RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester :
VIII /2
Materi
Pokok :
Teks Naratif
Alokasi
Waktu :
16 JP
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
|
1.1.1. Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan selama pembelajaran.
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1.
Menunjukkan sikap
sungguh-sungguh dalam belajar
dan berperilaku santun dan peduli dalam dalam belajar komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
|
3.14. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
naratif berbentuk fabel, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
3.14.1.
Memahami fungsi sosial dalam teks naratif fabel pendek dan sederhana sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.14.2.
Mengidentifikasi sifat / karakteristik tokoh
dalam fabel pendek dan sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14.3.
Memahami
struktur teks naratif fabel pendek dan sederhana sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.14.4.
Memahami
unsur kebahasaan teks naratif fabel
sangat pendek dan sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.18. Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis,
berbentuk fabel pendek dan sederhana penggunaannya
|
4.18.1.
Menceritakan
kembali teks naratif fabel lisan dan tulis pendek dan
sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
|
C.
Materi Pembelajaran
A
narrative is a text in which a story is told. The story is usually fiction
(imaginary), although it may be based on actual events (partially factual).
Purpose:
To
entertain, amuse , teach or inform the
reader.
All
of the following texts can be narratives:
¨
novels
¨
short stories, fables ,
fairy tales, folk tales and legends.
¨
Most picture books.
Different types of
narrative genre
Types:
· Adventure
– they can be improved by using suspense and character development.
· Fantasy
– fantasies contain at least some events
that could not ‘really’ happen or characters that could not ‘really’ exist.
· Mystery
· Science
fiction.
· horror stories
· adventure stories
· fables, myths and legends
· historical narratives
· ballads
Text Organisation
A
typical narrative structure includes an orientation, a sequence of events, a
complication and a resolution.
· The
orientation
gives the background / setting of the storyline and introduces the characters.
· The
narrative outlines a sequence of events.
· A
complication
such as a disruption / problem / change, affects the sequence of events. The
complication must be resolved by one or more of the characters.
· When
the problem
is solved, or the main character accepts a change in circumstances,
this is the resolution of the narrative.
Grammar
Narratives
are:
· Often
written in the past tense.
· May
be written in either first person (I, we) or third person (he,
she, they)
Strong nouns
have more specific meanings, eg. oak as opposed to tree.
‘It was raining’ could become:
Rain splashed down or
‘There was a large cabinet in the
lounge’ could become:
‘
A large
cabinet seemed to fill the lounge.’
· Action verbs provide interest to the writing.
For example, instead of:
“The
old woman was in his way” - try
“The old woman barred his path.”
Instead of “She laughed,” try, “She cackled.”
· Adjectives
and adverbs are used to create ‘word
pictures’ describing actions, characters and settings;
· Conjunctions
such as when, then and meanwhile are used to
sequence events.
· The
characters thoughts and feelings are described using verbs and adjectives.
· Paragraphs
are used when natural breaks occur in the story. This may be when the setting or time
changes. A new paragraph must also be taken to show direct speech.
Example of Fable
Once upon a time, there lived a bear and a rabbit. The rabbit was a good shot. On the contrary, the bear was always clumsy and could not use the arrow to shoot
.
One day, the bear called over the rabbit and asked the rabbit to take his bow and arrows. Because he was afraid to arouse the bear's anger, he did not refuse the challenge. He went with the bear and shot buffaloes. He shot and killed so many that there were lots of meats left after.
However the bear did not make the rabbit get any of the meat. Even he could not taste it. The poor rabbit went home hungrily after a day of hard work.
Fortunately, the youngest child of the bear was very kind to the rabbit. His mother bear always gave him an extra large piece of meat but he did not eat it all. He took some outside with him and pretended to play ball with the meat. He kicked the ball of meat toward the rabbit's house. The meat flew into the rabbit's house. In this way, the hungry rabbit got his meal.
D.
Metode Pembelajaran:
Pendekatan :
Scientific Learning
Model :
Project based learning
Strategi :
Role Play
E.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN:
-
Media : Video
-
Alat : Gambar
-
Sumber
Belajar : Buku paket When English Rings a Bell kelas 8
F.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
1. Pendahuluan (10 Menit)
a.
Mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran
d.
Menginformasikan
garis besar kegiatan yang akan di lakukan.
2. Inti (60 Menit)
a.
Mengamati / Observing
·
Peserta didik menonton tayangan video fabel mousedeer and crocodile dan crow and fox
·
Peserta Didik menemukan informasi rinci dalam video
·
Menirukan
kata kata penting dengan pengucapan dan intonasi yang benar
|
b.
Mempertanyakan / Questioning
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar 2 fabel, dalam
berbagai konteks
·
Guru Mengarahkan dengan
pertanyaan :
·
What
is the characteristic of mousedeer ? ….. crocodile ?
Is he smart?
·
Melengkapi
list tentang cerita fable yang pernah mereka baca atau lihat , tokoh dan
ending cerita
·
Tukar daftar list dengan teman ,.
·
Membuat pertanyaan berdasar list
diatas, kepada teman yang mempunyai list
·
Siswa membaca pertanyaan tersebut
|
3. Penutup
a.
Guru dan siswa membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Pendahuluan (10 Menit)
a.
Mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran
d.
Menginformasikan
garis besar kegiatan yang akan di lakukan.
2.
Inti (60 Menit)
a.
Menalar /Experimenting (session 1)
· Siswa membaca teks mousedeer and crocodile dengan
nyaring.
· Menjawab pertanyaan bacaan
·
In
pairs siswa menjodohkan kata – kata
penting dengan definisinya
·
Siswa
membuat kalimat dari kata – kata penting dari latihan sebelumnya
|
3. Penutup (10 Menit)
a.
Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Pertemuan
3
1. Pendahuluan (10 Menit)
a.
Mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran
d.
Menginformasikan
garis besar kegiatan yang akan di lakukan.
2.
Inti (60 Menit)
a.
Menalar /Experimenting
(session 2)
·
Membaca
nyaring teks crow and fox
·
Melengkapi
paragraph rumpang
·
Menemukan
kata sulit
·
Membuat
kalimat dari kata sulit
·
Menyusun
paragraph berdasar series of pictures
|
3. Penutup (10 Menit)
a.
Guru dan siswa membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Pertemuan
4
1. Pendahuluan (10 Menit)
a.
Mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran
d.
Menginformasikan
garis besar kegiatan yang akan di lakukan.
2.
Inti (60 Menit)
a.
Menalar /Experimenting (session 3)
·
Mendengarkan
cerita a Wolf in Sheep Clothing
·
One by
one repeat after the teacher
·
Menemukan
kata sulit
·
Menyusun
paragraph berdasar series of pictures
·
Menceritakan
cerita kembali
|
3. Penutup
a.
Guru dan siswa membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
Pertemuan
5
1. Pendahuluan (10 Menit)
a. Mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran
d.
Menginformasikan
garis besar kegiatan yang akan di lakukan.
2.
Inti (60 Menit)
Asosiasi
/ assosiating
· Diberikan teks fabel lain ; crow and fox
· Dalam kerja kelompok terbimbing siswa
menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa serta pesan moral
yang terdapat dalam teks crow and fox
· Siswa menanyakan balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang setiap
yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
· Siswa menyimpulkan hasil analisinya terkait
Fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks
naratif berbentuk fabel
|
3. Penutup (10 Menit)
a.
Guru dan siswa membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
Pertemuan
6
1. Pendahuluan (10 Menit)
a.
Mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran
b.
Menginformasikan
garis besar kegiatan yang akan di lakukan.
2.
Inti (60 Menit)
Mengomunikasikan
/ communicating
·
Siswa membacakan cerita fabel yang lain dengan
ucapan, intonasi dan ekspresi dan performan yang bak
·
Guru
memberikan apresiasi atas performance
·
Siswa menulis jurnal untuk mengungkapkan pengalaman
yang mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal
yang sulit dan mudah dipelajari
dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
|
3. Penutup (10 Menit)
a.
Guru dan siswa membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
G.
SUMBER BELAJAR
Buku Tactical Steps grade 7
Sumber
Internet: Http:gambar tokoh
H.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Sikap
Perilaku
tanggung jawab dan, kerjasama dalam melaksanakan tugas
b.
Kinerja (Pengetahuan dan Ketrampilan)
Melakukan
monolog tentang deskripsi orang, di depan kelas.
I.
Lampiran-Lampiran:
1.
Rubrik
a. Aspek Sikap
Aspek
|
Skor
|
|||
50
|
40
|
30
|
20
|
|
Tanggung jawab
|
Semua tugas diselesaikan tepat waktu
|
Kurang 1 dari 5
tugas tidak selesai
|
Kurang 2-3 tugas tidak selesai
|
Lebih dari 3 tugas tidak selesai
|
Kerjasama
|
Tugas 3 dan 4 diselesaikan melalui kerjasama dengan
sempurna
|
Tugas 3 dan 4 diselesaikan tetapi kurang sempurna
|
Hanya Tugas 3 atau 4 yang diselesaikan dengan
kerjasama
|
Tugas 3 dan 4 tidak diselesaikan dengan kerjasama
|
b. Aspek Pengetahuan
Aspek
|
skor
|
|||
50
|
40
|
30
|
20
|
|
Penguasaan Kosa Kata
|
Semua Target kosa kata terkuasai
|
1-2 Kosa Kata tidak terkuasai
|
3-5 Kosa Kata Tidak terkuasai
|
Lebih dari 5 Kata tidak terkuasai
|
Grammar
|
Semua Kalimat benar secara gramatikal
|
1-2 kalimat salah
|
3 -5
kalimat salah
|
Lebih dari 5 kalimat salah
|
c.
Aspek Ketrampilan
Aspek
|
skor
|
|||
25
|
20
|
15
|
10
|
|
Content
|
Mendeskripsikan orang menggunakan lebih dari 6
kalimat secara benar
|
Mendeskripsikan orang menggunakan 5-6 kalimat secara
benar
|
Mendeskripsikan orang menggunakan 3-4 kalimat secara
benar
|
Mendeskripsikan orang menggunakan kurang dari 3
kalimat secara benar
|
Pronunciation
|
Semua kalimat diucapkan secara benar
|
5-6 kalimat diucapkan secara benar
|
3-4 kalimat diucapkan secara benar
|
Kurang kalimat diucapkan secara benar
|
Fluency
|
Semua kalimat seperti penutur asli
|
1-2 kalimat diucapkan tidak seperti penutur asli
|
3-4 kalimat diucapkan tidak seperti penutur asli
|
Kurang dari 3 diucapkan tidak seperti penutur asli
|
Intonation
|
Semua kalimat diucapkan dengan intonasi secara benar
|
5-6 kalimat diucapkan dengan intonasi secara benar
|
3-4 kalimat diucapkan dengan intonasi secara benar
|
Kurang dari 3 kalimat diucapkan dengan intonasi
secara benar
|
Banda
Aceh, 28 Mei 2016
Guru Pamong Guru
Praktikan
Rina Diana S.Pd.1 T.
Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014 NPM.
1111080034
Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
Nip.
1960080011983022002
Comments
Post a Comment