RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama satuan
pendidikan : SMP Kartika XIV – 1 Banda Aceh
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/GENAP
Materi pokok :
Texts lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/
kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau
Alokasi waktu : 8 x 40 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. KI 2 : Menghargai,
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya
terkait penomena dan kejadian yang tampak
mata).
4. KI
4 : Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori).
B. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1.
Menunjukkan perilaku syukur dalam mengikuti proses pembelajaran
1.1.2.
Menunjukkan perilaku belajar dengan penuh semangat
|
2.
|
2.1.
Menunjukan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
|
2.1.1. Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi antar
pribadi dengan teman dan guru.
2.1.2.
Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi antar pribadi dengan
teman dan guru
|
3.
|
2.2.
Menunjukan jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
|
2.2.1.
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam mengiku6ti proses pembelajaran
2.2.2. Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam berinteraksi
dengan teman dan guru
|
4.
|
2.3.
Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
2.3.1.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam melakukan komunikasi fungsional
2.3.2.
Menunjukkan perilaku peduli dalam melaksanakan komunikasi fungsional
2.3.3.
Menunjukkan perilaku kerjasama dalam melaksanakan komunikasi fungsional
2.3.4.
Menunjukkan perilaku cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
|
5.
|
3.11. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (simple
past tense)
|
3.11.1. Mengidentifikasikan
struktur texts tentang kejadian masa lampau
3.11.2. Menjelaskan
fungsi social kejadian yang terjadi di masa lampau
3.11.3. Mengucapkan teks tentang kejadian yang terjadi di masa
lampau.
|
6.
|
4.13.
Menyusun teks lisan dan tulis,
pendek dan sederhana,tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, dengan
memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
4.13.1. Menulis
teks pendek dan sederhana,tentang
kegiatan, kejadian, dan peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
C.
Materi pembelajaran
1.
Materi Reguler
a.
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau
b.
Fungsi sosial
·
Menyatakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/ terjadi di waktu lampau
·
Untuk menjaga hubungan interpersonal
dengan guru dan teman
c.
Struktur teks
What did you do after school yesterday?
My brother and I went fishing in the
river.; Who opened the box? Yusuf did; She got an accident. She was riding on her motorcycle and hit the lamp
post,.dan
semacamnya.
d.
Unsur
kebahasaan
˗
Kata kerja dalam Simple Past Tense, Past
Continuous Tense
˗
Kata sambung: when, while,
after, before, dll.
˗
Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
˗
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
˗
Ejaan dan tanda baca
˗
Tulisan tangan.
e.
Topik
Kegiatan dan
tindakan yang terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan
kehidupan siswa sebagai pelajar dan
remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab.
2. Materi
Remedial
Unsur
Kebahasaan:
Tata bahasa
Past Tense
Kalimat nominal
Kalimat Affirmatif
S + was/were + adj/adverb/noun + …
Kalimat Negatif
S + was/were + not +
adj/adverb/noun + …
Kalimat Interogatif/pertanyaan
Was/were + S adj/adverb/noun + …?
|
Example:
1.
(+)
Mr. Mustofa was sick yesterday.
(-)
Mr. Mustofa was not sick yesterday.
(?)
Was Mr. Mustofa sick yesterday? Yes, he is. No. He is
not(isn’t)
2.
(+) They were angry.
(-)
They were not angry.
(?)
Were they angry? Yes, they were. No, they were not (weren’t)
Kalimat Verbal
Kalimat Affirmatif
S + V2 + O + adv + …
Kalimat Negatif
S + did not(din’t) + V1 + O + adj
+ …
Kalimat Interogatif/pertanyaan
Did + S + V1 + O + adv + …
|
Keterangan :
S
: Subject
V2
: Kata kerja bentuk kedua(past)
V1
: Kata kerja bentuk pertama(infinitive)
O
: Objek
Adj : Adjective(kata sifat)
Adv : Adverb(Kata Keterangan)
Example:
1.
(+)
Mrs. Hani went to Ujung Negoro Beach last week.
(-)
Mrs. Hani didn’t go to Ujung Negoro Beach last week.
(?) Did Mrs. Hani go to Ujung Negoro Beash last week? Yes, she
did. No, she did not (didn’t).
2.
(+)
They studied English last night.
(-)
They didn’t study English last night.
(?)
Did they study English last night? Yes, They did. No they
did not
3.
Materi Pengayaan
Teks tulis dan lisan yang menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang terjadi
pada masa lampau dengan menggunakan bentuk
pendek (contractions) dan penambahan
kosakata baru yang berkaitan.
When and While
a)
When
-
When she cooked fried rice, her neighbours came
-
He was young, when his father sick.
b)
While
-
While I was
studying in the library, someone greeted me
-
While my brother
was sleeping at home, I was playing outside
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media :
Karton, Buku
2. Alat :
Laptop, Buku Paket
3.
Sumber Belajar : Suara Guru, Buku paket dan buku yang relevan.
E.
Langkah-langkah pembelajaran
1.
Pertemuan I
Kegiatan Pendahuluan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses
pembelajaran seperti memberi salam, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
|
Peserta didik bersiap untuk mengikuti pelajaran
|
10 Menit
|
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
|
|
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya terkait dengan materi yang akan dipelajari:
|
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
|
|
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di
jelaskan oleh guru
|
|
Mengamati dan Menanya
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru meminta peserta didik untuk memahami instruksi serta guru
memperlihatkan karton yang berisikan kata-kata dalam bentuk masa lampau
|
Peserta didik memahami instruksi serta
memperhatikan apa yang diperlihatkan oleh guru
|
30 Menit
|
Guru meminta peserta didik untuk mengulangi ucapan guru pada saat guru
membaca kata-kata yang ada di dalam karton tersebut
|
Peserta didik mengulangi ucapan guru dengan baik dan benar
|
|
Guru memilih peserta didik secara acak satu persatu dan memerintahkan
peserta didik tersebut untuk membaca satu persatu kata-kata yang ada di dalam
karton tersebut tersebut
|
Peserta mendengarkan dan memahami instruksi dari guru, dan membaca
kata-kata yang ada di dalam karton tersebut
|
|
Mengumpulkan Informasi
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru memerintahkan peserta didik
untuk mencatat apa yang ada di papan tulis, termasuk kata-kata yang ada di
dalam karton tersebut.
|
Peserta didik memahami instruksi dari guru
dan mencatat apa yang ada di papan tulis dan juga untuk dipelajari lagi
|
30 Menit
|
Guru Meminta masing-masing peserta didik untuk membuat kalimat
berdasarkan kata-kata yang terdapat dalam karton tersebut
|
Peserta didik membuat kalimat dalam bentuk
masa lampau berdasarkan dari kata-kata yang ada di dalam karton tersebut
|
|
Penutup
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
|
Peserta didik mendengar serta menyimpulkan pelajaran
yang telah mereka pelajari
|
10 Menit
|
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar serta mengerjakan instruksi
yang di berikan oleh guru.
|
|
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya
|
2.
Pertemuan II
Kegiatan Pendahuluan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
|
10 Menit
|
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya terkait dengan materi yang akan dipelajari.
|
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di
jelaskan oleh guru
|
|
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di
jelaskan oleh guru
|
|
Mengamati dan Menanya
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru meminta peserta didik untuk memahami instruksi serta guru
memperlihatkan kartu yang berisikan kata-kata kepada peserta didik
|
Peserta didik memahami instruksi serta
memperhatikan apa yang diperlihatkan oleh guru
|
30 Menit
|
Guru meminta peserta didik untuk mengulangi ucapan guru pada saat guru
membaca kata-kata yang ada di dalam kartu tersebut
|
Peserta didik mengulangi ucapan guru dengan baik dan benar
|
|
Guru memberikan kartu kata-kata tersebut kepada peserta didik serta
memperintahkan masing-masing peserta didik untuk mencari arti dari kata-kata
yang terdapat dalam kartu tersebut
|
Peserta didik belajar mengenai kata-kata yang ada didalam kartu, serta mencari makna
dengan menggunakan kamus
|
|
Mengumpulkan Informasi
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru membagikan kartu dan meminta masing-masing
peserta didik untuk membaca dengan suara lantang dan membaca arti dari
kata-kata yang ada didalam kartu tersebut
|
Peserta didik membaca dan memahami
instruksi kegiatan yang diberikan oleh guru.
|
30 Menit
|
Guru Meminta masing-masing peserta didik untuk membuat kalimat
berdasarkan kata-kata yang terdapat dari kartu tersebut
|
Peserta didik menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau menggunakan Bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur
|
|
Penutup
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
|
Peserte didik mendengar serta menyimpulkan
pelajaran yang telah mereka pelajari
|
10 Menit
|
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar serta mengerjakan
instruksi yang di berikan oleh guru.
|
|
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya
|
3.
Pertemuan III
Kegiatan Pendahuluan
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses
pembelajaran seperti memberi salam, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
|
Peserta didik bersiap untuk mengikuti pelajaran
|
10 Menit
|
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
|
|
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya terkait dengan materi yang akan dipelajari:
|
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
|
|
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di
jelaskan oleh guru
|
|
Mengumpulkan Informasi
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru meminta peserta didik untuk menyusun kelompok belajar berdasarkan
jumlah siswa yang ada
|
Peserta didik memahami instruksi dari guru
serta membentuk kelompok belajar
|
30 Menit
|
Guru membagikan teks tentang kejadian pada masa lampau kepada
masing-masing kelompok belajar untuk membaca dan memahami teks tentang
kejadian pada masa lampau tersebut
|
Peserta didik secara berkelompok memahami instruksi dari guru serta
membaca dan memahami teks tentang kejadian pada masa lampau yang diberikan
oleh guru
|
|
Guru menginstruksikan satu persatu ketua kelompok untuk membaca dan
meminta kelompok belajar lain untuk mendengarkan
|
Peserta didik memahami dan mendengarkan instruksi dari guru serta bersiap
secara berkelompok untuk membacakan teks tentang kejadian pada masa lampau
dengan baik dan benar
|
|
Mengasosiasi
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru meminta peserta didik untuk
memahami teks tentang kejadian pada masa lampau serta membacakan arti dari
teks tentang kejadian pada masa lampau tersebut
|
Peserta didik membaca dan memahami teks
tentang kejadian pada masa lampau serta membacakan arti dari teks tentang
kejadian pada masa lampau
|
30 Menit
|
Guru meminta peserta didik untuk mencatat dan memahami arti dari teks
kejadian masa lampau tersebut
|
Peserta didik memahami instruksi dari guru
serta menulis arti atau makna penuh dari teks tentang kejadian masa lampau
tersebut
|
|
Penutup
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
|
Peserte didik mendengar serta menyimpulkan
pelajaran yang telah mereka pelajari
|
10 Menit
|
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar serta mengerjakan
instruksi yang di berikan oleh guru.
|
|
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya
|
4.
Pertemuan IV
Kegiatan Pendahuluan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses
pembelajaran seperti memberi salam, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
|
Peserta didik bersiap untuk mengikuti pelajaran
|
10 Menit
|
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
|
|
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya terkait dengan materi yang akan dipelajari:
|
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
|
|
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di
jelaskan oleh guru
|
|
Mengumpulkan Informasi
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan dan memahami instruksi
dari guru tentang teks kejadian masa lampau
|
Peserta didik memperhatikan dan memahami
instruksi dari guru tentang teks kejadian masa lampau
|
30 Menit
|
Guru meminta peserta didik untuk mengulangi ucapan kalimat teks kejadian
masa lampau dengan baik dan benar
|
Peserta didik mendengarkan guru dan
mengulangi ucapan kalimat teks kejadian masa lampau dengan baik dan benar
|
|
Guru meminta peserta didik untuk
memahami instruksi dan membuat 4 kelompok
|
Peserta didik memahami instruksi dari guru
serta membuat 4 kelompok belajar
|
|
Guru membagikan tugas untuk masing-masing kelompok tentang teks kejadian
masa lampau dan meminta peserta didik untuk memahami instruksi dari guru
|
Peserta didik memahami instruksi dari guru
tentang teks kejadian masa lampau
|
|
Guru meminta masing-masing kelompok untuk menulis pernyataan tentang teks
kejadian masa lampau
|
Peserta didik dari masing-masing kelompok
menulis pernyataan tentang teks kejadian masa lampau
|
|
Mengasosiasikan
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru meminta peserta didik dari
masing-masing kelompok untuk membacakan teks kejadian masa lampau dengan baik
dan benar
|
Peserta didik dari masing-masing kelompok
membacakan teks tentang kejadian masa lampau dengan baik dan benar
|
30 Menit
|
Guru meminta peserta didik untuk
mempresentasikan hasil kerja kelompok peserta didik
|
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok di hadapan peserta didik dari kelompok lainnya
|
|
Guru meminta peserta didik untuk mencatat
teks tentang kejadian masa lampau
|
Peserta didik mencatat atau menulis teks
tentang kejadian masa lampau
|
|
Penutup
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
|
Peserte didik mendengar serta menyimpulkan
pelajaran yang telah mereka pelajari
|
10 Menit
|
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar serta mengerjakan
instruksi yang di berikan oleh guru.
|
|
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya
|
5.
Pertemuan V
Kegiatan Pendahuluan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses
pembelajaran seperti memberi salam, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
|
Peserta didik bersiap untuk mengikuti pelajaran
|
10 Menit
|
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar motivasi yang diberikan oleh guru
|
|
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya terkait dengan materi yang akan dipelajari:
|
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi sebelumnya
|
|
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
Peserta didik mendengar penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang di
jelaskan oleh guru
|
|
Mengumpulkan Informasi
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan dan memahami tentang
materi pembelajaran yang akan dipelajari yaitu tentang kejadian masa lampau
dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi
|
Peserta didik memperhatikan dan memahami
instruksi dari guru tentang teks kejadian masa lampau
|
30 Menit
|
Guru meminta peserta didik untuk mengulangi ucapan kalimat teks kejadian
masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi dengan baik dan
benar
|
Peserta didik mendengarkan guru dan
mengulangi ucapan kalimat teks kejadian masa lampau dengan baik dan benar
|
|
Guru meminta peserta didik untuk mencatat dan memahami tentang teks
kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi
|
Peserta didik dari masing-masing kelompok
menulis pernyataan tentang teks kejadian masa lampau
|
|
Mengasosiasikan
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru meminta masing-masing peserta didik
untuk membacakan teks kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang
sedang terjadi dengan baik dan benar
|
Masing-masing peserta didik membacakan teks
tentang kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi
dengan baik dan benar
|
30 Menit
|
Guru meminta peserta didik untuk membuat
dan menulis teks kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang
terjadi dengan baik dan benar
|
Peserta didik menulis dan membuat teks
kejadian masa lampau dan kejadian masa lampau yang sedang terjadi dengan baik
dan benar
|
|
Penutup
|
||
Guru
|
Peserta Didik
|
|
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
|
Peserte didik mendengar serta menyimpulkan
pelajaran yang telah mereka pelajari
|
10 Menit
|
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
untuk membaca melalui internet/ perpustakaan berbagai deskripsi tentang
pengalaman masa lalu.
|
Peserta didik mendengar serta mengerjakan
instruksi yang di berikan oleh guru.
|
|
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
|
Peserta didik mendengar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya
|
F.
Penilaian hasil pembelajaran
·
Jenis/instrumen/rubrik
Kinerja
(praktik)
a. Melakukan
monolog tentang pengalaman masa lalu di depan kelas / berpasangan dengan
kreteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan dalam bentuk lampau (simple past tense)
b. Melaksakan
Kegiatan saintifik (5
M)
Aspek
Kegiatan
|
SIKAP/
PERILAKU
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
(Peserta didik
membaca/ mendengarkan beberapa teks)
|
Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks recount.
|
a.
Where
were your brothers a few minutes
ago?
They
were at home.
b.
What
did you do after school yesterday?
I
took a rest.
c.
Where
did they spend their last holiday?
|
MENANYA
|
Peduli
Tanggungjawab
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif
|
Keterampilan
bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan serta isi teks deskripsi tentang tempat wisata
(penggunaan bahasa yang tepat,
efektif, dan efisien)
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan tentang pengalaman masa lalu
|
· Melakukan
monolog
· Menyunting
· Menulis
teks tentang masa lalu
|
MENGASOSIASI
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan tentang teks pengalaman masa lalu
|
Menalar
dan membandingkan pengalaman masa lalu.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Peduli
Tanggungjawab
Kerja sama
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks
|
· Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks yang berisi tentang
pengalaman masa lalu.
· Mendemonstrasikan
keterampilan memaparkan pengalaman masa lalu.
|
Banda
Aceh, 28 Maret 2016
Guru Pamong Guru
Praktik
Rina Diana S.Pd T. Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014 NPM.
1111080034
Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
Nip.
195603141979031008
Comments
Post a Comment