RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda
Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
VII / 2
Tema : Hasil
Kebudayaan Masyarakat Indonesia Pada Masa Hindu-Buddha
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi,gotongroyong),santun,percayadiri,dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dengan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku santun,
toleran, dan peduli dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4
Memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.4
Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.3.1
Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa sebagai Hasil Kebudayaan Masyarakat
Indonesia Pada Masa Hindu-Buddha
1.3.2
Menjaga lingkungan
hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
2.3.1
Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
3.4.1
Mendeskripsikan Hasil Kebudayaan
Masyarakat Indonesia Pada Masa Hindu-Buddha
4.4.1
Mengobservasi dan menyajikan hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha
D.
Materi
Pembelajaran
·
Hasil kebudayaan
masyarakat indonesia pada masa hindhu-budha yaitu :
Ø
Candi,
Ø
Yupa/prasasti,
Ø
Kitab dan karya
sastra,
Ø
Arca,
Ø
Relief,
E.
Sumber
belajar, media dan alat
·
Buku
tes pelajaran IPS untuk SMP/Mts kelas VII
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Gambar tentang
Hasil kebudayaan pada masa perundagian
·
Internet
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
(10 menit)
1. Salam,
doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2. Memerhatikan
dialeg bahasa yang digunakan teman sekelasnya
3. topik
dan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
(60 menit)
Mengamati
1. Peserta
didik mengamati gambar-gambar tentang Gambar
tentang Candi-candi yang terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur
Menanya
2. Peserta
didik menanyakan atau mempertanyakan misalnya tentang: Perbedaan bentuk candi
dari Jawa Tengah dan Jawa Timur? Hubungan antara sendratari ramayana dengan
candi Prambanan? Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta
didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan
untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada
pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar
Mengumpulkan
data/informasi
3. Peserta
didik membaca buku teks pelajaran/ referensi yang relevan tentang hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha.
4. Peserta
didik mencari informasi tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa
Hindu-Buddha
Mengasosiasi
5. Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis tentang hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha.
6. Peserta
didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha.
Mengomunikasikan
7. Peserta
didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh
salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan
tanggapan.
8. Peserta
didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas/sekolah,
majalah sekolah, atau mengunggahnya di blog masing-masing.
Kegiatan
penutup (10 menit)
1. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2. Peserta
didik menuliskan contoh
hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa hindu-buddha
3. Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan?
4. Pengetahuan
berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana
sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban
ditulis di buku catatan peserta didik)
5. Menyampaikan
materi yang akan datang
G. Penilaian dan Tindak lanjut
1. Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik
penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan
tes uraian dan aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh
berikut:
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap
Spritual
|
Sikap
Sosial
|
Total
Nilai
|
|
Menghayati
Karunia Tuhan
|
Tanggung
Jawab
|
Kerja
Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi
3
b. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Berikan contoh hasil kebudayaan
pada masa Hindu-Buddha !
|
2
|
Jelaskan fungsi candi pada masa
Hindu-Buddha !
|
3
|
Berikan contoh kitab dan karya sastra
yang dihasilkan pada masa Hindu-Buddha !
|
4
|
Jelaskan yang kamu ketahui dari
Yupa atau prasasti !
|
5
|
Tuliskan salah satu contoh relief yang kamu ketahui !
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan =
Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kemampuan
Presentasi
|
Kemampuan
Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab
|
Total
Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen
tasi
|
Berkontri
busi
|
Total
Nilai
|
1-4
|
1-4
|
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai
= Jumlah nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru
Pamong,
Chairiah,
S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002
|
|
Banda
Aceh, April 2016
Mahasiswa
Praktikan
Eti
Suriani
NPM.
1211060029
|
Menyetujui
Kepala
SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra.
Sawiyah
NIP.
196008001 198302 2 002
|
Comments
Post a Comment