Sekolah
: SMP Kartika
XIV-1 Banda Aceh
Mata
pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: VIII/ II
Materi Pokok : Teks deskriptif pendek dan sederhana, tentang
orang, binatang dan benda
Alokasi
Waktu : 4 JP
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
1.1.1.
Menunjukkan rasa syukur kepada
Tuhan selama pembelajaran.
|
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
|
2.3.1.
Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
|
3.10.
Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan nya
|
3.10.1.
Memberi nama benda
3.10.2.
Mengidentifikasikan sifat benda
3.10.3.
Mendeskripsikan benda
3.10.4.
Menyebutkan fungsi sosial teks
deskriptif.
|
4.11.
Menangkap
makna dalam teks deskriptif lisan
dan tulis, pendek dan sederhana.
|
4.11.1.
Menemukan gambaran umum dari
sebuah teks.
4.11.2.
Menemukan informasi tertentu
dari teks sederhana
4.11.3.
Menemukan informasi rinci dari
teks sederhana
|
4.12.
Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang,
binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.12.1.
Melengkapi teks deskriptif sederhana tentang benda
4.12.2. Menyusun teks
deskriptif sederhana tentang benda
|
C.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Reguler
Teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang,
binatang, dan benda.
My
Friend
His name is kevin anggara, kevin
anggara is my classmate, he has tall body, he is 170 cm, he has straight black
hair, he has oval face, he has small eyes, he has sharp nose, he has thick
lips, he dark brown skin, he has thin body, he always wears black shirt, he is kind,
he is smart, he is helpful, he is generous, and he is dilligent.
2.
Materi Remedial
Generic Structure Descriptive Text
a.
Identification (identifikasi)
adalah pendahuluan, berupa gambaran umum tentang suatu topik.
b.
Description (deskripsi) adalah
berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, tempat, atau orang yang
dideskripsikan
Ciri-ciri Deskriptive Text
a.
Menggunakan simple present tense
b.
Menggunakan attribute verb,
seperti be (am, is, are)
c.
Mudah dipahami
d.
Menggambarkan
e.
Komunikatif
f.
Dapat membuat pembaca tertarik
g.
Menggambarkan objek secara
spesifik
3.
Materi Pengayaan
Buat sebuah contoh
deskriptive teks tentang orang, hewan atau benda sesuai dengan penggunaan
struktur bahasa.
D.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach
Model : Project Based learning
Strategi : Diskusi
E.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Gambar
2. Alat/Bahan : LCD, Laptop
3. Sumber Belajar : Buku When Rings a Bell. Chapter
8
F. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Apersepsi dan
motivasi
·
Guru masuk
kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment
dapat langsung tercipta.
·
Guru mengecek
kehadiran siswa
·
Guru mereview
materi sebelumnya
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan sesuatu
yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
· Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik.
· Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan
melakukan observasi.
b.
Kegiatan Inti
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengamati (observing)
·
Peserta didik mendengarkan/membaca/menonton beberapa contoh teks deskriptif singkat dan sederhana
tentang, benda.
·
Siswa memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
deskriptif singkat dan sederhana tentang benda
|
·
Meminta peserta didik menonton dan memperhatikan contoh teks deskriptif singkat dan sederhana tentang benda
·
Meminta peserta didik memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat teks
deskriptif tentang benda
|
10 menit
|
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan antara lain perbedaan antara berbagai teks atau kalimat teks deskriptif singkat dan sederhana tentang benda
dalam berbagai konteks
|
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanya perbedaan antar berbagai teks
deskriptif singkat dan sederhana tentang benda dalam berbagai konteks
|
|
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·
Siswa
membaca contoh-contoh teks descriptive singkat dan sederhana tentang orang,
benda dan binatang dari berbagai
sumber lain.
· Membacakan teks deskriptif
kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
|
·
Meminta peserta didik
membaca/mendengarkan beberapa teks deskriptif dari berbagai sumber.
·
Meminta peserta didik membacakan
teks deskriptif kepada teman dengan
menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
|
25 Menit
|
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengasosiasi (Associating)
·
Secara berpasangan peserta didik
saling menganalisis teks deskriptif dengan fokus pada fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan.
|
·
Meminta peserta didik
berpasangan saling menganalisis teks deskriptif dengan fokus pada fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
|
10 menit
|
Mengkomunikasikan/
(Communicating/Networking)
·
Siswa mendeskripsikan benda untuk mengenalkan, dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas serta lingkungan sekitar sesuai dengan
konteksnya
·
Siswa menulis jurnal untuk mengungkapkan pengalaman
yang mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal
yang sulit dan mudah dipelajari
dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
|
·
Meminta peserta didik mendeskripsikan
benda yang ada disekitarnya dengan bahasa Inggris baik yang ada didalam
maupun diluar kelas serta lingkungannya sesuai dengan konteksnya.
·
Meminta peserta didik membuat
jurnal belajar (learning journal)
|
25 Menit
|
c.
Penutup (10 Menit)
·
Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·
Memberihan tes lisan
·
Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
·
Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
Pertemuan Ke-2
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Apersepsi dan
motivasi
·
Guru masuk
kelas dan menyapa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environtment
dapat langsung tercipta.
·
Guru mengecek
kehadiran siswa
·
Guru mereview
materi sebelumnya
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan sesuatu
yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
· Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik.
· Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan
melakukan observasi.
b.
Kegiatan Inti
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengamati (observing)
·
Peserta didik mendengarkan/membaca/menonton beberapa contoh teks deskriptif singkat dan sederhana
tentang orang.
·
Siswa memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
deskriptif singkat dan sederhana tentang orang.
|
·
Meminta peserta didik menonton dan memperhatikan contoh teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang.
·
Meminta peserta didik memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format pembuatan kalimat teks
deskriptif tentang orang.
|
10 menit
|
Menanyakan (Questioning)
Menanyakan antara lain perbedaan antara berbagai teks atau kalimat teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang
dalam berbagai konteks
|
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanya perbedaan antar berbagai teks
deskriptif singkat dan sederhana tentang orang dalam berbagai konteks
|
|
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan Informasi
(Exploring/Experimenting)
·
Siswa
membaca contoh-contoh teks descriptive singkat dan sederhana tentang orang,
benda dan binatang dari berbagai
sumber lain.
· Membacakan teks deskriptif
kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
|
·
Meminta peserta didik
membaca/mendengarkan beberapa teks deskriptif dari berbagai sumber.
·
Meminta peserta didik membacakan
teks deskriptif kepada teman dengan
menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
|
25 Menit
|
PESERTA DIDIK
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengasosiasi (Associating)
·
Secara berpasangan peserta didik
saling menganalisis teks deskriptif dengan fokus pada fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan.
|
·
Meminta peserta didik
berpasangan saling menganalisis teks deskriptif dengan fokus pada fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
|
10 menit
|
Mengkomunikasikan/
(Communicating/Networking)
·
Siswa mendeskripsikan teman
sebangkunya untuk mengenalkan, dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas serta lingkungan sekitar sesuai dengan
konteksnya
·
Siswa menulis jurnal untuk mengungkapkan pengalaman
yang mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal
yang sulit dan mudah dipelajari
dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya
|
·
Meminta peserta didik mendeskripsikan
teman sebangkunya untuk mengenalkan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteksnya.
·
Meminta peserta didik membuat
jurnal belajar (learning journal)
|
25 Menit
|
G.
PENILAIAN
1) Jenis/teknik penilaian : Test Lisan
2) Bentuk instrumen dan instrumen : Please describe something in your class orally
3) Pedoman penskoran
1) Jenis/teknik penilaian : Test Lisan
2) Bentuk instrumen dan instrumen : Please describe something in your class orally
3) Pedoman penskoran
1.
Aspek Sikap
a. Teknik/Jenis Penilaian : Penilaian teman sejawat
b. Bentuk Instrumen dan Instrumen : Lembar tugas
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Aspek
Pengetahuan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Test Lisan
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Teks Essay
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Aspek
Keterampilan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Unjuk
kerja
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Tes
ketrampilan,bicara
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan pendeskripsian.
|
100%
isi sesuai
|
5
|
80%
isi sesuai
|
4
|
||
60%
isi sesuai
|
3
|
||
40%
isi sesuai
|
2
|
||
20%
isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100%
pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Pemilihan
kosa kata
|
100%
penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80%
penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60%
penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40%
penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20%
penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan tata bahasa
|
100%
penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
c.
Pedoman penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
a.
Konversi
keterampilan membaca dan mendengarkan,
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
b.
Rubrik
untuk penilaian keterampilan berbicara
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga mudah
dipahami
·
Mudah dipahami meskipun pengaruh
bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah pengucapan sehingga
pendengar perlu konsentrasi penuh
·
Ada masalah pengucapan yang
serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tatabahasa
|
·
Tidak ada atau sedikit kesalahan
tatabahasa
·
Kadang-kadang ada kesalahan
tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Sering membuat kesalahan
sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa sangat
parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan kosakata dan
ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang menggunakan
kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan kosakata yang
tidak tepat
·
Kosakata sangat terbatas
sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit terganggu
oleh masalah bahasa
·
Sering ragu-ragu dan terhenti
karena keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus dan
terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
|
4
3
2
1
|
c.
Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Banda
Aceh, 28 Mei 2016
Guru Pamong Guru
Praktik
Rina
Diana S.Pd.1 T.
Dian Aulia Wardana
Nip.
198007302006042014 NPM.
1111080034
Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
Nip. 195603141979031008
|
Comments
Post a Comment