RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 2
Tema : Keragaman budaya
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi,gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dengan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku santun,
toleran, dan peduli dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4
Memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
1.3.1
Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa sebagai keragaman budaya
1.3.2
Menjaga lingkungan
hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
2.3.1
Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
4.3.1
Mendeskripsikan keragaman budaya
4.4.1
Mengobservasi dan menyajikan hasil
analisis tentang keragaman budaya
di lingkungan masyarakat
1. Reguler
·
Faktor utama pembentuk
keberagaman kebudayaan
·
Beberapa faktor
penyebab perubahan budaya
·
Gambar rumah adat,
senjata tradisional dan pakaian tradisional
E.
Sumber belajar, media dan alat
·
Buku tes pelajaran IPS untuk SMP/Mts kelas VII
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Gambar tentang keragaman suku budaya
Pendahuluan
(10 menit)
1. Salam,
doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik
2. Memerhatikan
cara berpakaian dari orang-orang yang ada di sekitar kita
3. Menanyakan
lagu-lagu daerah yang bisa dinyanyikan
4. Topik dan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
(10 menit)
Mengamati
1. Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang: Gambar tentang dua anak yang
menggunakan pakaian yang berbeda
Menanya
2. Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan Bagaimana keragaman rumah adat,
pakaian adat dan senjata daerah dapat memperkaya budaya bangsa
3. Bagaiamana
keragaman lagu, tarian, dan pertunjukkan kesenian dapat memperkaya budaya
bangsa
Mengumpulkan
data/informasi
4.
Peserta didik membaca buku teks pelajaran/ referensi yang relevan tentang jenis keragaman budaya.
5.
Peserta didik mencari informasi tentang jenis-jenis keragaman budaya
Mengasosiasi
6. Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis tentang jenis-jenis keragaman budaya.
7. Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang jenis-jenis keragaman budaya
Mengomunikasikan
8. Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
9. Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas/sekolah, majalah sekolah, atau mengunggahnya di blog
masing-masing.
Kegiatan
penutup (10 menit)
1. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2. Peserta didik menuliskan contoh jenis-jenis keragaman budaya.
3. Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari ini menyenangkan
4. Pengetahuan berharga / baruapa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaima nasebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru.
(Jawaban ditulis
di buku catatan peserta didik)
5. Menyampaikan materi yang akan dating
1. Penilaian
Penilaian dilakukan
menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik
observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan
observasi, seperti tampak pada contoh berikut
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
|
Menghayati Karunia Tuhan
|
Tanggung Jawab
|
Kerja Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang
diperoleh dibagi 3
b. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Mengapa begitu banyak keragaman
budaya di Indonesia? Jelaskan tentang hal tersebut !
|
2
|
Faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan terjadinya keanekanragaman budaya di Indonesia ?
|
3
|
Mengapa kebudayaan daerah
merupakan akar kebudayaan nasional ?
|
4
|
Bagaimana cara agar
keanekaragaman budaya Indonesia dapat meningkatkan kegiatan
perekonomian bangsa Indonesia ?
|
5
|
Bagaimana sikap kamu terhadap
masuknya budaya asing ?
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan:
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen tasi
|
Berkontri
busi
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
Keterangan :
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai =
Jumlah nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru Pamong,
Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2
002
|
Banda Aceh, April 2016
Mahasiswa Praktikan
Eti Suriani
NPM. 1211060029
|
|
Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1
Banda Aceh
Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2
002
|
Comments
Post a Comment