Skip to main content

RPP IPS KELAS VII / 7 SMP SEMESTER GENAP / II / 2 K13 MASA HINDU BUDHA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan            : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                  : VII / 2
Tema                                  : Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia Pada Masa Hindu-Buddha
Alokasi Waktu                   : 2 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotongroyong),santun,percayadiri,dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
1.1         Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dengan lingkungannya
2.3         Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4         Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.4         Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1        Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia Pada Masa Hindu-Buddha
1.3.2        Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
2.3.1        Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4.1        Mendeskripsikan Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia Pada Masa Hindu-Buddha
4.4.1        Mengobservasi dan menyajikan hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha

D.    Materi Pembelajaran
·         Hasil kebudayaan masyarakat indonesia pada masa hindhu-budha yaitu :
Ø  Candi,
Ø  Yupa/prasasti,
Ø  Kitab dan karya sastra,
Ø  Arca,
Ø  Relief,

E.     Sumber belajar, media dan alat
·         Buku tes pelajaran IPS untuk SMP/Mts kelas VII
·         Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·         Gambar  tentang  Hasil kebudayaan pada masa perundagian
·         Internet

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.      Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.      Memerhatikan dialeg bahasa yang digunakan teman sekelasnya
3.      topik dan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang Gambar tentang Candi-candi yang terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur
Menanya
2.      Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan misalnya tentang: Perbedaan bentuk candi dari Jawa Tengah dan Jawa Timur? Hubungan antara sendratari ramayana dengan candi Prambanan? Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar

Mengumpulkan data/informasi
3.      Peserta didik membaca buku teks pelajaran/ referensi yang relevan tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha.
4.      Peserta didik mencari informasi tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha

Mengasosiasi
5.      Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha.
6.      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha.

Mengomunikasikan
7.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
8.      Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas/sekolah, majalah sekolah, atau mengunggahnya di blog masing-masing.

Kegiatan penutup (10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2.      Peserta didik menuliskan contoh hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa hindu-buddha
3.      Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
4.      Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
5.      Menyampaikan materi yang akan datang

G.    Penilaian dan Tindak lanjut
1.  Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh berikut:

a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama
Sikap Spritual
Sikap Sosial
Total Nilai
Menghayati Karunia Tuhan
Tanggung Jawab
Kerja Sama
1-4
1-4
1-4












Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 3
b. Penilaian Pengetahuan
No
Butir Pertanyaan
1
Berikan contoh hasil kebudayaan pada masa Hindu-Buddha !
2
Jelaskan fungsi candi pada masa Hindu-Buddha !
3
Berikan contoh kitab dan karya sastra yang dihasilkan pada masa Hindu-Buddha !
4
Jelaskan yang kamu ketahui dari Yupa atau prasasti !
5
Tuliskan salah satu contoh relief yang kamu ketahui !
 Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan          = Jumlah nilai yang diperoleh

c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Presentasi
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab
Total Nilai
1-4
1-4
1-4













Keterangan:
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
Nama Peserta Didik
Mengomuni
Kasikan
Mendengar
Kan
Berargumen tasi
Berkontri
busi
Total Nilai
1-4
1-4

1-4















Keterangan :
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b)  Nilai = Jumlah nilai dibagi 3


Mengetahui,
Guru Pamong,





Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002


Banda Aceh,      April 2016
Mahasiswa Praktikan





Eti Suriani
NPM. 1211060029

Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh





Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002








Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)