RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Kartika XIV-I Banda Aceh
Kelas/Semester
: VII (Tujuh) / Genap
Mata
Pelajaran :
IPS Terpadu
Tema
: Interaksi Manusia dengan Lingkungan alam (2 JP)
Jumlah
Pertemuan
:
1 x Pertemuan
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai
karunia tuhan yang maha Esa yang telah menciptakn waktu dengan segala
perubahannnya
2.3
Menunjukkan
perilaku santun,peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial
dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4
Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya,dan
ekonomi
4.3
Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam sosial,budaya,dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Berdoa
sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
2.3.1
Menghargai
pendapat teman di dalam dan diluar kelas
2.3.2
Menunjukkan
perilaku santun,peduli,dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial
dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4.1
Mendeskripsikan
pengertian dari dinamika interaksi manusia
3.4.2
Mengidentifikasi
komponen-komponen dinamika interaksi manusia dengan alam
3.4.3
Menjelasakan
tentang dinamikan interaksi manusia dengan lingkungan alam
3.4.4
Menjelaskan
tentang dinamika interaksi manusia dengan alam sekitar
4.3.1
Menyajikan
hasil laporan tentang pengertian tentang dinamika interaksi manusia
4.3.2
Mempresentasikan
pengertian tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
D. Materi
Pembelajaran
· Interaksi manusia dengan lingkungn alam
E. Sumber belajar, media dan alat
· Lingkungan alam dan sosial di sekitar sekolah
·
Ahmat
Slamet,Mukminin,Siti Irene Astuti dan Tri Wahyuning,Edisi revisi 2014.Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII . Jakarta Kemendikbud RI
·
Gambar tentang interaksi manusia dengan lingkungan alam
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ketiga
Pendahuluan (10 menit)
1. Salam,
doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik
2. Guru
mengajak peserta didik mengamati aktivitas manusiayang ada di lingkungan
sekitarnya. Bagaimana pendudukmemanfaatkan sumber daya alam dalam
pemenuhankebutuhan
3. Menyampaikan
topik dan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.
Peserta
didik mengamati gambar yang berhubungan denganaktivitas manusia yang berdampak
pada lingkungan alam
Menanya
2.
Peserta
didik menanyakan atau mempertanyakan apa sajadampak yang ditimbulkan oleh
aktivitas manusia terhadaplingkungan alam.
Mengumpulkan data/informasi
3.
Peserta
didik membaca buku teks pelajaran / referensi lainyang relevan tentang
interaksi manusia dengan lingkungan alam.
Mengasosiasi
4.
Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat untukmenganalisis dampak aktivitas
manusia terhadap lingkunganalam.
Mengomunikasikan
5.
Peserta
didik mempresentasikan hasil analisis data di depankelas yang diwakili oleh
salah satu anggota kelompok masingmasing,anggota kelompok lain memberikan
tanggapan.
Kegiatan penutup (10 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan hasilpembelajaran
2.
Peserta didik menuliskan contoh dampak
aktivitas manusia terhadap lingkunganalam.
3.
Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan reflektifmisalnya: Apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan?
4.
Pengetahuan
berharga/baru apa yang kamu peroleh padapembelajaran kita hari ini? Bagaimana
sebaiknya sikap kitakalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru.(Jawaban
ditulis di buku catatan peserta didik)
5.
Guru
menyampaikan materi yang akan datang.
G. Penilaian
dan Tindak lanjut
1.
Penilaian
Penilaian
dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik
observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan
observasi, seperti tampak pada contoh berikut
a.
Penilaian Sikap
Rubrik
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
|
Menghayati Karunia Tuhan
|
Tanggung Jawab
|
Kerja Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan :
Nilai
sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 3
b.
Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan pengertian lingkungan alam!
|
2
|
Jelaskan pengertian lingkungan
abiotik dan biotik!
|
3
|
Jelaskan perbedaan lingkungan alam
dengan lingkungan buatan!
|
4
|
Berikan contoh yang termasuk
lingkungan abiotik!
|
5
|
Jelaskan keterkaitan antara
lingkungan abiotik dengan biotik!
|
Keterangan:
Tiap
nomor diberi nilai 1, maka
Nilai
pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh
c.
Penilaian Keterampilan
Rubrik
Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan:
a)
Nilai terentang antara 1 – 4
1
= Kurang
3 = Baik
2
= Cukup
4 = Amat Baik
b)
Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik
Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen tasi
|
Berkontri
busi
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
Keterangan
:
a)
Nilai terentang antara 1 – 4
1
= Kurang
3 = Baik
2
= Cukup
4 = Amat Baik
b)
Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru Pamong,
Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201
198503 2 002
|
Banda
Aceh, April 2016
Mahasiswa Praktikan
Eti Suriani
NPM. 1211060029
|
|
Menyetujui
Kepala SMP Kartika
XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
NIP. 196008001
198302 2 002
|
erargumen tasi
Berkontri
busi
|
Total Nilai
|
|||||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
Keterangan
:
a) Nilai terentang
antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah
nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru Pamong,
Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002
|
Banda Aceh, April
2016
Mahasiswa Praktikan
Eti Suriani
NPM. 1211060029
|
|
Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002
|
Comments
Post a Comment