RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 2
Tema : Keragaman religi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
1.1
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dengan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku santun,
toleran, dan peduli dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4
Memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
1.1.1
Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa sebagai keragaman religi
1.1.2
Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa sebagai keragaman religi
2.3.1
Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
4.3.1
Mendeskripsikan keragaman religi.
4.4.1
Mengobservasi dan menyajikan hasil
analisis tentang keragaman religi di lingkungan masyarakat
D.
Materi
Pembelajaran
·
Keragaman religi
·
Buku
tes pelajaran IPS untuk SMP/Mts kelas VII
·
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
·
Vidio
tentang keragaman religi
·
Internet
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
(10 menit)
1. Salam,
doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2. Memerhatikan
dialeg bahasa yang digunakan teman sekelasnya
3. topik
dan tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti
(60 menit)
Mengamati
1. Peserta
didik mengamati gambar-gambar tentang Gambar tentang kerukunan umat beragama
(Gereja yang dijaga oleh Orang Islam di Luar Gereja saat perayaan Natal).
Menanya
2. Peserta
didik menanyakan atau mempertanyakan misalnya tentang: bagaimana cara menjaga
kerukunan antar umat beragama? Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang
teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan
pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat
yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi
dasar
Mengumpulkan
data/informasi
3. Peserta
didik membaca buku teks pelajaran/ referensi yang relevan tentang jenis
keragaman religi.
4. Peserta
didik mencari informasi tentang jenis-jenis keragaman religi
Mengasosiasi
5. Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis tentang jenis-jenis
keragaman religi.
6. Peserta
didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang jenis-jenis
keragaman religi
Mengomunikasikan
7.
Peserta didik mempresentasikan
hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota
kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
8.
Peserta didik menyajikan hasil simpulan
pada media: majalah dinding kelas/sekolah, majalah sekolah, atau mengunggahnya
di blog masing-masing.
Kegiatan
penutup (10 menit)
1. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2. Peserta didik menuliskan contoh
jenis-jenis keragaman religi dan cara membangun kerukunan antar umat beragama.
3. Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya: apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan?
4. Pengetahuan
berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana
sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban
ditulis di buku catatan peserta didik)
5. Menyampaikan
materi yang akan dating
1. Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik
penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan
tes uraian dan aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh
berikut:
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap
Spritual
|
Sikap
Sosial
|
Total
Nilai
|
|
Menghayati
Karunia Tuhan
|
Tanggung
Jawab
|
Kerja
Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi
3
b. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Mengapa begitu banyak keragaman religi di
Indonesia ? jelaskan tentang hal tentang hal itu!
|
2
|
Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya
keragaman religi di Indonesia?
|
3
|
Indonesia memiliki keragaman keyakinan
dan Agama. Sikap apa yang harus ditunjukkan untuk menmgharagai keragaman ini?
|
4
|
Bagaimana sikap kamu untuk menghargai
teman yang memliki agama yang berbeda?
|
5
|
Bagaimana sikap kamu untuk menghormati
tetangga yang berbeda agama?
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan =
Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kemampuan
Presentasi
|
Kemampuan
Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab
|
Total
Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen
tasi
|
Berkontri
busi
|
Total
Nilai
|
1-4
|
1-4
|
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a) Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai
= Jumlah nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru Pamong,
Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2
002
|
|
Banda Aceh, April 2016
Mahasiswa Praktikan
Eti Suriani
NPM. 1211060029
|
Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1
Banda Aceh
Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2
002
|
Comments
Post a Comment