RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Kartika XIV-1 Banda Aceh
Kelas/Semester
: VII
(Tujuh) / Genap
Mata
Pelajaran :
IPS Terpadu
Tema
: Interaksi manusia dengan lingkungan sosial(2 JP)
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.3
Menunjukkan
perilaku santun, peduli dan
menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan
teman sebaya.
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Menunjukkan
rasa syukur atas nikmat dan karunia Tuhan yang Maha Esa
1.1.2
menghormati
orang lain menjalankan ibadah sesuia agamanya.
2.3.1
Menghargai
pendapat teman di dalam dan diluar kelas
2.3.2
Menunjukkan
perilaku santun,peduli,dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial
dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4.1
Mendeskripsikan
pengertian dari dinamika interaksi manusia
3.4.2
Menjelasakan
tentang dinamikan interaksi manusia dengan lingkungan sosial
4.3.1
Menyajikan
hasil laporan tentang pengertian tentang dinamika interaksi manusia
4.3.2
Mempresentasikan
pengertian tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
D. Materi pembelajara
·
interaksi manusia dengan lingkungan sosial
E. Sumber belajar, media dan alat
· Lingkungan alam dan sosial di sekitar sekolah
· Ahmat
Slamet,Mukminin,Siti Irene Astuti dan Tri Wahyuning,Edisi revisi 2014.Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII . Jakarta Kemendikbud RI
· Gambar tentang interaksi manusia dengan lingkungan sosial
· Buku panduan guru
F. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan keempat
Pendahuluan (10 menit)
1. Salam,
doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2. Guru
mengajak peserta didik mengamati aktivitas manusiayang ada di lingkungan
sekitarnya. Bagaimana gaya rambutmereka saat ini bila dibandingkan dengan gaya
rambutbeberapa waktu yang lalu? Jika terjadi perubahan, factorapakah yang
mendorongnya?”
3. Menyampaikan
topik dan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1. Peserta
didik mengamati gambar yang berhubungandengan aktivitas manusia yang berdampak
pada lingkungansocial
Menanya
2. Peserta
didik menanyakan atau mempertanyakan apa sajadampak yang ditimbulkan oleh
aktivitas manusia terhadaplingkungan sosial .
Mengumpulkan data/informasi
3. Peserta
didik membaca buku teks pelajaran / referensi lainyang relevan tentang
interaksi manusia dengan lingkungansocial
Mengasosiasi
4. Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat untukmenganalisis dampak aktivitas
manusia terhadap lingkungansocial
Mengomunikasikan
5. Peserta
didik mempresentasikan hasil analisis data di depankelas yang diwakili oleh
salah satu anggota kelompok masingmasing,anggota kelompok lain memberikan
tanggapan.
Kegiatan penutup (10 menit)
1. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan hasilpembelajaran
2. Peserta didik menuliskancontoh dampak
aktivitas manusia terhadaplingkungan sosial .
3. Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan reflektifmisalnya: Apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan
4. Pengetahuan
berharga/baru apa yang kamu peroleh padapembelajaran kita hari ini? Bagaimana
sebaiknya sikap kitakalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru.(Jawaban
ditulis di buku catatan peserta didik)
5. Guru
menyampaikan materi yang akan datang.
G. Penilaian
dan Tindak lanjut
1.
Penilaian
Penilaian
dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik
observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan
observasi, seperti tampak pada contoh berikut
a.
Penilaian Sikap
Rubrik
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
|
Menghayati Karunia Tuhan
|
Tanggung Jawab
|
Kerja Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan :
Nilai
sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 3
b.
Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Bagaimana cara manusia melakukan
interaksi dengan lingkungansosial ?
|
2
|
Uraikan pentingnya interaksi manusia
dengan lingkungan sosial !
|
3
|
Bagaimana cara masyarakat tradisional
melakukan interaksidengan lingkungan sosial ?
|
4
|
Bagaimana cara manusia modern
melakukan interaksi denganlingkungan sosial ?
|
5
|
Bagaimana perubahan perilaku manusia
dalam melakukaninteraksi dengan lingkungan ?
|
Keterangan:
Tiap
nomor diberi nilai 1, maka
Nilai
pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh
c.
Penilaian Keterampilan
Rubrik
Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan:
a)
Nilai terentang antara 1 – 4
1
= Kurang
3 = Baik
2
= Cukup
4 = Amat Baik
b)
Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik
Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen tasi
|
Berkontri
Busi
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
Keterangan
:
a)
Nilai terentang antara 1 – 4
1
= Kurang
3 = Baik
2
= Cukup
4 = Amat Baik
b)
Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru Pamong,
Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201
198503 2 002
|
Banda
Aceh, April 2016
Mahasiswa Praktikan
Eti Suriani
NPM. 1211060029
|
|
Menyetujui
Kepala SMP Kartika
XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
NIP. 196008001
198302 2 002
|
Comments
Post a Comment