Skip to main content

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan      : SMP  Kartika XIV-I  Banda Aceh
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
 Kelas/ Semester          : VIII/ Genap
 Materi Pokok            : Sistem Ekskresi
Alokasi Watu            :  10 x 40 JP

A.    Kompetensi Inti    :  
KI 1  :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungj awab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4  :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar      :
1.1              Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1              Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
 3.9      menjelaskan struktur dan fungsi sistem ekresi pada manusia dan penerapannya dalam        menjaga kesehatan diri
4.9       membuat peta pikiran (mapping mind ) tentang struktur dan fungsi sistem ekresi pada        manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menyebutkan organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
2.      Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi.
3.      Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ ginjal
4.      Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ paru-paru
5.      Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ hati
6.      Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ kulit
7.      Mengidentifikasi kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi
8.      Menyebutkan berbagai pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi
9.      Membuat peta pikiran yang menunjukkan hubungan struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia
10.  Menyusun rencana pola hidup yang harus kita lakukan untuk menjaga sistem ekskresi
D.    Materi Pembelajaran :
1.      Materi Pembelajaran Reguler
1.      Struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia
·         Ginjal
·         Kulit
·         Paru-paru
·         Hati
2.      Gangguan pada sistem eksresi manusia
3.      Pola hidup sehat untuk menjaga sistem eksresi

2.      Meteri Pembelajaran Remedial
1.      Sistem Respirasi
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
1.      Menganalisis struktur dan fungsi ekresi pada manusia
2.      Percobaan gangguan  pada sistem ekskresi manusia (uji urin)
3.      dalam menyusun aktivitas yang dapat menjaga kondisi kesehatan pada sistem ekskresi.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama ( 2 x JP)
a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Guru memberikan motivasi dengan menanyakan apa yang diketahui mengenai sistem ekskresi.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
·         Guru memperlihatkan kepada siswa peta konsep mengenai materi sistem ekskresi dan menjelaskan organ ekskresi melalui media yang digunakan secara singkat.
2.      Menanya
·         Siswa menanyakan kepada guru mengenai peta konsep dan organ ekskresi.
3.      Mengumpulkan Data
·         Siswa megerjakan LKPD mengenai sistem ekskresi.
4.      Mengasosiasi
·         Siswa mengaitkan penyampaian guru dengan LKPD.
5.      Mengkomunikasikan
·         Siswa saling memberikan pendapat dan tanggapan tentang ekskresi dan sistem ekskresi berdasarkan informasi yang telah didapatkan. 

c.        Kegiatan Penutup
·         Siswa membuat kesimpulan dibimbing oleh guru.
·         Seluruh siswa mengerjakan kuis yang diberikan guru. Pada saat menjawab kuis siswa tidak boleh saling membantu melakukan refleksi.
·         Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan  selanjutnya.
2.      Pertemuan kedua (3 x 40 JP)
a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Guru melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 2 tentang bagaimana pembentukan urin dengan materi yang akan dipelajari,
·         Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yaitu
mekanisme pengeluaran keringat dan  melakukan  percobaan  sederhana  mengenai  zat  yang  dikeluarkan dari proses bernapas
b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
·         Peserta didik mengamati modelyang dilakukan oleh guru, mengenai zat yang dikeluarkan pada sistem pernapasan
·         Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan menganalisis mekanisme pengeluaran keringat, pada saat tubuh mengeluarkan urin dan mengeluarkan keringat.
2.      Menanya
·         Mengapa ketika dimusim dingin kita akan sering buang air kecil, sangat berbeda dengan ketika kamu pada suhu panas ?
·         Apakah mekanisme ini mempengaruhi produksi urin dalam tubuh?

3.      Mengumpulkan Data
·         Secara keompok peserta didik melakukan percobaan sederhana tentang mekanisme pengeluaran keringat dan  mengenai  zat  yang  dikeluarkan dari proses bernapas

4.      Mengasosiasikan
·         Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan dan membuat hasil laporan yang mereka dapatkan

5.      Mengkomonikasikan
·         Tiap kelompok mendiskusikan hasil kelompoknya masing-masing
·         Slah satu dari keompok memintak memberi pendapat atau bertanya atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan


c.       Kegiatan Penutup
·         Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan.
·         Guru menugaskan siswa untuk membaca materi selanjutnya.

3.      Pertemuan ketiga (2 JP)
a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Guru menginformasikan pada peserta didik kegiatan pada hari ini adalah
melakukan uji urin untuk mengetahui gangguan dalam sistem ekskresi
Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan penyakit diabetes melitus yang diderita orang disekitar mereka
b.      Kegiatan Inti
1.      Mengamati
·         Guru membimbing peserta didik dalam melakukan percobaan uji urin
2.         Menanya
·         Guru bertanya kepada peserta didik apa penyebab terjadinya penyakit kencing manis ?
3.         Mengumpulkan Data
·         Guru membagi siswa dalam kelompok (setiap kelompok 5 orang siswa)
·         Secara kelompok peserta didik dimintak untuk melakukan kegiatan mengenai hasil uji urin.
·         Siswa mencari pemecahan masalah yang mereka temukan berdasarkan pengamatan dan mencatat percobaan yang ada pada kolom
4.         Mengasosiasikan
·         Peserta didik secara berkelompok peserta didik berdiskusi menjawab pertanyaan mengenai hasil pengujian urin, dan memperkirakan penyebab dan kerusakan organ.

5.         Mengkomonikasikan
·         Siswa secara bergiliran atau diacak menyampaikan hasil diskusi dengan anggota kelompoknya, sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil diskusinya.
·         Guru mengulangi atau menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
c.       Kegiatan Penutup
·         Guru memberi penguatan kepada kelompok dari hasil diskusi dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang kinerjanya bagus.
·         Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan kuis.
·         Guru menugaskan siswa untuk membaca materi selanjutnya.

4.      Pertemuan keempat (3 x 40 JP)
a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·         Peserta didik merespon pertanyaan dari guru yang terkait materi yang lalu
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan adalah menyusun kegiatan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi



b.      Kegiatan Inti
1.         Mengamati
·         Guru membimbing peserta didik dalam menyusun aktivitas yang dapat menjaga kondisi kesehatan pada sistem ekskresi.
2.         Menanya
·         Siswa bertanya hal-hal yang tidak dimengerti mengenai penyampaian guru
3.         Mengumpulkan data
·         Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan berdiskusi pola/aktivitas sehari-hari yang akan menjaga kesehatan pada sistem ekskresi.
4.            Mengasosiasikan
·         Tiap kelompok dimintak untuk mendiskusikan dan mencatat hasil dari diskusi kelompok yang mereka dapatkan 
5.         Mengkomonikasikan
·         Peserta didik diminta untuk mempresentasikan berbagai aktivitas yang
dirancang yang dapat menjaga sistem ekskresi manusia
c.       Kegiatan Penutup
·         Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan
·         Guru menugaskan peserta didik belajar menghadapi tes pada pertemuan berikutnya.

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
Tes Unjuk Kerja
Uji Petik Kerja dan Rubrik

        2. Instrumen
a.  Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
mengagumi  sistem ekskresi pada manusia  ciptaan Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok










    Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi sistem ekskresi pada manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan
3: menunjukkan ekspresi kekaguman bahwamanusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat bahwa manusia makhluk ciptaan Tuhan.

 1: belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat bahwa manusia ciptaan Tuhan, atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
               
Catatan: Deskripsi sikap ini (bersama sikap dari matapelajaran lain) digunakan untuk menentukan profil siswa.

b. Penilaian Pemahaman Konsep
1)  Pilihan Ganda (IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIII Erlangga, halaman 268-270)
2)  Memasangkan (IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIIII Erlangga, halaman 270)
3)  Uraian (IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIII Erlangga halaman 270)



Rubrik Penilaian Tes Pilihan Ganda, Memasangkan, dan Uraian
A. Bentuk Soal Pilihan Ganda
        1.  Jumlah soal                 = 10 butir soal
        2.  Bobot tiap soal           = 2
        3.  Skor Ideal                  = 10 x 2  =20

  B. Bentuk Soal Memasangkan
1.  Jumlah soal                 = 10 butir soal
        2.  Bobot tiap soal           = 3
        3.  Skor Ideal                  = 10 x 3 = 30

A.      Bentuk Soal Uraian
1.  Jumlah soal                 = 5 butir soal
        2.  Bobot soal                  = lihat tabel
        3.  Skor    Ideal                = 50
        4.  Tabel Penskoran
No
Soal
Hasil Pengerjaan soal
Skor
Skor Maksimal
1
a.  Dijawab lengkap  dan benar
10
10
b.  Dijawab sebagian besar benar
6
c.  Dijawab sebagian kecil benar
3
d.  Tak ada jawaban
0


2
 a.  Dijawab lengkap  dan benar
10
10
 b.  Dijawab sebagian besar benar
6
 c.  Dijawab sebagian kecil benar
3
 d.  Tak ada jawaban
0


3
 a.  Dijawab lengkap  dan benar
10
10
 b.  Dijawab sebagian besar benar
6
 c.  Dijawab sebagian kecil benar
3
 d.  Tak ada jawaban
0


4
a.   Dijawab lengkap  dan benar
10
10


b.   Dijawab sebagian besar benar
6
c.   Dijawab sebagian kecil benar
3
d.  Tak ada jawaban
0
5
  a.  Dijawab lengkap  dan benar
10
10
  b.  Dijawab sebagian besar benar
6
 c.  Dijawab sebagian kecil benar
3
 d.  Tak ada jawaban
0






JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN

50



Nilai Akhir      = Skor Pilihan Ganda + Skor Memasangkan + Skor Uraian
                        = 20 + 30 + 50
                        = 100
 
 










c.    Penilaian Kinerja Ilmiah
1)      Penilaian Proyek  (IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIII Erlangga halaman 270)
2)      Penilaian Produk  (IPA Terpadu Untuk SMP/MTS Kelas VIII Erlangga halaman 270)
A.   Penilaian Proyek

Hasil Kegiatan
Skor
Skor Maksimum
a.       Dibuat, benar dan laporan hasil sesuai aturan
10
10
b.      Dibuat, benar dan laporan hasil kurang  sesuai aturan
8
c.       Dibuat, benar dan laporan hasil tidak sesuai aturan
6
d.      Dibuat, salah dan laporan hasil sesuai aturan
4
e.       Dibuat, salah danlaporan hasil  tidak sesuai aturan
0

Nilai =  =  = ………………….
1.      Penilaian Produk
RUBRIK PENILAIAN
MODEL PENYARINGAN DARAH OLEH GINJAL

Nama Kelompok      : ……………………………….
Anggota                   : 1. ………………………      4. …………………………
                                   2. ………………………      5. …………………………
                                   3. ………………………
Laporan / Hasil karya
KRITERIA
SKOR
SKOR
5
4
3
2
Desain
Gambar baik,  ada keterangan
Gambar baik, tidak ada keterangan
Gambar tidak  baik,  ada ketearngan
Gambar tidak  baik,  tidak ada keterangan

Kerapian
Model  benar, letak proporsional
Model  benar, letak tidak proporsional
Model  tidak benar, letak proporsional
Model  tidak benar, letak tidak proporsional

Fungsi
Berfungsi sempurna
Berfungsi baik
Berfungsi kurang  baik
Tidak berfungsi

Jumlah Skor

Keterangan : Skor Maksimum = 15
Nilai =  =  = ………………….
Text Box:           Banda Aceh 20 februari 2016
Guru Bidang Studi

Heri Sahrizal
Npm : 1111010117
Text Box: Mengetahui Guru Pamong

Ainal Mardiah,S.Pd
Nip :196708101998012001



Text Box: Kepala Sekolah SP Kartika XIV-1 

Dra. Sawiyah
Nip :1960080011983022002

Comments

Popular posts from this blog

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)