Skip to main content

RPP IPS KELAS VII / 7 SMP SEMESTER GENAP / II / 2 K13 KETERKAITAN ANTAR KOMPONEN ALAM




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

 
Satuan pendidikan      : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester          : VII/2
Tema                           : Saling Keterkaitan Antar Komponen Lingkungan Alam
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (2 x 40 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
     2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
    3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1         Menghargai karunia tuhan yang maha Esa yang telah menciptakn waktu dengan segala perubahannnya
2.3         Menunjukkan perilaku santun,peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4         Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3          Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk  dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam sosial,budaya,dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1        Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
2.3.1        Menghargai pendapat teman di dalam dan diluar kelas
2.3.2        Menunjukkan perilaku santun,peduli,dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4.1        Mendeskripsikan pengertian Dinamika interaksi manusia
3.4.2        Mengidentifikasi saling keterkaitan komponen lingkungan alam
3.4.3        Mengidentifikasi contoh-contoh komponen keterkaitan antar komponen lengkungan alam
3.4.4        Menjelasakan keterkaitan komponen lingkungan alam
3.4.5        Menjelaskan keterkaitan antar komponen manusia dan lingkungan alam sekitar
4.3.1        Menyajikan hasil laporan tentang saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam
4.3.2        Mempresentasikan tentang saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam

D.    Materi pembelajaran
1.    Saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam
2.    Contoh-contoh tentang keterkaitan antar komponen lingkungan
                                                                                   


E.     Metode pembelajaran
Pendekatan                       : Saintifik
Model Pembelajaran         : Cooperative Learning
Metode Pembelajaran        : diskusi dan penugasan

F.     Sumber belajar
·         Ahmat Slamet,Mukminin,Siti Irene Astuti dan Tri Wahyuning,Edisi revisi 2014.Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII . Jakarta Kemendikbud RI
·         Peta Indonesia

G.    Media belajar
·         Komputer,laptop,Lcd,Power Point,Internet
·         Gambar tentang keterkaitan antar komponen alam

I.       Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit)
1.      Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama 
      2.      Menginformasikan tujuan yang akan di capai selama pembelajaran 
      3.      Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
4.      Memberi motivasi untuk aktif dalam proses dengan mengajak siswa memperhatikan Saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam yang ada di sekitar lingkungan masing-masing
      5.      Membagi siswa dalam 5 kelompok masing-masing beranggotakan 4 orang
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.      siswa mengamati gambar pemandangan alam dan keterkaitan antar komponen alam salah satu daerah di indonesia
Menanya
2.      Siswa menanyakan Saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam bisa
Mengumpulkan data/informasi
3.      Peserta didik membaca buku teks pelajaran /referensi lain yang relevan tentang pengertin saling keterkaitan antar komponen linkungan alam
4.      Peserta didik menelaah tentang saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam dengan manusia
Mengasosiasi
5.      Peserta didik melakukan curah pendapat untuk menganalisi tentang saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam
6.      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang pengertian Keterkaitan lingkungan alam dan manusia



Mengomunikasikan
7.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depsn kelas yang di wakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing,anggota kelompok lain memberikan tanggapan

Kegiatan penutup (10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2.      Guru bertanya kepada peserta didik Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam
3.      Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya : apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
4.       Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
5.       Guru menyampaikan materi yang akan datang

J.      Penilaian dan Tindak lanjut
1.  Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh berikut:
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama
Sikap Spritual
Sikap Sosial
Total Nilai
Menghayati Karunia Tuhan
Tanggung Jawab
Kerja Sama
1-4
1-4
1-4












 Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 3
b. Penilaian Pengetahuan
No
Butir Pertanyaan
1
Jelaskan pengertian keterkaitan alam dan manusia ?
2
Beriakan contoh-contoh keterkaitan antar komponen alam?
3
Sebutkan contoh-contoh pada zaman dulu masyarakat indonesia berinteraksi dengan lingkungan ?
4
Sebutkan perkembangan budaya zaman sekarang ?
5
Sebutkan peristiwa alam yang terjadi di sekitar tempat tinggal kalian dan berikan cara untuk mencegah terjadinya bencana alam tersebut ?

Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan     = Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Presentasi
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab
Total Nilai
1-4
1-4
1-4













Keterangan:
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
Nama Peserta Didik
Mengomuni
Kasikan
Mendengar
Kan
Berargumen tasi
Berkontri
busi
Total Nilai
1-4
1-4

1-4














Keterangan :
a)  Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang                3 = Baik
2 = Cukup                 4 = Amat Baik
b)  Nilai = Jumlah nilai dibagi 3

Mengetahui,
Guru Pamong,




Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002


Banda Aceh,      April 2016
Mahasiswa Praktikan




Eti Suriani
NPM. 1211060029

Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh




Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002












Comments

Popular posts from this blog

RPP IPA KELAS VIII / 8 SEMESTER GENAP / II / 2 K13 SISTEM EKRESI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII (8) SEMESTER GENAP (2) CHAPTER 10

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)