RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Kartika XIV-I Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : VIII/ Genap
Materi Pokok : Indra Penglihatan dan Alat Optik
Alokasi Watu :
15 x 40 JP
A.
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
: Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI
4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar :
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
3.11 Mendeskripsikan sifatsifat cahaya,
pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk
menjelaskan penglihatan manusia, dan prinsip kerja alat
optik
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang
pembentukan bayangan pada cermin, lensa dan
alat optik
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1 Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya.
3.11.2 Mengidentifikasi
proses pembentukan bayangan pada cermin datar dan
lengkung
3.11.3 Mengidentifikasi
proses pembentukan bayangan pada lensa cembung dan
cekung.
3.11.4 Menjelaskan
pentingnya cahaya pada proses penglihatan manusia.
3.11.5 Mengidentifikasi
proses pembentukan bayangan pada mata manusia.
3.11.6 Mengidentifikasi
bagian-bagian mata.
3.11.7 Menjelaskan
macam-macam gangguan yang terjadi pada indera
penglihatan.
3.11.8 Mendeskripsikan
pembentukan bayangan pada mata serangga.
3.11.9 Mendata
berbagai macam alat optik yang dapat ditemui siswa dalam
kehidupan sehari-hari.
3.11.10 Mendeskripsikan
prinsip kerja alat optik.
4.11.1 Menyusun
laporan hasil penyelidikan proses pembentukan bayangan pada
cermin, lensa, dan alat
optik.
D.
Materi Pembelajaran :
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
Pertemuan I
1. Sifat-sifat
cahaya.
2. Mengidentifikasikan
berbagai macam sifat-sifat cahaya dengan melakukan berbagai macam percobaan
Pertemuan 2
1. Pembentukan
bayangan pada cermin
2. Menyelesaikan
percobaan pembentukan cahaya pada cermin
datar
Pertemuan 3
1. Pembentukan
bayangan pada lensa
2. Menjelaskan
sinar-sinar istimewa pada pembiasan cahaya oleh lensa cembung dan cekung
3. Melukiskan
pembentukan bayangan pada lensa dengan menggunakan diagram sinar istimewa
Pertemuan
4
1. Sistem
penglihatan pada manusia (cahaya)
2. Menjelaskan
pentingnya cahaya bagi sistem penglihatan manusia
3. Melakukan
percobaan pembentukan bayangan pada lensa cembung untuk menjelaskan proses pembentukan bayangan pada mata
manusia
Pertemuan
5
1. Bagian-bagian
mata dan jalan cahaya pada mata
2. Mengidentifikasikan
bagian-bagian mata manusia
3. Menjelaskan
dan menyimpulkan proses pembentukan bayangan pada mata manusia
Pertemuan
6
1. Pemanfaatan
alat optik
2. Mengidentifikasi
berbagai macam alalt optik yang ada sekitar siswa serta memahami prinsip kerja
masing-masing alat optik.
2. Materi Pembelajaran Remedial
1.
Perinsip kerja pada sisitem sonar
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
A.
Pembentukan bayangan pada alat optik
1. Sifat-sifat
cahaya
2. Pembentukan
bayangan pada cermin
3. Lensa
B.
Pemanfaatan alat optik dalam kehidupan
sehari-hari
1. Sifat-sifat
penglihatan pada manusia
2. Penbentukan
bayangan pada mata serangga
C.
Alat optik dalam kehidupan sehari-hari
1. Kamera
2. Kaca
pembesar
3. Miksoskop
4. Teleskop
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama ( 3 JP x 40 )
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Peserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
1.
Mengamati
·
Peserta didik dimintak untuk membaca
(dilakukan dirumah sebelum pembelajaran berlangsung) dan menyimak pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran.
·
Peserta didik melakukan Percobaan
tentang sifat-sifat cahaya
2. Menanya
Guru menanyakan kepada peserta didik
·
Apa yang dimaksud dengan cahaya
·
Sebutkan macam-macam sifat-sifat cahaya
3.
Mengumpulkan Data
·
Guru membagi
siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa)
·
Secara
berkelompok peserta didik melakukan kegiatan percobaan untuk membuktikan
sifat-sifat cahaya.
·
Siswa mencari
pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan pengamatan dan mencatat
hasil percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS.
1.
Mengasosiasikan
·
Tiap kelompok
dimintak untuk mendiskusikan dan membuat laporan dari hasil percobaan yang mereka dapatkan
2.
Mengkomonikasikan
·
Tiap-tiap
kelompok mempersentasika hasil diskusi
kelompok secara klsikal.
·
Salah satu
dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya
atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempersentasikan.
·
Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan
tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
·
Peserta didik
dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik
atau LKS yang disediakan.
·
Untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji
Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang
disediakan secara individu.
·
Pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilain portopolio.
c. Penutup
·
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
·
Guru
membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan. Materi yang harus
disimpulkan pada hari ini adalah sifat-sifat cahaya ada empat sifat-sifat
cahaya, sebagai berikut.
a.
Cahaya
Merambat Lurus
b.
Cahaya dapat
dibiaskan
c.
Cahaya dapat
dipantulkan
d.
Cahaya
merupakan Gelombang Elektromagnetik
·
Guru
menugaskan peserta didik mempelajari materi yang akan dipelajari berikutnya, yaitu tentang pembentukan
bayangan pada cermin datar dan cermin lengkung
2.
Pertemuan Kedua( 2 JP x 40 )
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Peserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
a.
Kegiatan Inti
1.
Mengamati
·
Peserta didik dimintak untuk membaca
(dilakukan dirumah sebelum pembelajaran berlangsung) dan menyimak pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran.
·
Peserta didik melakukan Percobaan sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh
cermin datar
·
Guru
membimbing peserta didik untuk memahami materi tentang pembentukan bayangan
pada cermin lengkung (cermin cembung dan cermin cekung).
·
Peserta didik mengamati
sinar istimewa pada cermin lengkung serta pembentukan bayangan (melukiskan
pembentukan bayangan) pada pada berbagai lokasi cermin lengkung.
2.
Menanya
·
Peserta didik
di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
pertanyaan kepada siswa.
·
Apa yang
dimaksud dengan cermin datar ?
3.
Mengumpulkan Data
·
Guru membagi
siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa)
·
Secara
berkelompok peserta didik melakukan kegiatan percobaan pembentukan bayangan
pada cermin datar
·
Siswa mencari
pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan pengamatan dan
mencatat hasil percobaan pada kolom yang
tersedia pada LKS.
4.
Mengasosiasikan
·
Tiap kelompok
dimintak untuk mendiskusikan dan membuat laporan dari hasil percobaan yang mereka
dapatkan
5.
Mengkomonikasikan
·
Tiap-tiap
kelompok mempersentasika hasil diskusi
kelompok secara klsikal.
·
Salah satu
dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya
atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempersentasikan.
·
Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan
tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
·
Peserta didik
dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik
atau LKS yang disediakan.
·
Untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji
Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang
disediakan secara individu.
·
Pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilain portopolio.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan beberapa pertanyaan
kepada peserta didik yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
·
Guru menunjuk peserta didik secara acak
untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru.
·
Guru menyimpulkan materi yang dipelajari
hari ini serta mengecek pemahaman siswa pada materi tersebut.
3. Pertemuan Ketiga( 3 JP x 40 )
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Peserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
1.
Mengamati
b.
Guru
membimbing peserta didik untuk memahami materi tentang pembentukan bayangan
pada lensa cembung dan cekung.
c.
Guru
menugaskan peserta didik untuk melukiskan bayangan pada berbagai ruang lensa
cekung dan cembung. Berikut ini lokasi dari benda yang harus dilukiskan oleh
siswa.
·
Lensa Cembung:
di Ruang I, II dan III
·
Lensa Cekung:
di RuangI, II, dan III.
3. Menanya
·
Peserta didik
di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
pertanyaan kepada siswa.
·
Apa yang
dimaksud dengan lensa ?
4.
Mengumpulkan
Data
·
Guru membagi
siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa )
d.
Secara
berkelompok peserta didik melakukan kegiatan percobaan tentang pembentukan
bayangan pada lensa cembung dan cekung.
·
Siswa mencari
pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan pengamatan dan
mencatat hasil percobaan pada kolom yang
tersedia pada LKS
5.
Mengasosiasikan
·
Tiap kelompok
dimintak untuk mendiskusikan dan membuat laporan dari hasil percobaan yang
mereka dapatkan
6.
Mengkomonikasikan
·
Tiap-tiap
kelompok mempersentasika hasil diskusi
kelompok secara klsikal.
·
Salah satu
dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya
atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan.
·
Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan
tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
·
Peserta didik
dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik
atau LKS yang disediakan.
·
Untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji
Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang
disediakan secara individu.
·
Pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilain portopolio.
c. Kegiatan Penutup
·
Peserta didik
bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·
Guru menyampaikan
materi pembelajaran yang akan datang.
4. Pertemuan Keempat ( 2 JP x 40 )
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Peserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1. Mengamati
·
Secara
berkelompok peserta didik
mengidentifikasi pembentukan
bayangan pada mata
2. Menanya
·
Peserta didik
di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
pertanyaan kepada siswa.
3. Mengumpulkan data
· Guru membagi siswa dalam kelompok ( setiap kelompok
6-7 orang siswa )
· Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan
percobaan pembentukan bayangan pada cermin datar
· Siswa mencari pemecahan permasalahan yang mereka
temukan berdasarkan pengamatan
· Mencatat
hasil percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS.
4. Mengasosiasikan
·
Tiap kelompok
dimintak untuk mendiskusikan dan membuat laporan dari hasil percobaan yang
mereka dapatkan
5. Mengkomonikasikan
·
Tiap-tiap
kelompok mempersentasika hasil diskusi
kelompok secara klsikal.
·
Salah satu
dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya
atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempersentasikan.
·
Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan
tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
·
Peserta didik
dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik
atau LKS yang disediakan.
·
Untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji
Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang
disediakan secara individu.
·
Pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilain portopolio.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan. Materi yang harus disimpulkan oleh peserta didik adalah
tentang sifat bayangan yang dibentuk oleh mata.
·
Guru menyampaikan
materi pembelajaran yang akan datang.
6.
Pertemuan
Kelima ( 3 JP x 40 )
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdao bersama
·
Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
·
Peserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
1.
Mengamati
·
Guru membimbing peserta didik melakukan
kegiatan percobaan mengukur diameter iris dan pupil (diluar kelas) dan (didalam
kelas)
2.
Menanya
·
Peserta didik
di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
pertanyaan kepada siswa.
3.
Mengumpulkan
Data
·
Guru membagi
siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 6-7 orang siswa )
Secara
berkelompok
·
Peserta didik diminta untuk menjelaskan perubahan diameter iris dan
pupil
·
Siswa mencari
pemecahan permasalahan yang mereka temukan berdasarkan pengamatan dan
mencatat hasil percobaan pada kolom yang
tersedia pada LKS
4.
Mengasosiasikan
·
Tiap-tiap kelompok dimintak untuk
berdiskusi tentang bagaimana diameter pupil jika berada ditempat terang dan
gelap ?
5.
Mengkomunikasikan
·
Tiap-tiap
kelompok mempersentasika hasil diskusi
kelompok.Salah satu dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan
pendapat atau bertanya atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempersentasikan.
·
Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan
tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
·
Peserta didik
dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik
atau LKS yang disediakan.
·
Untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji
Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang
disediakan secara individu.
·
Pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilain portopolio.
b.
Kegiatan
Penutup
·
Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja yang baik
·
Peserta didik
dengan bimbingan guru, membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
·
Peserta didik
diberikan tugas dan dimintak untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
2.
Pertemuan
Keenam ( 2 JP x 40 )
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdao bersama
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Peserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti :
1. Mengamati
·
Guru membimbing peserta didik membuat
kamera obscura. Pada kegiatan jangan lupa mengingatkan peserta didik agar
bekerjasama dan berbagi tugas dengan kelompoknya.
2.
Menanya
·
Peserta didik
di dorong untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
pertanyaan kepada siswa tentang berbagai macam alat optik yang ada disekitar
peserta didik serta manfaatnya
3.
Mengumpulkan
Data
·
Guru membagi
siswa dalam kelompok ( setiap kelompok 5 orang siswa)Secara berkelompok peserta
didik dimintak untuk menyebutkan berbagai macam alat-alat optik
4.
Mengasosiasikan
·
Tiap kelompok
dimintak untuk mendiskusikan macam-macam alat optik yang mereka ketahui
5.
Mengkomonikasikan
·
Tiap-tiap
kelompok mempersentasika hasil diskusi
kelompok secara klsikal.
·
Salah satu
dari angota masing-masing kelompok dimintak bemberikan pendapat atau bertanya
atas persentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempersentasikan.
·
Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan
tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
·
Peserta didik
dimintak untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada pegangan peserta didik atau
LKS yang disediakan.
·
Untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, siswa dimintak menyelesaikan Uji
Kompetensi yang terdapat terdapat pada pegangan peserta didik atau LKS yang
disediakan secara individu.
·
Pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilain portopolio
c. Kegiatan Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan. Materi yang harus disimpulkan oleh peserta didik pada
pertemuan hari ini adalah tentang macam-macam alat optik serta manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Guru menugaskan peserta didik untuk
mempersiapkan diri menghadapi tes pada pertemuan berikutnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
1.
Teknik
penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
1
|
Sikap
|
·
Observasi
kegiatan praktikum
·
Observasi
kegiatan diskusi
·
Penilaian
diri
·
Penilaian
antar peserta didik
·
Jurnal
|
·
Lembar
observasi
·
Lembar
observasi
·
Format
penilaian
·
Format
penilaian
·
Catatan
|
2
|
Pengetahuan
|
·
Tes
tulis
·
Penugsan
|
·
Soal
pilihan ganda
·
Soal
uraian
·
Tugas
|
3
|
Keterampilan
|
·
Penilaian
praktik
·
Penilaian
proyek
·
Penilaian
portofolio
|
·
Lembar
pengamatan
·
Format
penilaian produk
·
Format
penilaian laporan proyek
|
Instumen
Penilaian
·
Penilaian Sikap
:
Teknik non tes (bentuk pengamatan sikap)
·
Penilaian Pengetahuan
: Teknik tes ( Tulisan uraian)
·
Penilaian Keterampilan
: Teknik non tes(penilaian proyek)
2.
Remedial
Pembelajaran
Pembelajaran remedial dilakukan setelah
penilaian
·
Jika terdapat lebih dari 50% peserta
didik yang mendapatkan nilai dibawah 2,67 maka dilaksanakan pembelajaran
remedial (remedial teaching) terhadap kelompok tersebut
·
Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang
dapatnilai dibawah 2,67 maka dilaksanakan penugasan dari tutor sabaya terhadap
kelompok tersebut
·
Jika terdapat kurang dari 30% peserta
didik yang mendapat nilai dibawah 2,67
maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik
yang mendapat nilai diatas 2,67 dengan cara diberi tugas mengkaji penerapan dan mengerjakan soal-soal
G. Media, Alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
a. Media
: Laptop, infokus
b. Alat/bahan
: Spidol, dan bahan praktikum sesuai
yang tercantum pada LKS
c. Sumber : Internet, buku IPA SMP kelas VIII,
Banda Aceh 20 februari 2016
Guru
Bidang Studi
Heri Sahrizal
Npm : 1111010117
|
Mengetahui Guru Pamong
Ainal Mardiah,S.Pd
Nip :196708101998012001
|
Kepala
Sekolah SP Kartika XIV-1
Dra. Sawiyah
Nip
:1960080011983022002
|
LAMPIRAN 1
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Satuan pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII/ genap
Waktu pengamatan : Saat pelaksanaan pembelajaran
Ø Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok
·
Tidak baik jika menunjukkan tidak
berusaha untuk bekerja sama dalam pembelajaran
·
Kurang baik jika menunjukakn sudah
ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
·
Baik jika menunjukan usaha yang baik
dalam kegiatan kelompok tetapi belum konsisten
·
Sangat baik jika menunjukan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara baik terus menerus dan
konsisten
Tabel
Pengamatan Sikap Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
|||||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Berani
|
|||||||||||
TB
|
KB
|
B
|
SB
|
TB
|
KB
|
B
|
SB
|
TB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
Akbar
Kharimullah
|
||||||||||||
2
|
Cici
Maulidar
|
||||||||||||
3
|
Dyan
Wahyudi
|
||||||||||||
4
|
Diva
Fadiara
|
||||||||||||
5
|
Diki
Wahyudi
|
||||||||||||
6
|
Fazlina
|
||||||||||||
7
|
Hasti Yatimya
|
||||||||||||
8
|
Karunia
Rahmat
|
||||||||||||
9
|
Muhammad
Lutfi
|
||||||||||||
10
|
Muhammad
|
||||||||||||
11
|
Nida Ulhak
|
||||||||||||
12
|
Nurzahratun
Muzizat
|
||||||||||||
13
|
Raja
Khairil Anam
|
||||||||||||
14
|
Raja
Syahrul Ramadhan
|
||||||||||||
15
|
Rifaldi Alhafis
|
||||||||||||
16
|
Riski
Ramadhan
|
||||||||||||
17
|
Tondi
Prayogi
|
||||||||||||
18
|
Wahyu
Isnanda
|
||||||||||||
19
|
M. Mauli
Alfianda
|
||||||||||||
20
|
Raja
Firmansyah
|
Keterangan :
TB
: Tidak baik
KB
: Kurang baik
B
: Baik
SB
: Sangat baik
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus
Penilaian pengetahuan
Soal uraian
1.
Bagaimana diameter pupil jika berada ditempat terang ?
2.
Bagaimana diameter pupil jika berada ditempat gelap ?
Rubrik penilaian uraian
No
|
Uraian
|
skor
|
1
|
Jika semua jawapan terjawab dengan
benar dan baik
|
15
|
2
|
Jika dapat menjelaskan proses
pencernaan dengan baik dan jelas
|
30
|
3
|
Jika jawapan benar dan baik
|
15
|
4
|
Jika jawapan benar dan baik
|
20
|
5
|
Jika gambar benar dan sesuai
|
20
|
Total
|
100
|
1. Lembar
Kerja Siswa ( LKS)
PERAMBATAN CAHAYA
1.
Tujuan :
untuk menentukan sifat-sifat cahaya, yaitu cahaya dapat merambat lurus
2.
Pendahuluan : cahaya merambat lurus
kesemua arah misalnya pada saat lilin kita nyalakan ditempat gelap maka kita akan
melihat bahwa daerah yang ada
disekitar lilin akan terang.
3.
Alat dan bahan :
·
Lampu atau lilin
·
Kertas
·
Gunting
4.
Percobaan / prosedur :
·
Lakukan percobaan ditempat yang gelap
atau remang-remang
·
Lubagi kertas pada bagian tengahnya
·
Susunlah set percobaan set percobaan
seperti pada gambar 10.1 mintaklah bantuan temanmu untuk memegangi kertas
·
Nyalakan lampu /lilin. Amati bayangan
yang terbentuk.
5.
Jawablah pertanyaan berikut ini
·
Apa yang terjadi jika kedua lubang kertas
tersebut tidak diletakkan pada sat ugaris lurus
trim banget rppnya jazakallohu khoiron
ReplyDeletesama sama om, maaf telat sekali balasan saya, semoga bermanfaat
Deletemohon maaf, bisa minta file wordnya?
ReplyDelete