RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan,
kejadian dan peristiwa.
Alokasi Waktu : 4
x pertemuan (8 JP )
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
|
Menunjukkan rasa syukur dapat mengikuti
pelajaran bahasa Inggris.
|
2.
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1
2.1.2
|
Menunjukkan
sikap sungguh-sungguh dalam belajar dan berperilaku santun dan peduli dalam dalam belajar komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
Jujur, disiplin,
percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai dalam
melaksanakan komunikasi.
|
3.
|
3.12
|
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan
menanyakan tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.12.1
3.12.2
|
Menjelaskan struktur teks pada teks recount.
Menjelaskan
unsur kebahasaan pada teks recount
|
4.
|
4.14
|
Menangkap makna teks recount lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian,
peristiwa.
|
4.14.1
|
Mengidentifikasikan makna teks recount lisan dan tulis pendek tentang
kegiatan, kejadian dan peristiwa.
|
5.
|
4.15
|
Menyusun teks recount lisan dan tulis pendek dan sederhana tentang
kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.15.1
|
Menyusun teks recount lisan dan tulis pendek tentang kegiatan.
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial
Menguraikan
pengalaman, peristiwa, kejadian untuk melaporkan, meneladani, membanggakan,
berbagi pengalaman, dsb.
Struktur teks
a. Orientasi: menyebutkan tujuan dan peristiwa/kejadian/ pengalaman
secara umum
b.
Uraian tindakan/kejadian secara
berurut dan runtut
c.
Penutup (seringkali ada):
komentar atau penilaian umum.
Unsur kebahasaan
(1)
Uraian tindakan dalam Past
Tense: Simple and Continuous, woke, took, went, got, did, had, was
waiting, were sleeping
(2)
Adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last,
finally, dsb.
(3)
Adverbia dan frasa
preposisional penujuk waktu: yesterday,
last month, on Monday, an hour ago, immediately, dsb.
(4)
Ejaan dan tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Peristiwa,
kejadian, pengalaman yang terjadi di sekolah, rumah, dan masyarakat sekitar peserta
didik, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli,
pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
Multimedia
Foto peristiwa, buku
harian, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
D.
METODE PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan : Pendekatan Saintifik
2. Model : Project Based Learning
E.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memberi salam (greeting);
b.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik;
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
d.
Guru memberi motivasi
belajar peserta didik secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari.
e.
Guru mengajukan tentang
kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
f.
Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai;
g.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Inti
|
Mengamati
a.
Peserta
didik memperhatikan gambar yang ditunjukkan oleh guru
b.
Peserta
didik mengikuti interaksi guru.
c.
Peserta
didik memperhatikan contoh yang diberikan oleh guru.
Menanya
a.
Guru bertanya apa yang peserta pikirkan mengenai
gambar.
b.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru seputar gambar dan tempat yang pernah dikunjungi.
c.
Peserta
didik menceritakan apa yang mereka lakukan ditempat yang pernah mereka
kunjungi tersebut.
|
60 Menit
|
Penutup
|
a.
Guru dan peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
c.
Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 Menit
|
PERTEMUAN
2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memberi salam (greeting);
b.
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik;
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
d.
Guru memberi motivasi
belajar peserta didik secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari.
e.
Guru mengajukan tentang
kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
f.
Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai;
g.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Inti
|
Mengumpulkan Informasi
a.
Peserta didik menjodohkan gambar dengan kalimat yang sudah
disediakan.
b.
Peserta didik dengan
bimbingan guru mencari, membuat contoh-contoh kalimat yang menggunakan verb
II.
c.
Mengidentifikasi struktur teks, unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks recount.
Mengasosiasi
a.
Peserta
didik mencari makna dari teks recount tersebut
b.
Peserta
didik mencatat semua yang telah diberikan/ditulis oleh guru
|
60 Menit
|
·
Penutup
|
a.
Guru dan peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.
Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 Menit
|
PERTEMUAN
3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memberi salam (greeting);
b.
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik;
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
d.
Guru memberi motivasi
belajar peserta didik secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari;
e.
Guru mengajukan tentang
kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
f.
Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai;
g.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Inti
|
Mengomunikasikan
a.
Peserta didik bersama guru
membahas struktur teks, unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks
yang sudah dibuatnya.
b.
Peserta
didik mendengar dan memahami instruksi dari guru
c.
Peserta
didik mencatat apa yang ada di papan tulis
Mengasosiasikan
a. Peserta didik membuat teks recount dalam
bahasa Indonesia sebagai bentuk latihan
b. Peserta didik mengubah makna recount
teks tersebut ke dalam bahasa Inggris
c. Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja masing-masing
|
60 Menit
|
·
Penutup
|
a.
Guru dan peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
c.
Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 Menit
|
PERTEMUAN
4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memberi salam (greeting);
b.
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik;
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
d.
Guru memberi motivasi
belajar peserta didik secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional;
e.
Guru mengajukan tentang
kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
f.
Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai;
g.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Inti
|
Mengasosiasi
a.
Guru
membagikan contoh teks recount kepada peserta didik.
b.
Peserta didik mengamati teks recount tersebut dan
memperhatikan instruksi dari guru
c.
Peserta
didik mencari kosa-kata yang sukar yang terdapat di dalam teks recoun
tersebut
d.
Dengan bimbingan dan arahan
guru, peserta didik mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial teks recount
dengan menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya
Mengomunikasikan
a.
Dengan
bimbingan guru peserta didik membentuk 4 kelompok
b.
Setiap
kelompok peserta didik membuat sebuah teks recount dengan bimbingan guru
c.
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok ke depan kelas.
|
60 Menit
|
·
Penutup
|
a.
Guru dan peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
c.
Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 Menit
|
F.
MEDIA PEMBELAJARAN:
Buku Paket Siswa, Internet
G.
SUMBER BELAJAR
LCD, Video/You tube
H.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
·
Jenis/instrumen/rubrik
Kinerja (praktik)
a.
Melakukan monolog tentang
pengalaman masa lalu di depan kelas / berpasangan dengan kreteria ketepatan dan
kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam bentuk
lampau (simple past tense)
b.
Melaksakan Kegiatan saintifik (5 M)
c.
Aspek
Kegiatan
|
SIKAP/ PERILAKU
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
(Peserta didik
membaca/ mendengarkan beberapa teks)
|
Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks recount.
|
a. Where were your brothers a few minutes
ago?
They were
at home.
b. What did you do after
school yesterday?
I took a
rest.
c. Where did they spend their last holiday?
|
MENANYA
|
Peduli
Tanggungjawab
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari
teks deskrptif
|
Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta isi teks deskripsi
tentang tempat wisata
(penggunaan bahasa yang tepat, efektif,
dan efisien)
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan tentang
pengalaman masa lalu
|
· Melakukan monolog
· Menyunting
· Menulis teks tentang masa lalu
|
MENGASOSIASI
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan tentang
teks pengalaman masa lalu
|
Menalar dan membandingkan pengalaman masa lalu.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Peduli
Tanggungjawab
Kerja sama
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari
teks
|
· Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks yang berisi tentang pengalaman masa lalu.
· Mendemonstrasikan keterampilan memaparkan pengalaman masa lalu.
|
Banda
Aceh, 28 Maret 2016
Guru Pamong Guru
Praktik
Rina Diana S.Pd T. Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014 NPM.
1111080034
Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda
Aceh
Dra. Sawiyah
Nip. 195603141979031008
|
assalamu'alaikum
ReplyDeleteIzin mengkopi rppx pa/bu....
thanks in advance