RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Kartika XIV-I Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : VIII/ Genap
Materi Pokok : Sistem Ekskresi
Alokasi
Watu : 10 x 40 JP
A.
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungj awab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI
4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar :
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
3.9 menjelaskan struktur dan fungsi sistem
ekresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga
kesehatan diri
4.9 membuat
peta pikiran (mapping mind ) tentang struktur dan fungsi sistem ekresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga
kesehatan diri
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menyebutkan
organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
2. Mendeskripsikan
fungsi sistem ekskresi.
3. Menjelaskan
hubungan struktur dan fungsi pada organ ginjal
4. Menjelaskan
hubungan struktur dan fungsi pada organ paru-paru
5. Menjelaskan
hubungan struktur dan fungsi pada organ hati
6. Menjelaskan
hubungan struktur dan fungsi pada organ kulit
7. Mengidentifikasi
kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi
8. Menyebutkan
berbagai pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi
9. Membuat
peta pikiran yang menunjukkan hubungan struktur dan fungsi sistem ekskresi pada
manusia
10. Menyusun
rencana pola hidup yang harus kita lakukan untuk menjaga sistem ekskresi
D.
Materi
Pembelajaran :
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
1. Struktur
dan fungsi sistem eksresi pada manusia
·
Ginjal
·
Kulit
·
Paru-paru
·
Hati
2. Gangguan
pada sistem eksresi manusia
3. Pola
hidup sehat untuk menjaga sistem eksresi
2.
Meteri
Pembelajaran Remedial
1.
Sistem Respirasi
3.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
1. Menganalisis
struktur dan fungsi ekresi pada manusia
2. Percobaan
gangguan pada sistem ekskresi manusia
(uji urin)
3. dalam menyusun
aktivitas yang dapat menjaga kondisi kesehatan pada sistem ekskresi.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama ( 2 x JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama
·
Guru memberikan motivasi dengan menanyakan apa yang diketahui
mengenai sistem ekskresi.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
Inti
1. Mengamati
·
Guru memperlihatkan kepada siswa peta konsep mengenai
materi sistem ekskresi dan menjelaskan organ ekskresi melalui media yang digunakan secara singkat.
2.
Menanya
·
Siswa menanyakan kepada guru mengenai peta konsep dan
organ ekskresi.
3.
Mengumpulkan Data
·
Siswa megerjakan LKPD mengenai sistem ekskresi.
4.
Mengasosiasi
·
Siswa mengaitkan penyampaian guru dengan LKPD.
5.
Mengkomunikasikan
·
Siswa saling memberikan pendapat dan tanggapan
tentang ekskresi dan sistem ekskresi berdasarkan informasi yang telah
didapatkan.
c. Kegiatan Penutup
·
Siswa membuat
kesimpulan dibimbing oleh guru.
·
Seluruh siswa mengerjakan kuis yang diberikan guru. Pada saat menjawab kuis siswa tidak boleh saling membantu melakukan refleksi.
·
Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
2. Pertemuan kedua (3 x
40 JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa
·
Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·
Guru melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 2 tentang
bagaimana pembentukan urin dengan materi yang akan dipelajari,
·
Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yaitu
mekanisme
pengeluaran keringat dan melakukan percobaan
sederhana mengenai zat
yang dikeluarkan dari proses bernapas
b. Kegiatan Inti
1. Mengamati
·
Peserta didik mengamati modelyang dilakukan oleh guru, mengenai zat
yang dikeluarkan pada sistem pernapasan
·
Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan menganalisis
mekanisme pengeluaran keringat, pada saat tubuh mengeluarkan urin dan
mengeluarkan keringat.
2. Menanya
·
Mengapa ketika dimusim dingin kita akan sering buang air kecil,
sangat berbeda dengan ketika kamu pada suhu panas ?
·
Apakah mekanisme ini mempengaruhi produksi urin dalam tubuh?
3. Mengumpulkan Data
·
Secara keompok peserta didik melakukan percobaan sederhana tentang mekanisme
pengeluaran keringat dan mengenai zat
yang dikeluarkan dari proses
bernapas
4. Mengasosiasikan
·
Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan dan membuat hasil
laporan yang mereka dapatkan
5. Mengkomonikasikan
·
Tiap kelompok mendiskusikan hasil kelompoknya masing-masing
·
Slah satu dari keompok memintak memberi pendapat atau bertanya atas
persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan
c. Kegiatan Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan.
·
Guru menugaskan siswa untuk membaca materi
selanjutnya.
3. Pertemuan ketiga (2
JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa
·
Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·
Guru menginformasikan pada peserta didik kegiatan pada hari ini
adalah
melakukan
uji urin untuk mengetahui gangguan dalam sistem ekskresi
Guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan penyakit diabetes melitus yang diderita
orang disekitar mereka
b. Kegiatan Inti
1. Mengamati
·
Guru membimbing peserta didik dalam melakukan percobaan uji urin
2.
Menanya
·
Guru bertanya kepada peserta didik apa penyebab terjadinya penyakit
kencing manis ?
3.
Mengumpulkan Data
·
Guru membagi siswa dalam kelompok (setiap kelompok 5 orang siswa)
·
Secara kelompok peserta didik dimintak untuk melakukan kegiatan
mengenai hasil uji urin.
·
Siswa mencari pemecahan masalah yang mereka temukan berdasarkan
pengamatan dan mencatat percobaan yang ada pada kolom
4.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik secara berkelompok peserta didik berdiskusi menjawab
pertanyaan mengenai hasil pengujian urin, dan memperkirakan penyebab dan
kerusakan organ.
5.
Mengkomonikasikan
·
Siswa secara bergiliran atau diacak menyampaikan hasil diskusi
dengan anggota kelompoknya, sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil
diskusinya.
·
Guru mengulangi atau menjelaskan kembali materi yang sekiranya
belum dipahami siswa.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru memberi penguatan kepada kelompok dari hasil diskusi dan
memberikan penghargaan kepada kelompok yang kinerjanya bagus.
·
Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
·
Guru memberikan kuis.
·
Guru menugaskan siswa untuk membaca materi
selanjutnya.
4. Pertemuan keempat (3
x 40 JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·
Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru yang terkait materi
yang lalu
·
Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan adalah menyusun kegiatan yang harus dilakukan
untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi
b. Kegiatan Inti
1.
Mengamati
·
Guru membimbing peserta didik dalam menyusun aktivitas yang dapat
menjaga kondisi kesehatan pada sistem ekskresi.
2.
Menanya
·
Siswa bertanya hal-hal yang tidak dimengerti mengenai penyampaian
guru
3.
Mengumpulkan data
·
Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan berdiskusi
pola/aktivitas sehari-hari yang akan menjaga kesehatan pada sistem ekskresi.
4.
Mengasosiasikan
·
Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan dan mencatat hasil dari
diskusi kelompok yang mereka dapatkan
5.
Mengkomonikasikan
·
Peserta didik diminta untuk mempresentasikan berbagai aktivitas
yang
dirancang yang dapat
menjaga sistem ekskresi manusia
c. Kegiatan Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan
·
Guru menugaskan peserta didik belajar menghadapi tes pada pertemuan
berikutnya.
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan
Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Pilihan Ganda,
Memasangkan, dan Uraian
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji Petik Kerja
dan Rubrik
|
2. Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
mengagumi sistem ekskresi pada manusia ciptaan Tuhan
|
||||
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
||||
3
|
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar
dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
Rubrik
Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
sistem ekskresi pada manusia
sebagai makhluk
ciptaan Tuhan
|
3: menunjukkan ekspresi kekaguman bahwamanusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan
dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi
kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat bahwa manusia makhluk ciptaan Tuhan.
1: belum
menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat bahwa manusia ciptaan Tuhan, atau
ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias,
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu
antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil
terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas,
namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
Catatan: Deskripsi
sikap ini (bersama sikap dari matapelajaran lain) digunakan untuk menentukan
profil siswa.
b. Penilaian
Pemahaman Konsep
1) Pilihan Ganda (IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIII Erlangga, halaman 268-270)
2) Memasangkan (IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIIII Erlangga, halaman 270)
3) Uraian (IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIII Erlangga halaman 270)
Rubrik
Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
A. Bentuk Soal Pilihan Ganda
1. Jumlah soal =
10 butir soal
2. Bobot tiap soal = 2
3. Skor Ideal =
10 x 2 =20
B. Bentuk Soal
Memasangkan
1. Jumlah soal =
10 butir soal
2. Bobot tiap soal = 3
3. Skor Ideal =
10 x 3 = 30
A.
Bentuk Soal Uraian
1. Jumlah soal =
5 butir soal
2. Bobot soal =
lihat tabel
3. Skor Ideal = 50
4. Tabel Penskoran
No
Soal
|
Hasil Pengerjaan soal
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
a. Dijawab
lengkap dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab sebagian
besar benar
|
6
|
||
c. Dijawab sebagian
kecil benar
|
3
|
||
d. Tak ada jawaban
|
0
|
||
2
|
a. Dijawab lengkap dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab sebagian besar benar
|
6
|
||
c. Dijawab sebagian kecil benar
|
3
|
||
d. Tak ada jawaban
|
0
|
||
3
|
a. Dijawab lengkap dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab sebagian besar benar
|
6
|
||
c. Dijawab sebagian kecil benar
|
3
|
||
d. Tak ada jawaban
|
0
|
||
4
|
a.
Dijawab lengkap dan benar
|
10
|
10
|
b.
Dijawab sebagian besar benar
|
6
|
||
c.
Dijawab sebagian kecil benar
|
3
|
||
d.
Tak ada jawaban
|
0
|
||
5
|
a. Dijawab lengkap dan benar
|
10
|
10
|
b. Dijawab sebagian besar benar
|
6
|
||
c. Dijawab sebagian kecil benar
|
3
|
||
d. Tak ada jawaban
|
0
|
||
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
|
50
|
|
c. Penilaian
Kinerja Ilmiah
1)
Penilaian Proyek (IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIII Erlangga halaman 270)
2)
Penilaian Produk (IPA Terpadu Untuk SMP/MTS Kelas VIII Erlangga halaman 270)
A.
Penilaian Proyek
Hasil Kegiatan
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
a.
Dibuat, benar dan laporan hasil sesuai
aturan
|
10
|
10
|
b.
Dibuat, benar dan laporan hasil kurang sesuai aturan
|
8
|
|
c.
Dibuat, benar dan laporan hasil tidak sesuai
aturan
|
6
|
|
d.
Dibuat, salah dan laporan hasil sesuai
aturan
|
4
|
|
e.
Dibuat, salah danlaporan hasil tidak sesuai aturan
|
0
|
Nilai = = = ………………….
1.
Penilaian Produk
RUBRIK PENILAIAN
MODEL PENYARINGAN DARAH OLEH GINJAL
Nama Kelompok : ……………………………….
Anggota : 1. ……………………… 4. …………………………
2. ……………………… 5.
…………………………
3. ………………………
Laporan / Hasil karya
KRITERIA
|
SKOR
|
SKOR
|
|||
5
|
4
|
3
|
2
|
||
Desain
|
Gambar baik, ada keterangan
|
Gambar baik, tidak
ada keterangan
|
Gambar tidak baik,
ada ketearngan
|
Gambar tidak baik,
tidak ada keterangan
|
|
Kerapian
|
Model benar, letak proporsional
|
Model benar, letak tidak
proporsional
|
Model tidak benar, letak
proporsional
|
Model tidak benar, letak tidak
proporsional
|
|
Fungsi
|
Berfungsi sempurna
|
Berfungsi baik
|
Berfungsi kurang baik
|
Tidak berfungsi
|
|
Jumlah Skor
|
Keterangan
: Skor Maksimum = 15
Nilai = = = ………………….
Comments
Post a Comment