RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Kartika XIV-I
Banda Aceh
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/ Semester : VIII/ Genap
Materi Pokok : Sistem Tata Surya dan Kehidupan
di Bumi
Alokasi Watu : 20 x 40 JP
A.
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungj awab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
: Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4:
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
3.12
Mendeskripsikan struktur bumi untuk
menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api,
serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana
3.13
Mendiskripsikan krakteristik matahari,
bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta
pengaruh radiasi matahari terhadap
kehidupan dibumi
3.14
Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan
terhadap matahari serta menjelaskan perubahan
siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerakan bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan dibumi.
4.12
Menyajikan laporan hasil pengamtan
atau penulusuran informasi tentang krasteristik.
C.
Indikator
dan Pencapaian Kompotensi
3.13.1
Mendeskripsikan struktur bumi
3.13.2
Menjelaskan keterkaitan antara struktur bumi
dengan bencana yang ada di alam 3.13.3 Mendeskripsikan tindakan untuk
mengurangi dampak dari terjadinya bencana alam
3.13.4
Mendeskripsikan karakteristik matahari
sebagai pusat tata surya
3.13.5
Mendeskripsikan pengaruh radiasi matahari
terhadap kehidupan di bumi
3.13.6
Mendeskripsikan karakteristik planet-planet
penyusun tata surya
3.13.7
Mendeskripsikan karakteristik berbagai
benda angkasa selain planet
3.13.8
Menjelaskan keterkaitan antara jarak planet
ke matahari dengan periode rotasi dan periode
revolusinya
3.14.1
Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan
terhadap matahari
3.14.2
Mendeskripsikan peristiwa gerhana
matahari dan gerhana bulan sebagai
akibat gerakan bumi dan bulan
terhadap matahari
3.14.3
Mendeskripsikan peristiwa rotasi dan
revolusi bumi
3.14.4
Mendeskripsikan berbagai peristiwa yang diakibatkan
oleh rotasi dan revolusi bumi
4.12.1 Menjelaskan fakta yang mendukung ketidak
mungkinan berlangsungnya kehidupan di
planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
4.12.2
Menjelaskan isi dari hukum Keppler 1, 2,
dan 3
4.12.3
Menjelaskan dampak radiasi sinar
ultraviolet bagi kehidupan di bumi
4.12.4
Menggambarkan sketsa terjadinya gerhana
matahari dan gerhana bulan
4.12.5
Menjelaskan alasan tumbuhan tidak dapat
tumbuh subur di daerah kutub
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
1. Struktur
Bumi dan Bencana
·
Mendiskusikan struktur lapisan Bumi
·
Mendiskusikan fenomena gempa Bumi
·
Membuat miniatur gunung berapi
·
Melakukan percobaan untuk
·
Membuktikan pengaruh kekentalan magma
terhadap pola erupsi sebuah gunung
·
Melakukan simulasi tindakan yang dapat
dilakukan pada saat terjadi gempa bumi
2. Sistem
Tata Surya
·
Membuat model orbit planet
·
Mendiskusikan karakteristik komponen
·
Mencari informasi tentang planet-planet
penyusun tata surya
·
Mendiskusikan gerak planet pada orbit tata
surya
·
Membuat model perbandingan jarak
komponen tata surya
·
Mengamati berbagai fase bulan
·
Mendiskusikan rotasi, revolusi bumi
serta peristiwa yang diakibatkannya
·
Mencari informasi tentang perubahan
musim yang terjadi di bumi bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)
2.
Materi Pembelajaran Remedial
·
Pembentukan baying pada lensa
3. Mareti Pembelajaran Pengayaan
·
Pemanasan Global Rangsang Letusan Gunung
Api
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Materi Bagian I. Struktur Bumi dan
Bencana (2 TM)
1.
Pertemuan
Pertama (2 x 40 JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Perserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menginformasikan kegiatan yang akan
dilakukan pada pertemuan hari ini adalah mendiskusikan tentang struktur
penyusun lapisan bumi pergerakan lempeng bumi
b. Kegiatan
Inti
1. Mengamati
·
Guru menayangkan Gambar 11.2 dan Gambar
11.3 yang ada pada Buku Siswa dan mengajak siswa mendiskusikan sturktur bumi dengan
melakukan tanya jawab. Penjelasan materi tentang gambar tersebut ada pada buku
siswa.
2. Menanya
Guru menanyakan kepada peserta didik
·
Bagaimanakah bentuk bagian dalam bumi ?
·
Apakah di bagian dalam bumi juga
tersusun atas tanah seperti di permukaan bumi ?
3. Mengumpulkan
Data
·
Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan
proses terjadinya gempa bumi
4. Mengasosiasikan
·
Tiap kelompok dimintak untuk membuat
laporan dari hasil proses terjadinya gempa bumi
5. Mengkomonikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi secara bergantian dan guru memberikan penguatan terhadap materi yang
dibahas.
·
Salah satu dari anggota masing-masing
kelompok dimintak untuk memberikan pendapat atau bertanya atas persentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempersentasikan
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan
struktur Bumi dan fenomena gemp bumi.
·
Guru meminta siswa menyiapkan alat dan
bahan untuk kegiatan berikutnya untuk membuat gunung berapi tiruan dan
mempelajari materi berikutnya pada Buku Siswa.
2.
Pertemuan
kedua ( 3 x 40 JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Perserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
dan kegiatan yang akan dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan praktek
membuat tiruan gunung berapi seperti pada kegiatan
b. Kegiatan
Inti
1. Mengamati
·
Peserta didik membentuk kelompok dan
mempelajari yang berjudul erupsi.
·
Guru membimbing peserta didik untuk
membuat miniatur gunung berapi.
·
Peserta didik melakukan percobaan
membuat miniatur gunung berapi dan melakukan simulai proses terjadinya gunung
meletus.
2. Menanya
·
Apayang terjadi jika gunung meletus?
·
Apa dampak gunung meletus pada lingkungan?
·
Bagaimana peristiwa terjadinya gunung
meletus?
3. Mengumpulkan
Data
·
Secara kelompok pesesta didik melakukan
kegiatan percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS
4. Mengasosiasikan
·
Siswa mencari pemecahan permasalahan
yang mereka temukan berdasarkan hasil
pengamatan bagaimana peristiwa
terjadinya gunung meletus
5. Mengkomonikasikan
·
Peserta didik menunjukan hasil karyanya
di depan kelas sambil menjelaskan proses terjadinya gunung meletus dan
dampaknya bagi lingkungan
·
Guru memberikan penguatan materi dan
memberikan penghargaan bagi kelompok peserta didik yang menunjukkan karya
terbaik
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk
membuat kesimpulan tentanpengaruh struktur Bumi terhadap gunung api, serta
tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi bencana.
• Erupsi adalah letusan yang mengakibatkan
keluarya material gunung api yang
berupa gas, debu, aliran lava, dan fragmen batuan.
• Tindakan yang dapat dilakukan untuk
mengurangi dampak dari terjadinya
letusan gunung berapi dan gempa Bumi adalah dengan
ü mencari
tahu sistem pengamanan yang berlaku
ü mewaspadai
bahaya yang menyertai letusan gunung berapi
ü melakukan
perencanaan evakuasi
ü selalu
menyimpan nomor-nomor telepon lembaga tanggap darurat.
·
Guru memberi tugas kepada peserta didik
untuk mempelajari materi berikutnya
3.
Pertemuan
ketiga
Materi
Bagian II. Sistem Tata Surya (3 TM)
1.
Pertemuan
ketiga ( 5 x 40 JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Perserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menyampaikan kepada peserta didik
tujuan pembejalaran yang tertera pada kegiatan untuk mengetahui karakteristik
benda langit dan pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.
·
Guru menyampaikan kepada siswa, bahwa
kegiatan pembelajaran pada pertemuan hari ini antara lain, membuat model orbit
satelit yang tertera. Mencari informasi tentang planet-planet penyusun tata
surya pada bagian
b. Kegiatan
Inti
1. Mengamati
·
Secara berkelompok membuat membuat model
orbit satelit yang tertera
2. Menanya
·
Apa yang dimaksud dengan tata surya
3. Mengumpulkan
Data
·
Secara kelompok pesesta didik melakukan
kegiatan percobaan pada kolom yang tersedia pada LKS
4. Mengasosiasikan
·
Siswa mencari pemecahan permasalahan
yang mereka temukan berdasarkan hasil
pengamatan Peserta didik berdiskusi
secara berkelompok
5. Mengkomonikasikan
·
Guru menyarankan pada peserta didik
untuk mempelajari buku siswa bagian Karakteristik Tata Surya
·
Guru membimbing peserta didik untuk
mencari informasi tentang planet-planet penyusun tata surya
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan. “Komponen tata surya terdiri dari matahari, Merkurius,
Venus, bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, komet, asteoroid,
satelit, dan planet-planet kerdil”.
·
Guru menugaskan peserta didik mempelajari
materi yang berikutnya.
4.
Pertemuan
keempat (5 X 40 JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Guru menginformasikan kepada peserta
didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan ini ada
tiga, yaitu mendiskusikan gerak planet pada orbit tata surya, membuat model
perbandingan jarak komponen tata surya, mengamati berbagai fase bulan.
b. Kegiatan
Inti
1. Mengamati
·
Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan materi gerak planet pada orbit tata surya.
·
Guru membimbing peserta didik untuk
membuat model perbandingan jarak komponen tata surya
2. Menanya
·
Siswa peserta didik didorong untuk
bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami atau guru melemparkan pertanyaan kepada
peserta didik tentang materi yang dipelajari
3. Mengumpulkan
Data
·
Peserta didik secara berkelompok
melakukan kegiatan mendiskusikan fase
Bulan sesuai langkah-langkah yang ada di buku siswa.
4. Mengasosiasikan
·
Siswa mencari pemecahan permasalahan
yang mereka temukan berdasarkan hasil
pengamatan
5. Mengkomonikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi secara bergantian dan guru memberikan penguatan terhadap materi yang
dibahas.
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan.“Gerak bulan terhadap
bumi mengakibatkan perubahan fase bulan setiap hari, hal ini yang menjadi dasar penanggalan komariyah
atau kalender orang muslim (tahun hijriyah)”
·
Guru menugaskan peserta didik
mempelajari materi yang berikutnya.
5.
Pertemuan
kelima (5 x40 JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan
salam dan berdoa
·
Peserta didik duduk dalam kelompok
masing-masing
·
Perserta didik merespon pertanyaan dari
guru terkait materi yang lalu
·
Guru menyampaikan kepada peserta didik
tujuan pembejalaran yang akan dilakukan
·
Guru menginformasikan kepada peserta
didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini ada dua,
yaitu mendiskusikan rotasi, revolusi bumi serta peristiwa yang diakibatkannya
dan mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi bagian utara
(BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)
b. Kegiatan
Inti
1.
Mengamati
·
Peserta didik dimintak untuk mengamati teks
Perubahan Musim dan Dampaknya bagi Kehidupan di Bumi
2.
Menanya
·
Siswa peserta didik didorong untuk
bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami atau guru melemparkan pertanyaan
kepada peserta didik tentang materi yang dipelajari
ü Apa
yang dimasud dengan musim?
ü Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi perbedaan musim di berbagi belaham bumi?
ü Bagaimana
dampak perubahan musim bagi kehidupan yang ada di bumi?
3.
Mengumulkan Data
·
Peserta didik secara berkelompok
mendiskusikan materi rotasi, revolusi bumi serta peristiwa yang diakibatkannya.
·
Guru menyarankan kepada peserta didik
untuk mempelajari buku siswa pada bagian Rotasi, Revolusi Bumi dan
Peristiwanya.
4.
Mengasosiasikan
·
Guru membimbing peserta didik untuk
mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi bagian utara
(BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)
5.
mengkomonikasikan
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan.“Ada beberapa peristiwa yang diakibatkan rotasi dan revolusi
bumi diantaranya yaitu:
a.
gerak semu harian matahari
b.
pergantian siang dan malam
c.
perbedaan waktu berbagai tempat dimuka
bumi
d.
perbedaan percepatan gravitasi di
permukaan bumi
e.
fotoperiode.”.
·
Guru menugaskan peserta didik
mempelajari materi yang berikutnya.
F.
Media, Alat, Dan Sumber Belajar
1.Media : Infokus, KLS dan LDPD
2.Alat
dan Bahan : Alat dan bahan yang
sesuai dengan LKPD
3.Sumber
belajar : a)Buku Guru Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
b)Buku IPA kelas VIII pegangan
peserta didik karangan Saeful Karim
H. PENILAIAN
1.
Teknik
Penilaian dan Bentuk Instrumen
No.
|
TeknikPenilaian
|
BentukInstrumen
|
1
|
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
2
|
Tes
Proyek
|
Tes
Penilaian Pengamatan
|
3
|
Tes
Tulis
|
Tes Uraian
|
2.
Lembar
Pengamatan Sikap
Teknik penilaian : Penilaian diri
Bentuk instrument : Lembar Penilaian Diri
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
TOTAL
|
|||||
Percaya
Diri
|
Teliti
|
|||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
Keterangan :
3 :
Sangat Baik
2 :
Baik
1 :
Kurang
a. RubrikPenilaiansikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
|
1.
2.
|
Percaya diri
Teliti
|
3:Menunjukkan
sikap percaya diri saat memberikan tanggapan yang ingin diungkapakan.
2:Kurang
percaya diri saa tmemberikan tanggapan yang ingin diungkapkan.
1:Tidak
percaya diri saat saat memberikan tanggapan yang ingin diungkapkan.
.
3:Sangat
teliti dalam mengerjakan tugas
2:
Kurang teliti dalam mengerjakan tugas
1:
Tidak teliti dalam mengerjakan tugas
|
|
Range
nilai : 90 – 100 = amat baik (A)
80
– 89 = baik (B)
70 –
79 = cukup (C)
Kurang dari 70 = kurang (D)
c. LembarPengamatan
LDPD
NO
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang Dinilai
|
TOTAL
|
||||||||
Kesiapan
kelompok
|
Penyelesaian
Soal
|
Presentasi
|
|||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
c. Rubrik
Penilaian keterampilan/pengetahuan
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
2
3
|
Kesiapan kelompok
PenyelesaianSoal
Presentasi
|
3:Menyiapkan
alat tulis dengan lengkap
2:
Sebagian tidak menyiapkan alat tulis
1:
Semua tidak mempersiapkan Alat tulis.
3:Menyelesaikan
soal sesuai urutan LDPD dengan tertib dan benar.
2:Menyelesaikan
soal sesuai urutan LDPD dengan benar namun tidak tertib.
1:Tidak
menyelesaikan soal sesuai urutan LDPD dengan tertib dan benar.
3:Mempresentasikan
tugas sesuai prosedur LDPD dan bertanggungjawab.
2:Mempresentasikan
tugas sesuai prosedur LDPD namun kurang bertanggungjawab.
1:Mempresentasikan
tugas tidak sesuai prosedur LD PD dan tidak bertanggungjawab.
|
Nilai = skor yang diperoleh X 100
Skor maks
Range nilai : 90 – 100 = amat baik (A)
80 –
89 = baik (B)
70– 79 = cukup (C)
Kurang dari 70 = kurang (D)
3.Tes
Uraian
Soal
1. Tuliskan
komponen tata surya yang ada di jagat raya ini!
2. Urutkanlah
macam – macam planet yang ada di sistem tata surya mulai dari planet yang
paling dekat dengan matahari !
3. Apakah
nama satelit alami dari planet bumi?
4. Mengapa
planet Pluto tidak disebut lagi sebagai planet?
5. Bagaimana
solusi agar tidak terjadi kerusakan lingkungan?
Jawaban
1. Matahari,
planet, komet, dan satelit
2. Merkurius-Venus-Bumi-Saturnus-Uranus-Neptunus
3. Nama
satelit alami bumi adalah bulan
4. Karena
ukuran Pluto tidak termasuk ke dalam ukuran planet.
5. Adapun
cara agar tidak terjadi kerusakan lingkungan adalah dengan menjaga lingkungan
sekitar kita dan tidak menggunakan banyak bahan yang mengandung CFC.
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Kelompok :…………………………………..
Anggota :
1………………………………..
2………………………………..
3………………………………..
4………………………………..
5………………………………..
Orbit Planet
1.
Tujuan
percobaaan :
·
Memodelkan orbital planet
·
Menghitung eksentrisitas orbit ( elips)
2.
Alat
dan bahan :
·
2 pushpin
·
Kertas tebal (23 cm x 30 cm)
·
Kertas (21,5 x 28 cm)
·
Penggaris 30 cm
·
Tali 25 cm
·
Pensil
3.
Langkah
Kerja :
·
Letakkan kertas diatas alas tebal dan
tancapkan kedua pushpin dengan jarak 3 cm
·
Bentuk tali menjadi lingkaran dengan
berdiameter 15-20 cm. pasangkan tali tersebut pada
kedua pushpin. Masukkan pensil kedalam rankaian alat tersebut seperti pada gambar dibawah ini
·
Gerakkan pensil melingkar kertas hingga tampak
sketsa elips, usahakan tali tetap dalam
kondisi terenggang
·
Ulangi langkah 1,2 dan 3 hingga 3 kali
dengan variasi diameter tali. Buat table data hasil
pengamatan
·
Orbit planet biasanya dideskripsikan
dengan menggunakan symbol e untuk eksentrisiti,
d untuk jarak antara pushpin ( foci), dan I untuk garis tengah elips
·
Hitung dan rekam data eksentrisity elips
yang kalian buat.
·
Cari tahu eksentrisitas orbit palanet
yang sebenarnya, bandingkan dengan
eksentrisitas elips yang kalian buat!
Planet-planet yang ada ditata surya
1. Carilah
informasi sebanyak-banyaknya tentang planet=planet yang ada tata surya
Nama
Planet
|
Jari-jari planet (km)
|
Nama
Satelit
|
Jarak Planet Terhadap
Matahari (km)
|
Periode Rotasi planet
|
Periode Revolusi Planet
|
Markurius
|
|||||
Venus
|
|||||
Mars
|
|||||
Yupiter
|
|||||
Saternus
|
|||||
Uranus
|
|||||
Neptunus
|
2. Urutkan
planet-planet tersebut dari yang ukuran nya terkecilhinggan terbesar
3. Apa
yang menjadikan planet Markurius, Venus, bumi, dan Mars sebagai planet dalam,
sedangkan Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus sebagai planet luar
4. Buatlah
tulisan tentang ekspedisi yang pernah dilakukan ilmuan (astrom) untuk meneliti
benda-banda langit khususnya planet.
Model
Perbandingan Jarak Komponen Tata Surya
1.
Materi :
Jarak
antara matahari dan planet-planet pada sistem tata surya sangat Jauh. Agar lebih
mudah memahami perbandingan jarak antar komponen tata surya mendesain dan membuat
model yang dapat mempresentasikan jarak pada sistem tata surya!
2.
Tujuan
Percobaaan
1.
Membuat model jarak komponen tata surya
dengan skala yang sebenarnya
3.
Alat
dan bahan :
1.
Meter stik(alat ukur panjang)
2.
Gunting
3.
Pensil
4.
Benang
5.
Kertas notebook
4.
Langkah
Kerja :
1. Menuliskan
langkah kerja untuk membuat model perbandingan jarak komponen tata surya
2. Menuliskan
alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melengkapi model perbandingan jarak komponen tata surya
3. Mendeskripsikan
perhitungan jarak yang akan digunakan sebagai skala perbandingan model perbandingan jarak komponen tata surya
4. Membuat
tabel skala perbandingan model perbandingan jarak komponen tata surya
5. Menuliskan
sebuah deskripsi cara pembuatan model perbandingan jarak komponen tata surya.
6. Menjelaskan
cara kerja model perbandingan jarak komponen tata surya.
5.
Pertanyaan :
1.
Jelaskan cara menentukan skala
perbandingan jarak antar komponen tata surya!
2.
Apakah ada kemungkinan skala yang kalian
buat itu salah? Jelaskan!
3.
Berapa panjang benang yang kalian
butuhkan jika membuat model perbandingan jarak komponen tata surya model
perbandingan jarak komponen tata surya dengan skala 1 SA = 2 m?
4.
Jika jarak bintang terdekat dengan
matahari, Proxima Centauri, sekitar 270 000 SA dari matahari, tentukan letak
bintang pada model perbandingan jarak komponen tata surya
Teks
Perubahan Musim dan Dampaknya bagi Kehidupan diBumi
BBU
|
BBS
|
||
Musim
|
Waktu
|
Musim
|
Waktu
|
Musim Semi
|
21 Maret -21
Juni
|
Musim Semi
|
23 September –
22 Desember
|
Musim Panas
|
……………………….
|
Musim Panas
|
……………………..
|
Musi Gugur
|
………………………..
|
Musim Gurur
|
……………………..
|
Musim Dingin
|
……………………….
|
Musim Dingin
|
……………………….
|
Pertanyaan
1. Identifikasi
Negara-negara yang ada di belahan bumi utara (BBU), dan negara-negara dibelahan
bumi selatan ( BBS)
2. Bila
negara-negara bagian diAustralia mengalami gugur, bagaimanakah bagian-bagian
diAmerika Serikat ?
3. Amerika
berada dibelahan bumi sebelah mana ?apakah Indonesia mengalami 4 musimseperti Jepang
? coba berikan alasannya !
Comments
Post a Comment