RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda
Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 2
Tema :
Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia Pada Masa Islam
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dengan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku santun,
toleran, dan peduli dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4
Memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.4
Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.3.1
Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa sebagai Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia Pada Masa
Islam
2.3.1
Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
4.4.1
Mendeskripsikan Hasil Kebudayaan
Masyarakat Indonesia Pada Masa Islam
4.4.1
Mengobservasi dan menyajikan hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam.
D.
Materi
Pembelajaran
·
Hasil kebudayaan masa islam di indonesia :
a.
Masjid
b.
Keraton
c.
Makam
d.
Kaligrafi
e.
Karya sastra
E.
Sumber belajar, media dan alat
·
Buku tes pelajaran IPS untuk SMP/Mts kelas VII
·
Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·
Gambar tentang kebudayaan masyarakat indonesia pada masa islam
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
(10 menit)
1. Salam,
doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2. Mengajak
peserta didik untuk memerhatikan masjid Demak
3. Menyampaikan
topik dan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
(10 menit)
Mengamati
1. Peserta
didik mengamati gambar-gambar tentang Gambar tentang masjid Demak
Menanya
2. Peserta
didik menanyakan atau mempertanyakan misalnya tentang: fungsi masjid, bentuk
batu nisan, kaligrafi, dan karya sastra. Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang
teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan
pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat
yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi
dasar
Mengumpulkan
data/informasi
3.
Peserta didik membaca buku teks
pelajaran/ referensi yang relevan tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia
pada masa Islam.
4.
Peserta didik mencari informasi
tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam..
Mengasosiasi
5. Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis tentang hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam.
6. Peserta
didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa Islam.
Mengomunikasikan
7.
Peserta didik mempresentasikan
hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota
kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
8.
Peserta didik menyajikan hasil
simpulan pada media: majalah dinding kelas/sekolah, majalah sekolah, atau
mengunggahnya di blog masing-masing.
Kegiatan
penutup (10 menit)
1. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2. Peserta didik menuliskan contoh
hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam
3. Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan?
4. Pengetahuan
berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana
sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban
ditulis di buku catatan peserta didik)
5. Menyampaikan
materi yang akan datang
A. Penilaian dan
Tindak lanjut
1. Penilaian
Penilaian dilakukan
menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik
observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan
observasi, seperti tampak pada contoh berikut
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
|
Menghayati Karunia Tuhan
|
Tanggung Jawab
|
Kerja Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang
diperoleh dibagi 3
b. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Mengapa begitu banyak keragaman
budaya di Indonesia? Jelaskan tentang hal tersebut !
|
2
|
Faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan terjadinya keanekanragaman budaya di Indonesia ?
|
3
|
Mengapa kebudayaan daerah
merupakan akar kebudayaan nasional ?
|
4
|
Bagaimana cara agar
keanekaragaman budaya Indonesia dapat meningkatkan kegiatan
perekonomian bangsa Indonesia ?
|
5
|
Bagaimana sikap kamu terhadap masuknya
budaya asing ?
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen tasi
|
Berkontri
busi
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai =
Jumlah nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru
Pamong,
Chairiah,
S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002
|
|
Banda
Aceh, April 2016
Mahasiswa
Praktikan
Eti
Suriani
NPM.
1211060029
|
Menyetujui
Kepala
SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra.
Sawiyah
NIP.
196008001 198302 2 002
|
Comments
Post a Comment