Satuan pendidikan : SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : VII/2
Tema :
Dinamika Interaksi Manusia Dengan Lingkungan
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 40 menit)
A. Kompetensi
Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Menghargai karunia
tuhan yang maha Esa yang telah menciptakn waktu dengan segala perubahannnya
2.3
Menunjukkan
perilaku santun,peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial
dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4
Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya,dan ekonomi
4.3
Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam sosial,budaya,dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Berdoa sebelum dan
sesudah menjalankan sesuatu.
2.3.1
Menghargai pendapat
teman di dalam dan diluar kelas
2.3.2
Menunjukkan perilaku
santun,peduli,dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
3.4.1
Mendeskripsikan
pengertian dari dinamika interaksi manusia
3.4.2
Mengidentifikasi
dinamika interaksi sosial dengan lingkungan
3.4.3
Mengidentifikasi
komponen-komponen dinamika interaksi manusia dengan alam
3.4.4
Menjelasakan tentang
dinamikan interaksi manusia dengan lingkungan
3.4.5
Menjelaskan tentang
dinamika interaksi manusia dengan alam sekitar
4.3.1
Menyajikan hasil
laporan tentang pengertian tentang dinamika interaksi manusia
4.3.2
Mempresentasikan
pengertian tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
D. Materi
pembelajaran
1. Dinamika
Interaksi Manusia
2. Dinamika
Interaksi Manusia dengan lingkungan
3. Komponen
lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yakni:
ü Biotik
ü Abiotik
E.
Metode
pembelajara
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Pembelajaran :
diskusi dan penugasan
F.
Sumber
belajar
·
Ahmat Slamet,Mukminin,Siti Irene Astuti dan Tri Wahyuning,Edisi revisi
2014.Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII . Jakarta Kemendikbud RI
·
Internet
G. Media
belajar
·
Gambar tentang interaksi manusia dengan lingkungan
H.
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
Pertemuan kedua
Pendahuluan (10
menit)
1.
Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan
salam dan berdoa bersama
2.
Menginformasikan tujuan yang akan di capai selama pembelajaran
3.
Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama
pembelajaran
4.
Memberi motivasi untuk aktif dalam proses dengan mengajak siswa
memperhatikan dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam yang ada di
sekitar lingkungan masing-masing
5.
Membagi siswa dalam 5 kelompok masing-masing beranggotakan 4 orang
Kegiatan inti
(60 menit)
Mengamati
1.
siswa mengamati gambar pemandangan
interaksi manusian dengan alam salah satu daerah di indonesia
Menanya
2.
Siswa menanyakan tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungannya
Mengumpulkan data/informasi
3.
Peserta didik membaca buku teks pelajaran /referensi lain yang relevan
tentang pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
4.
Peserta didik menelaah tentang dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam,sosial,budaya dan ekonomi
Mengasosiasi
5.
Peserta didik melakukan curah pendapat untuk menganalisis komponen
dinamika interaksi manusia beberapa jenis sesuai dengan perbedaannya
6.
Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
Mengomunikasikan
7.
Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depsn kelas yang di
wakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing,anggota kelompok lain
memberikan tanggapan
Kegiatan
penutup (10 menit)
1. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasilpembelajaran
2. Guru
bertanya kepada peserta didik Apa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan
3. Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektifmisalnya : apakah
pembelajaran hari ini menyenangkan?
4. Pengetahuan berharga/baru apa
yang kamu peroleh padapembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap
kitakalau memperoleh sesuatu yangberharga/baru.(Jawaban ditulis di buku catatan
peserta didik)
5. Guru menyampaikan materi yang
akan dating
A. Penilaian dan Tindak lanjut
1. Penilaian
Penilaian dilakukan menggunakan teknik penilaian autentik
yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai
aspek sikap digunakan teknik observasi, aspek pengetahuan dengan tes uraian dan
aspek keterampilan dengan observasi, seperti tampak pada contoh berikut:
a. Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
|
Menghayati Karunia Tuhan
|
Tanggung Jawab
|
Kerja Sama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan :
Nilai sikap peserta didik: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi
3
b. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan pengertian
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan ?
|
2
|
Jelaskan tentang
komponen-komponen dinamika interaksi manusia dengan lingkungan?
|
3
|
Jelaslakn pengertian
lingkungan abiotik ?
|
4
|
Jelaskan pengertian
lingkungan biotik ?
|
5
|
Interaksi manusia dan
lingkungan dapat berlangsung dengan dua cara yakni.?
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 1, maka
Nilai pengetahuan =
Jumlah nilai yang diperoleh
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
Keterangan:
a) Nilai terentang
antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah nilai dibagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Mengomuni
Kasikan
|
Mendengar
Kan
|
Berargumen tasi
|
Berkontri
busi
|
Total Nilai
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
Keterangan :
a) Nilai terentang
antara 1 – 4
1 = Kurang 3
= Baik
2 = Cukup 4
= Amat Baik
b) Nilai = Jumlah
nilai dibagi 3
Mengetahui,
Guru Pamong,
Chairiah, S.Pd
Nip. 195612011985032002
|
Banda Aceh, April 2016
Mahasiswa Praktikan
Eti Suriani
NPM. 1211060029
|
|
Menyetujui
Kepala SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh
Dra. Sawiyah
NIP. 196008001 198302 2 002
|
Comments
Post a Comment