RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : VII/2
Tema : Saling Keterkaitan
Antar Komponen Lingkungan Alam
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 40 menit)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Menghargai karunia tuhan yang maha Esa
yang telah menciptakn waktu dengan segala perubahannnya
2.3
Menunjukkan perilaku
santun,peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3
Mengobservasi dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam sosial,budaya,dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan
sesuatu.
2.3.1
Menghargai pendapat teman di dalam dan
diluar kelas
2.3.2
Menunjukkan perilaku santun,peduli,dan
menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
3.4.1
Mendeskripsikan pengertian Dinamika
interaksi manusia
3.4.2
Mengidentifikasi saling keterkaitan
komponen lingkungan alam
3.4.3
Mengidentifikasi contoh-contoh komponen
keterkaitan antar komponen lengkungan alam
3.4.4
Menjelasakan keterkaitan komponen
lingkungan alam
3.4.5
Menjelaskan keterkaitan antar komponen
manusia dan lingkungan alam sekitar
4.3.1
Menyajikan hasil laporan tentang saling
keterkaitan antar komponen lingkungan alam
4.3.2
Mempresentasikan tentang saling
keterkaitan antar komponen lingkungan alam
D. Materi
pembelajaran
1. Saling
keterkaitan antar komponen lingkungan alam
2. Contoh-contoh
tentang keterkaitan antar komponen lingkungan
E.
Metode
pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Pembelajaran : diskusi dan penugasan
F.
Sumber
belajar
·
Ahmat
Slamet,Mukminin,Siti Irene Astuti dan Tri Wahyuning,Edisi revisi 2014.Ilmu
Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII . Jakarta Kemendikbud RI
·
Peta Indonesia
G. Media
belajar
·
Komputer,laptop,Lcd,Power
Point,Internet
·
Gambar tentang
keterkaitan antar komponen alam
I. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit)
1.
Persiapan
psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
bersama
2.
Menginformasikan
tujuan yang akan di capai selama pembelajaran
3.
Menyampaikan
secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
4.
Memberi
motivasi untuk aktif dalam proses dengan mengajak siswa memperhatikan Saling
keterkaitan antar komponen lingkungan alam yang ada di sekitar lingkungan
masing-masing
5.
Membagi siswa
dalam 5 kelompok masing-masing beranggotakan 4 orang
Kegiatan
inti (60 menit)
Mengamati
1.
siswa
mengamati gambar pemandangan alam dan keterkaitan antar komponen alam salah
satu daerah di indonesia
Menanya
2.
Siswa
menanyakan Saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam bisa
Mengumpulkan data/informasi
3.
Peserta didik
membaca buku teks pelajaran /referensi lain yang relevan tentang pengertin
saling keterkaitan antar komponen linkungan alam
4.
Peserta didik
menelaah tentang saling keterkaitan antar komponen lingkungan alam dengan
manusia
Mengasosiasi
5.
Peserta didik
melakukan curah pendapat untuk menganalisi tentang saling keterkaitan antar
komponen lingkungan alam
6.
Peserta didik
merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang pengertian Keterkaitan
lingkungan alam dan manusia
Mengomunikasikan
7.
Peserta didik
mempresentasikan hasil analisis data di depsn kelas yang di wakili oleh salah
satu anggota kelompok masing-masing,anggota kelompok lain memberikan tanggapan
Kegiatan penutup (10 menit)
1. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2. Guru
bertanya kepada peserta didik Apa yang
dimaksud dengan lingkungan alam
3. Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya : apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
4. Pengetahuan berharga/baru apa
yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
5. Guru menyampaikan materi yang
akan datang
J.
Penilaian dan Tindak lanjut
1. Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik
yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai
aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan
aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh berikut:
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
|
Menghayati Karunia Tuhan
|
Tanggung Jawab
|
Kerja Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi
3
b. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan pengertian keterkaitan alam dan
manusia ?
|
2
|
Beriakan contoh-contoh keterkaitan antar
komponen alam?
|
3
|
Sebutkan contoh-contoh pada zaman dulu
masyarakat indonesia berinteraksi dengan lingkungan ?
|
4
|
Sebutkan perkembangan budaya zaman sekarang ?
|
5
|
Sebutkan peristiwa alam yang terjadi di sekitar
tempat tinggal kalian dan berikan cara untuk mencegah terjadinya bencana alam
tersebut ?
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan =
Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a) Nilai terentang
antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen tasi
|
Berkontri
busi
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
|
1-4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a) Nilai terentang
antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah
nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru Pamong,
Chairiah, S.Pd
Nip. 19561201 198503 2 002
|
|
Banda Aceh, April
2016
Mahasiswa Praktikan
Eti Suriani
NPM. 1211060029
|
Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002
|
Comments
Post a Comment