029

Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh




Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002

Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)