RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok
: Pesan Singkat (Short Message)
dan Pemberitahuan (Notice)
Alokasi
Waktu : 6x40 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI
1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI
2: Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1.
Menunjukkan rasa
syukur kepada Tuhan selama pembelajaran.
|
2.3. Menghargai perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam
melaksanakan komunilasi
fungsional.
|
2.3.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
kerja sama dalam pembelajaran
|
3.14. Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksana kan fungsi sosial
dari teks pesan singkat dan pengumuman /pemberitahuan (notice), sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.14.1. Menentukan
tujuan komunikatif teks Pengumuman/pemberitahuan
(Notice)
3.14.2. Mengidentifikasi
struktur teks Pengumuman/pemberitahuan
(Notice)
3.14.3. Mengidentifikasi
unsur kebahasaan dalam teks Pengumuman/pemberitahuan (Notice)
|
4.16. Menangkap makna pesan
singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana.
|
4.16.1.
Melengkapi teks pengumuman/pemberitahuan (Notice)
4.16.2.
Menemukan gambaran
umum dari sebuah teks
4.16.3.
Menemukan informasi
tertentu dari teks sederhana
4.16.4.
Menemukan informasi
rinci dari teks sederhana
4.16.5.
Menemukan kata
referensi dari teks sederhana
|
4.17.
Menyusun
teks tulis pesan singkat
dan pengumuman/ pemberitahuan
(notice), sangat pendek dan
sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.17.1.
Menyusun teks pengumuman/ pemberitahuan (Notice)
|
C.
Materi Pembelajaran
1) Materi
Reguler
Teks lisan dan tulis
teks
pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan
Fungsi
sosial
Menyampaikan
pesan dan memberi tahu untuk mencapai tujuan dengan
sentuhan personal dalam komunikasi antar guru dan siswa.
Struktur
teks
Ungkapan baku
dari sumber-sumber otentik:
a.
Pesan singkat: I’m busy now. Please call me in a few
minutes. Make sure you
lock the gate when you leave. Sure. Yes, I will.
b.
Pengumuman (notice): ‘Flag ceremony will be held on Monday, 17 August. Attendance is
compulsory.’ ‘An exam is in progress.
Please be quite.’ ‘No parking in
front of gates’.
Unsur
kebahasaan
(1)
Kata dan tata bahasa
yang lazim digunakan: Imperratives
(2)
Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku
santun, peduli, dan disiplin.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat
tampilan teks lebih menarik.
2)
Materi
Remedial
Pesan Singkat berbentuk sms:
-
Call me back!
-
I’m busy right now!
-
I’ll call you later!
3)
Materi
Pengayaan
Unsur Kebahasaan
Kesamaan lain antara pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan tertulis
adalah unsur kebahasaan yang digunakan, antara lain:
a.
Penggunaan
kalimat imperatif positif dan negative.
b.
Penggunaan kata
kerja bantu modal will, should, must,
c.
Ungkapan seperti
make sure, please, dan ungkapan kesopanan
lainnya,
d.
Kosa kata yang
digunakan bersifat khusus pada konteks penggunaannya,
e.
Karena
disampaikan secara tertulis, maka ejaan, penggunaan
huruf besar dan tanda baca, serta tulisan perlu dijaga
ketepatan dan
kejelasannya agar pesannya dapat diterima dengan benar oleh
pembacanya.
D.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
Ilmiah (Scientific Approach)
2.
Project Based Learning
(PBL Project)
E.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Gambar dan Obyek nyata,
Laptop
2.
Alat/Bahan :
3. Sumber Belajar : Bahasa Inggris, When English rings a Bell VIII Semester
2 Chapter XI: buku guru/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·
Guru
memberi salam (greeting)
·
Guru
mengecek kehadiran siswa
·
Guru
mereview materi sebelumnya
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·
Menyampaikan kemampuan
yang akan dicapai peserta didik.
·
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, tugas projek.
b.
Kegiatan
Inti ( 60 menit)
SISWA
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengamati (observing)
·
Siswa mengamati berbagai
macam teks pesan singkat.
· Siswa
membaca teks pesan singkat dengan benar dan jelas
· Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format penyampaian
pesan singkat
· Siswa
mendiskusikan tentang pesan singkat
|
·
Memperlihatkan
berbagai macam teks pesan singkat
·
Meminta siswa membaca
pesan singkat
· Meminta
siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun
format penyampaian teks pesan singkat.
|
30 menit
|
Mempertanyakan (Questioning)
·
Menanyakan kosa kata
terkait dengan pesan singkat
·
Menayakan struktur teks pesan singkat
·
Menayakan fungsi
sosial, pesan singkat.
|
·
Memberi
stimulus dan mengarahkan siswa untuk bertanya tentang kosa kata, struktur
teks, dan fungsi sosial dalan pesan singkat
|
30 menit
|
c.
Penutup (
10 menit)
· Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
· Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya.
Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·
Guru
memberi salam (greeting)
·
Guru
mengecek kehadiran siswa
·
Guru
mereview materi sebelumnya
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·
Menyampaikan kemampuan
yang akan dicapai peserta didik.
·
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, tugas projek.
b.
Kegiatan
Inti ( 60 menit)
SISWA
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengeksplorasi/Bereksperimen
/Mengumpulkan data/ Informasi
(Exploring/Experimenting/collec
ting information)
·
Mengidentifikasi kosa
kata yang ada dalam pesan singkat
·
Menerima saran dari
teman dan guru
·
Membaca teks pesan
singkat via SMS
·
Berlatih menulis sebuah pesan singkat yang kirim kepada teman
berdasarkan situasi yang diberikan guru
·
Berlatih menjawab pesan singkat yang dikirim oleh teman .
|
·
Meminta siswa
mengidentifikasi kosa kata yang ada dalam teks
·
Memberi saran/
masukan.
· Meminta
siswa membacakan teks teks pesan singkat via
· Memberikan
situasi terkait dengan penulisan pesan singkat
· Meminta
siswa saling mengirim pesan.
|
30 menit
|
Mengasosiasi (Associating)
·
siswa menganalisis
perbedaan teks pesan singkat dan
pengumuman/ Pemberitahuan (Notice)
·
Siswa belatih membuat
notice ( When English Rings a bell VIII/2 page:201
|
· Meminta
siswa menganalisis pesan singkat dan Pengumuman/ pemberitahuan (Notice)
· Guru
mengamati kerja siswa dalam kelompok
|
30 menit
|
c.
Penutup (
10 menit)
· Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
· Memberihan tes lisan
· Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
· Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi dan motivasi
·
Guru
memberi salam (greeting)
·
Guru
mengecek kehadiran siswa
·
Guru
mereview materi sebelumnya
·
Guru
mengajukan pertanyaan menantang pada siswa
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
·
Menyampaikan kemampuan
yang akan dicapai peserta didik.
·
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, tugas projek.
b.
Kegiatan
Inti ( 60 menit)
SISWA
|
GURU
|
WAKTU
|
Mengkomunikasikan/ (Communicating/Networking)
· Siswa
menuliskan pesan singkat dan
mempresentasikan di depan kelas.
· Siswa
menuliskan pengumuman/ pemberitahuan (Notice) dan mempresentasikan di depan kelas.
·
Siswa membuat jurnal
belajar (learning journal)
|
· Meminta
siswa menuliskan pesan singkat dan mempresentasikan di depan kelas.
· Meminta
siswa menuliskan pengumuman/ pemberitahuan (Notice)
·
Meminta siswa membuat
jurnal belajar (learning journal)
|
60 menit
|
c.
Penutup (
10 menit)
· Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
· Memberihan tes lisan
· Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
· Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
G. Penilaian
1.
Aspek Sikap
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Pedoman Observasi
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
2.
Aspek
Pengetahuan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Test
tertulis
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen :
c.
Pedoman/Rubrik
Penskoran
3.
Aspek
Keterampilan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen
c. Pedoman/Rubrik Penskoran
H. PENILAIAN
1.
Aspek Sikap
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Penilaian teman sejawat
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Lembar tugas
c. Pedoman/Rubrik Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan
Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Aspek
Pengetahuan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Tes Essay
c. Pedoman/Rubrik Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan
Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Aspek
Keterampilan
a.
Teknik/Jenis
Penilaian : Unjuk kerja , Proyek
b.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Menulis Pesan singkat dan Notice
c. Pedoman/Rubrik Penskoran
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian
isi dengan tujuan teks pesan singkat/ notice
|
100%
isi sesuai
|
5
|
80%
isi sesuai
|
4
|
||
60%
isi sesuai
|
3
|
||
40%
isi sesuai
|
2
|
||
20%
isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan
kata
|
100%
pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Pemilihan kosa kata
|
100%
penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80%
penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60%
penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40%
penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20%
penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan
tata bahasa
|
100%
penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
a.
Pedoman Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan
Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
b.
Konversi
keterampilan membaca dan mendengarkan,
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan
Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Banda
Aceh, 28 Mei 2016
Guru Pamong Guru
Praktik
Rina Diana S.Pd.1 T.
Dian Aulia Wardana
Nip. 198007302006042014 NPM.
1111080034
Mengetahui:
Kepala Sekolah SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
Nip.
1960080011983022002
Comments
Post a Comment