RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 2
Tema : Keragaman bahasa
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dengan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun,
toleran, dan peduli dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4 Memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3 Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
1.1.1
Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa sebagai keragaman bahasa
2.3.1 Menjaga lingkungan
hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
2.3.2
Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
3.4.1
Mendeskripsikan keragaman bahasa.
4.3.1 Mengobservasi dan menyajikan hasil
analisis tentang keragaman bahasa di lingkungan masyarakat
·
Keragaman bahasa
·
Ada beberapa faktor penyebab timbulnya keragaman bahasa ;
·
Faktor Budaya
·
Faktor Sejarah
·
Faktor Perbedaan Demografi
·
Buku
tes pelajaran IPS untuk SMP/Mts kelas VII
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Vidio
tentang keragaman bahasa
·
Internet
Pendahuluan
(10 menit)
1. Salam,
doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2. Memerhatikan
dialeg bahasa yang digunakan teman sekelasnya
3. topik
dan tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti
(60 menit)
Mengamati
1. Peserta
didik mengamati gambar-gambar tentang: Tayangan video dari dua orang dengan
dialek bahasa yang berbeda atau gambar pakaian daerah yang berbeda
Menanya
2. Peserta
didik menanyakan atau mempertanyakan Bagaimana keragaman bahasa dapat
memperkaya budaya bangsa. Berdasarkan pertanyaan yang teridentifikasi, peserta
didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan
untuk merumuskan jawaban sementara. Pada
saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian
kompetensi dasar.
Mengumpulkan
data/informasi
3.
Peserta didik membaca buku teks
pelajaran/ referensi yang relevan tentang jenis keragaman bahasa.
4.
Peserta didik mencari informasi
tentang jenis-jenis keragaman bahasa
Mengasosiasi
5. Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis tentang jenis-jenis
keragaman bahasa.
Mengomunikasikan
6. Peserta
didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh
salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan
tanggapan.
7. Peserta
didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas/sekolah,
majalah sekolah, atau mengunggahnya di blog masing-masing
Kegiatan
penutup (10 menit)
1. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2. Peserta
didik menuliskan contoh jenis-jenis keragaman bahasa.
3. Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan?
4. Pengetahuan
berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana
sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban
ditulis di buku catatan peserta didik)
5. Menyampaikan
materi yang akan datang
1. Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik
penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan
tes uraian dan aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh
berikut:
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap
Spritual
|
Sikap
Sosial
|
Total
Nilai
|
|
Menghayati
Karunia Tuhan
|
Tanggung
Jawab
|
Kerja
Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi
3
b. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Mengapa begitu banyak keragaman
bahasa di Indonesia? jelaskan tentang hal tersebut !
|
2
|
Bagaimana pendapat kalain tentang
bahasa gaul yang sering kamu gunakan dalam dialek sehari-hari ? Manakah yang lebih baik menurut kalain?
|
3
|
Mengapa keragaman bahasa daerah
merupakan akar kebudayaan nasional?
|
4
|
Bagaimana cara agar keanekaragaman
budaya Indonesia dapat meningkatkan kegiatan perekonomian bangsa Indonesia?
|
5
|
Bagaimana sikap kamu terhadap bahasa asing?
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan =
Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kemampuan
Presentasi
|
Kemampuan
Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab
|
Total
Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan:
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen
tasi
|
Berkontri
busi
|
Total
Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
Keterangan
:
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai
= Jumlah nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru Pamong,
Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2
002
|
Banda Aceh, April 2016
Mahasiswa Praktikan
Eti Suriani
NPM. 1211060029
|
|
Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1
Banda Aceh
Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2
002
|
Comments
Post a Comment