RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 2
Tema : Keragaman suku bangsa
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dengan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku santun,
toleran, dan peduli dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4
Memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C. Indikator pencapaian kompetensi
1.1.1
Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa sebagai keragaman suku bangsa
2.3.1
Menjaga lingkungan
hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
2.3.2
Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
3.4.1
Menjelaskan keragaman suku bangsa
3.4.2
Mengobservasi dan menyajikan
keragaman suku bangsa dilingkungan masyarakat
4.4.1
Menyajikan
hasil laporan tentang keragaman suku bangsa ditinjau dari dari segi lingkungan alam, sosial, budaya, ekonomi dilingkungan
masyarakat Sekitar
D.
Materi
Pembelajaran
·
Ragam Suku Bangsa
E.
Sumber belajar, media dan alat
·
Buku tes pelajaran IPS untuk SMP/Mts kelas VII
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Gambar tentang keragaman suku bangsa
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Salam,
doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2. Mengajak
peserta didik untuk memerhatikan temannya berasal dari suku mana saja
3. Menyampaikan
topik dan tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1. Peserta
didik mengamati gambar-gambar tentang: Gambar tentang dua anak yang menggunakan
pakaian yang berbeda
Menanya
2. Peserta
didik menanyakan atau mempertanyakan Bagaimana keragaman suku bangsa dapat
memperkaya budaya bangsa. Berdasarkan pertanyaan yang teridentifikasi, peserta
didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan
untuk merumuskan jawaban sementara. Pada
saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian
kompetensi dasar.
Mengumpulkan
data/informasi
3.
Peserta didik membaca buku teks
pelajaran/ referensi yang relevan tentang jenis keragaman suku bangsa.
4.
Peserta didik mencari informasi
tentang jenis-jenis keragaman suku bangsa
Mengasosiasi
5. Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis tentang jenis-jenis
keragaman suku bangsa.
6. Peserta
didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang jenis-jenis
keragaman suku bangsa
Mengomunikasikan
7. Peserta
didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh
salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan
tanggapan
8. Peserta
didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas/sekolah,
majalah sekolah, atau mengunggahnya di blog masing-masing.
Kegiatan
penutup (10 menit)
1. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2. Peserta didik menuliskan contoh
jenis-jenis keragaman suku bangsa.
3. Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan?
4. Pengetahuan
berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana
sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban
ditulis di buku catatan peserta didik)
5. Menyampaikan
materi yang akan datang
- Penilaian dan Tindak lanjut
1. Penilaian
Penilaian
dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik
observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan
observasi, seperti tampak pada contoh berikut:
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
|
Menghayati Karunia Tuhan
|
Tanggung Jawab
|
Kerja Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai
yang diperoleh dibagi 3
b. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan faktor yang membedakan suku
bangsa yang satu dengan suku bangsa lainnya di Indonesia!
|
2
|
Jelaskan
pengertian suku bangsa!
|
3
|
Jelaskan bahwa suku bangsa merupakan
asset kekayaan nasional?
|
4
|
Apa yang sebaiknya dilakukan apabila
dalam satu wilayah rukun tetangga terdapat suku bangsa yang berbeda?
|
5
|
Bagaimana sikap kamu terhadap temanmu
dari suku bangsa yang berbeda?
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan
(Presentasi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan:
a) Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3 = Baik
2 = Cukup 4 = Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen tasi
|
Berkontri
busi
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
Keterangan :
a) Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3 = Baik
2 = Cukup 4 = Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru
Pamong,
Chairiah,
S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002
|
Banda
Aceh, April 2016
Mahasiswa
Praktikan
Eti
Suriani
NPM.
1211060029
|
|
Menyetujui
Kepala
SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra.
Sawiyah
NIP.
196008001 198302 2 002
|
Comments
Post a Comment