RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok :
Comparing people, animals, things
Sub Materi :
Compare people
Alokasi
Waktu : 8 JP
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI
1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI
2: Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
|
1.1.1. Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan selama pembelajaran.
|
2.3. Menghargai perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam
melaksanakan komunilasi
fungsional.
|
2.3.1.
Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
|
3.9.
Menerapkan struktur
teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan
sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
3.9.1.
Mendefinikan fungsi sosial serta struktur
teks
3.9.2.
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan dalam teks
3.9.3.
Menyatakan perbandingan jumlah
dan sifat orang
|
4.10. Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
.
|
4.10.1.
Menemukan informasi
tertentu tentang fungsi sosial perbandingan jumlah dan
sifat orang
4.10.2.
Melengkapi teks tentang perbandingan
jumlah dan sifat orang
4.10.3.
Menggunakan bentuk perbandingan jumlah dan sifat
orang secara tertulis
4.10.4.
Mengungkapkan
bentuk perbandingan jumlah dan sifat
orang secara lisan
|
C.
Materi
pembelajaran
1.
Materi Reguler
Teks lisan dan tulis tentang perbandingan jumlah dan
sifat orang.
Fungsi sosial
Membanggakan,
mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb.
Struktur text
a.
Penyebutan nama dan sifat orang
b.
Penggunaan bentuk perbandingan jumlah dan sifat
orang yang sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan
(1) Struktur komparatif biasanya ditentukan oleh jumlah
suku kata pada kata sifatnya
(2) Struktur komparatif good dan bad
(3) Struktur komparatif jumlah many, much, few, dan little.
(4) Struktur komparatif setara as……….as
(5) Struktur komparatif kebalikan dengan less….
Topik
Orang di sekitar dan
relevan dengan kehidupan peserta didik, dengan memberikan keteladanan tentang
perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
2.
Materi Remedial
Great = Greater
Big = Bigger
Smart = Smarter
Tall = Taller
Fat = Fatter
Cool = Cooler
3.
Materi Pengayaan
Great = Greater = Greatest
Big = Bigger = Biggest
Smart = Smarter = Smartest
Tall = Taller = Tallest
Fat = Fatter = Fattest
Cool = Cooler = Coolest
D.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan: Scientific
Approach
2.
Model : Discovery
Learning
E.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Gambar dan Obyek nyata
2.
Alat/Bahan : Karton bergambar
3.
Sumber
Belajar : Bahasa Inggris, When English
Rings the Bell: buku guru/Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·
Guru masuk
kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment
dapat tercipta.
·
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada peserta didik
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·
Menyampaikan kemampuan
yang akan dicapai peserta didik.
·
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
b.
Kegiatan
Inti ( 60 menit)
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengamati (observing)
· Peserta
didik menonton berbagai contoh
kalimat atau teks perbandingan jumlah
dan sifat orang
·
Peserta didik memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat orang
|
·
Meminta peserta didik
menonton dan memperhatikan contoh kalimat atau teks
·
Meminta peserta didik
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format
pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat orang
|
10 menit
|
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa
Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
|
Membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk bertanya antara
lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa
Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
|
|
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
· Membaca/mendengarkan
beberapa teks kalimat
perbandingan dari berbagai sumber.
·
Membacakan teks kalimat perbandingan kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
|
·
Meminta peserta didik
membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai
sumber.
· Meminta
peserta didik membacakan teks kalimat perbandingan kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
|
30 Menit
|
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengasosiasi (Associating)
·
Secara berpasangan peserta
didik saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
|
·
Meminta peserta didik
berpasangan saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
|
10 menit
|
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
· Peserta
didik menuliskan hasil
penyusunan kalimat perbandingan teman teman
sebangkunya dan mempresentasikan di depan kelas.
·
Peserta didik membuat
jurnal belajar (learning journal)
|
· Meminta
peserta didik menuliskan hasil
penyusunan kalimat perbandingan teman teman
sebangkunya dan mempresentasikan di depan kelas.
· Meminta
peserta didik membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
30 Menit
|
c. Penutup ( 10 menit)
· Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
· Memberikan tes lisan
· Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
· Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
Pertemuan Ke-2
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·
Guru masuk
kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment
dapat tercipta.
·
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada peserta didik
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·
Menyampaikan kemampuan
yang akan dicapai peserta didik.
·
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit)
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengamati (observing)
· Peserta
didik menonton berbagai contoh
kalimat atau teks perbandingan jumlah
dan sifat hewan
·
Peserta didik memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat hewan
|
·
Meminta peserta didik
memperhatikan contoh yang disediakan
·
Meminta peserta didik
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format
pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat hewan
|
10 menit
|
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa
Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
|
Membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk bertanya antara
lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa Inggris,
perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb.
|
|
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·
Membaca/mendengarkan
beberapa teks kalimat
perbandingan dari berbagai sumber.
·
Membacakan teks kalimat perbandingan kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
|
·
Meminta peserta didik
membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai
sumber.
· Meminta
peserta didik membacakan teks kalimat perbandingan kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
|
30 Menit
|
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengasosiasi (Associating)
·
Secara berpasangan peserta
didik saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
|
·
Meminta peserta didik
berpasangan saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
|
10 menit
|
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
· Peserta
didik menuliskan hasil
penyusunan kalimat perbandingan hewan
peliharaan dan hewan liar lalu mempresentasikan di depan kelas.
·
Peserta didik membuat
jurnal belajar (learning journal)
|
· Meminta
peserta didik menuliskan hasil
penyusunan kalimat perbandingan antara hewan
peliharaannya dan hewan liar yang ada di hutan.
· Meminta
peserta didik membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
30 Menit
|
c. Penutup ( 10 menit)
· Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
· Memberikan tes lisan
· Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
· Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
Pertemuan Ke-3
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·
Guru masuk
kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment
dapat tercipta.
·
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada peserta didik
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·
Menyampaikan kemampuan
yang akan dicapai peserta didik.
·
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit)
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengamati (observing)
· Peserta
didik menonton berbagai contoh
kalimat atau teks perbandingan jumlah
dan sifat benda
·
Peserta didik memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat benda
|
·
Meminta peserta didik
memperhatikan contoh yang disediakan tentang perbandingan benda
·
Meminta peserta didik
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format
pembuatan kalimat perbandingan jumlah dan sifat benda
|
10 menit
|
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa Inggris,
perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb.
|
Membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk bertanya antara
lain perbedaan antar berbagai teks atau kalimat perbandingan, dalam bahasa
Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
|
|
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·
Membaca/mendengarkan
beberapa teks kalimat
perbandingan dari berbagai sumber.
·
Membacakan teks kalimat perbandingan kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
|
·
Meminta peserta didik
membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai
sumber.
· Meminta
peserta didik membacakan teks kalimat perbandingan kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
|
30 Menit
|
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengasosiasi (Associating)
·
Secara berpasangan
peserta didik saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
|
·
Meminta peserta didik
berpasangan saling menganalisis teks kalimat perbandingan yang tulis dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
|
10 menit
|
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
· Peserta
didik menuliskan hasil
penyusunan kalimat perbandingan antara
barang yang mereka miliki dengan barang milik teman sekelasnya lalu
mempresentasikan di depan kelas.
·
Peserta didik membuat
jurnal belajar (learning journal)
|
· Meminta
peserta didik menuliskan hasil
penyusunan kalimat perbandingan antara barang yang
ia miliki dengan barang milik teman sebangkunya.
· Meminta
peserta didik membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
30 Menit
|
c. Penutup ( 10 menit)
· Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
· Memberikan tes lisan
· Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
· Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
Pertemuan Ke-4
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·
Guru masuk
kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment
dapat tercipta.
·
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada peserta didik
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·
Menyampaikan kemampuan
yang akan dicapai peserta didik.
·
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit)
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·
Membaca/mendengarkan
beberapa teks kalimat
perbandingan dari berbagai sumber.
·
Membacakan teks kalimat perbandingan kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
|
·
Meminta peserta didik
membaca/mendengarkan beberapa teks kalimat perbandingan dari berbagai
sumber.
·
Meminta peserta didik
membacakan teks kalimat
perbandingan
kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
|
30 Menit
|
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
· Peserta
didik menuliskan hasil
penyusunan kalimat perbandingan superlative.
·
Peserta didik membuat
jurnal belajar (learning journal)
|
· Meminta
peserta didik menuliskan hasil
penyusunan kalimat perbandingan superlative.
·
Meminta peserta didik
membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
30 Menit
|
c. Penutup ( 10 menit)
· Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
· Memberikan tes lisan
· Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
· Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
G. Penilaian
1.
Aspek Sikap
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Pedoman Observasi
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
2.
Aspek
Pengetahuan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Test Lisan
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen :
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
3.
Aspek
Keterampilan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
1.
Aspek Sikap
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Penilaian teman sejawat
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Lembar tugas
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan
Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Aspek Pengetahuan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Tes Essay
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan
Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Aspek
Keterampilan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Unjuk kerja
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Tes ketrampilan,bicara
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian
isi dengan tujuan pendeskripsian.
|
100%
isi sesuai
|
5
|
80%
isi sesuai
|
4
|
||
60%
isi sesuai
|
3
|
||
40%
isi sesuai
|
2
|
||
20%
isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan
kata
|
100%
pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Pemilihan kosa kata
|
100%
penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80%
penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60%
penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40%
penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20%
penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan
tata bahasa
|
100%
penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
a.
Pedoman Penskoran
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
b.
Konversi
keterampilan membaca dan mendengarkan,
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
c.
Rubrik
untuk penilaian keterampilan berbicara
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga
mudah dipahami
·
Mudah dipahami
meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah
pengucapan sehingga pendengar perlu
konsentrasi penuh
·
Ada masalah
pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tatabahasa
|
·
Tidak ada atau
sedikit kesalahan tatabahasa
·
Kadang-kadang ada
kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Sering membuat
kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa
sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan kosakata
dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang
menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan
kosakata yang tidak tepat
·
Kosakata sangat
terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit
terganggu oleh masalah bahasa
·
Sering ragu-ragu dan
terhenti karena keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus
dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
|
4
3
2
1
|
d.
Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan
Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Banda
Aceh, 28 Mei 2016
Guru Pamong Guru
Praktikan
Rina Diana S.Pd.1 T.
Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014 NPM.
1111080034
Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
Nip. 1960080011983022002
Comments
Post a Comment